in ,

4 Negara yang Jadi Surga untuk Pecinta Seni Mural dan Graffiti

Empat Negara Pecinta Mural dan Graffiti

Melancong tak selalu identik dengan datang ke pantai atau gunung. Mempelajari budaya dan seni juga termasuk dalam salah satu bagiannya. Begitupun dengan daerah-daerah ikonik yang dikenal dengan seninya. Tak hanya seni lukis atau musik saja, daerah-daerah ini menggunakan dinding bangunan sebagai kanvasnya. Seni jalanan tersebut sering dikenal dengan istilah mural dan graffiti. Kalau kamu termasuk sebagai pecinta aliran seni tersebut, coba datang ke empat negara pecinta mural ini.

Baca juga : Main di Best Fantasy Hong Kong Yuk, Rasakan Serunya Ping-pong Tiup!

1. Solo, Indonesia

Seni mural dengan wajah Presiden Jokowi via instagram/@ksaf4

Solo, atau Surakarta, juga memiliki beberapa destinasi untuk seni jalanan. Salah satunya terletak di Kampung Mural Joho. Bermula dari tentangan dari warga sekitar, kini Kampung Joho menjadi lebih indah dengan warna-warni mural di tempat ini. Salah satu ikonnya adalah karya mural bergambar wajah Presiden Jokowi.

Salah satu seni mural di Kampung Joho, via instagram/@seven07young

2. Melbourne, Australia

Warna-warni di balik gedung gedung tinggi via instagram/@victoria_nov

Pemandangan seni jalanan yang lebih ekstrem dapat kamu temukan di Melbourne. Di sudut kota yang tersembunyi di balik gedung-gedung tinggi. Namun tempat ini malah menjadi destinasi wisata turis internasional. Terdapat beberapa titik di sini. Seperti Hosier Lane yang ikonik, ACDC Lane sebagai tribut untuk band rock asal Australia, Union Lane, dan Yarra Place.

Mural Malcolm Young gitaris dari band ACDC, via instagram/@davidmurraygrant

3. Penang, George Town, Malaysia

Seni mural bertema anak kecil, via instagram/@inteligenciaviajera

Seni jalanan Penang ini berada di George Town. Kawasan bersejarah yang dihiasi dengan banyak bangunan tua ini memiliki pemandangan yang menarik. Lukisan-lukisan unik di dinding yang menggambarkan tingkah polos anak-anak adalah pemandangan utama. Karya tersebut merupakan Lithuania, Ernest Zacharevic.

Menggambarkan kepolosan anak kecil, via instagram/@jasnieoswiecona

4. Haji Lane, Singapura

Mural di Kampong Glam, via instagram/@yayangamutiara

Singapura memiliki beberapa titik di mana dapat menemukan banyak mural yang unik. Padahal, negara ini dikenal dengann peraturannya yang ketat. Salah satu titiknya adalah Haji Lane, merupakan tempat yang tekenal dengan mural dan seni-seni jalanan yang sangat luar biasa. Salah satunya yang terdapat pada sebuah kafe bernama Juice Clinic. Di sana, kamu bisa menemukan mural dengan warna-warna dan karakter seni psychedelic.

Turis yang sedang berfoto via instagram/@jaimemayer

Dengan motif yang unik serta warna-warna yang kontras, tempat-tempat dengan seni jalanan ini layak dikunjungi. Apalagi foto di tempat ini akan membuat feed Instagram makin keren. Di Indonesia tempat mana saja yang kamu tahu? Next

ramadan

10 Mata Air di Klaten yang Tawarkan Kejernihan dan Pemandangan Indah

ArtJog, Pameran Seni Kontemporer yang Bakal Digemari Millenials