in ,

7 Olahan Telur Khas Nusantara, Bukti Indonesia Kaya Akan Rasa

Olahan Telur Khas Nusantara Nikmatnya Juara

Via Instagram promominibentobox

Selain daging, telur menjadi bahan pangan lainnya yang banyak diolah oleh masyarakat Indonesia. Telur dipadu dengan berbagai bumbu khas Nusantara menghasilkan olahan yang nikmatnya tak perlu ditanya-tanya. Telur diolah menjadi lauk ada pula yang membuatnya sebagai minuman. Berikut ini jajaran olahan telur dari berbagai daerah di Indonesia, bisa jadi rekomendasi kuliner yang mungkin bisa dicoba saat berjelajah.

Baca juga : Wajib Kamu Ketahui, Perhatikan 4 Hal Ini Saat Terjadi Erupsi

1. Telur Asin, Brebes

Telur asin khas Brebes, Via Instagram galeri_ell
Telur asin khas Brebes, Via Instagram galeri_ell

Salah satu olahan telur yang cukup terkemuka di Indonesia, Telur Asin Brebes. Untuk rasa dari telur satu ini semua orang pasti sudah tahu ya, didominasi rasa asin. Cara pembuatannya juga cukup mudah, telur bebek ini dibungkus dengan bubuk batu bata yang sudah diberi abu dan juga garam kasar. Proses pembuatan dari telur asin ini berlangsung selama seminggu. Cara pengolahan ini juga membuat telur jadi lebih awet.

2. Rendang Talua atau Rendang Telur, Sumatera Barat

Rendang talua, Via Instagram rendang_uninam
Rendang talua, Via Instagram rendang_uninam

Rendang biasanya dibuat dari daging sapi atau yang lainnya, namun di Sumatera Barat ternyata juga ada yang berbahan dasar telur, namanya Rendang Talua. Tapi, rendang telur ini berbentuk kering seperti kerupuk. Jadi teksturnya garing dan renyah saat digigit. Biasanya rendang talua ini dijadikan sebagai oleh-oleh para wisatawan.

3. Kerak Telor, Betawi

Kerak telor, Via Instagram nezzie.eats
Kerak telor, Via Instagram nezzie.eats

Sajian telur lainnya yang populer dan memiliki banyak penggemar adalah kerak telor. Ini merupakan kuliner khas dari Betawi yang memiliki citarasa gurih dan enak. Perpaduan antara nasi, telur, bumbu kemudian dipanggang di atas tungku tradisional hingga warnanya berubah jadi kecoklatan. Sesaat setelah matang, diberi taburan ebi dan juga serundeng. Perpaduan asin, manis, dan gurih yang nikmat.

4. Telur Balado, Padang

Telur balado, Via Instagram dayasundari

Telur Balado merupakan olahan yang banyak ditemukan di Rumah Makan Padang. Kalau yang ini sepertinya semua orang sudah pernah mencicipinya ya. Telur rebus kemudian diberi bumbu seperti halnya bawang merah, bawang putih, cabai, dan juga rempah-rempah menghasilkan citarasa yang menggoda. Meskipun dari Padang, olahan satu ini bisa dibilang sudah menjadi favorit banyak masyarakat Indonesia.

5. Teh Talua, Sumatera Barat

Teh talua, Via Instagram bubueataway
Teh talua, Via Instagram bubueataway

Biasanya telur dijadikan olahan untuk lauk, tapi di Sumatera Barat dibuat minuman. Namanya adalah Teh Talua yang berbahan dasar teh dan juga kuning telur. Biasanya juga disajikan bersama dengan perasan jeruk nipis. Racikan teh satu ini dipercaya bisa membangkitkan stamina para pria.

6. Telur Puyuh Hijau, Semarang

Telur puyuh bumbu hijau, Via Instagram reseprahasiaumi
Telur puyuh bumbu hijau, Via Instagram reseprahasiaumi

Dari Semarang juga ada olahan telur yang dipadukan dengan cabai hijau yang diberi nama telur puyuh hijau. Yup seperti namanya, olahan ini memanfaatkan telur puyuh sebagai bahan utamanya. Sangat lezat dimakan dengan nasi hangat.

7. Telur Pindang, Jogja

Telur Pindang, Via Instagram earlytitania
Telur Pindang, Via Instagram earlytitania

Jika kamu sudah sering mencicipi gudeg, biasanya ada telur pindang di sana. Rasanya cenderung gurih dan manis. Cara membuatnya juga cukup mudah, telur rebus kemudian dipadu dengan berbagai bumbu nusantara seperti halnya daun salam, serai, lengkuas dan juga garam. Rasanya nikmat dan cara membuatnya juga cukup mudah.

Indonesia memang benar-benar kaya akan kuliner ya. Olahan telur saja juga beragam jenisnya, belum lagi masakan yang lainnya. Yang mana jadi favorit kamu? Next

ramadan

Mulai dari Pantai Sampai Museum, Yuk Napak Tilas Perjuangan RA Kartini di Jepara dan Rembang

Tempat Menginap Bandung 100 Ribuan, Hemat Hingga Semingguan