in ,

Mulai dari Pantai Sampai Museum, Yuk Napak Tilas Perjuangan RA Kartini di Jepara dan Rembang

Mengenang Jasa-jasa Ibu Kartini Lewat Destinasi Wisata Berikut

Makam RA Kartini, Via Instagram aurentiadewi_blog

Raden Ajeng Kartini atau yang karib disapa dengan RA Kartini merupakan salah satu sosok pejuang wanita Indonesia yang jasa-jasanya akan selalu terkenang di setiap uluh nadi masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, sosok yang lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879 ini menjadi pelopor kebangkitan para perempuan di Indonesia. Kartini adalah Ibu Bangsa yang jasa-jasanya sangat besar.

Baca juga : Kampung Kauman Jogja, Lorong-lorong Penuh Cerita

Meskipun sudah meninggal di Rembang pada tanggal 17 September 1904 yang lalu, sosoknya sampai detik ini masih dielu-elukan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia dan juga sebagai tokoh Jawa yang disegani. Untuk mengenang jasa-jasa Raden Ajeng Kartini, kamu bisa napak tilas ke berbagai wisata yang ada kaitannya dengan beliau seperti di bawah ini daftarnya.

Pendopo Kabupaten Jepara

Pendopo Kabupaten Jepara, Via Instagram rokhisizzah
Pendopo Kabupaten Jepara, Via Instagram rokhisizzah

Sebagai putri dari Bupati Jepara saat itu, RA Kartini tumbuh dan dibesarkan di sekitar lingkungan Pendopo Kabupaten Jepara. Lokasi pendopo ini berada di Jl. RA Kartini, Panggang, Jepara, Jawa Tengah. Tidak sedikit ahli yang menyebutkan jika lokasi ini menjadi tempat RA Kartini menelurkan ide-ide cemerlang saat beliau masih berusia belasan tahun. Kamu bisa napak tilas jejak Ibu Kartini dengan gratis karena tidak ada biaya masuk yang ditarik.

Pantai Kartini, Jepara

Pantai Kartini, Via Instagram joesyaa
Pantai Kartini, Via Instagram joesyaa

Berada di Bulu, Jepara, Jawa Tengah, Pantai Kartini menjadi salah satu destinasi yang sangat perlu untuk kamu datangi. Konon, saat RA Kartini masih sangat belia sering bermain-main di pantai ini. Lokasi pantai jaraknya 2,5 km arah barat dari pendopo Kantor Bupati Jepara. Selain bermain di pantai, kamu bisa main-main di Kura-Kura Ocean Park yang berisi berbagai wahana permainan anak. Plus, ada juga keanekaragaman hayati.

Museum Kartini, Jepara

Museum RA Kartini di Jepara, Via Instagram meylinahermayanti
Museum RA Kartini di Jepara, Via Instagram meylinahermayanti

Museum Kartini juga tak boleh untuk kamu lewatkan, ini merupakan lokasi yang sangat kental dengan RA Kartini. Di dalamnya banyak sekali koleksi bersejarah dari perempuan tangguh putri dari Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat. Ini merupakan museum yang lokasinya berada di Jl. Alun-Alun No. 1 Desa Panggang, Kecamatan Jepara. Ini adalah museum yang memiliki luas sekitar 5.210 meter persegi. Museum satu ini sudah didirikan sejak tanggal 3 Maret 1975.

Museum Kamar Pengabdian Kartini, Rembang

Museum RA Kartini di Rembang, Via Instagram m4ydee
Museum RA Kartini di Rembang, Via Instagram m4ydee

Lokasi selanjutnya yang bisa kamu datangi adalah Museum Kamar Pengabdian Kartini yang terdapat di Jl. Gatot Subroto, Rembang. Tempat ini merupakan saksi bisu Kartini menuliskan berbagai surat mengenai perempuan yang seorang sahabatnya. Dan kumpulan surat-surat itulah yang kemudian dikumpulkan menjadi buku yang sangat legendaris yang berjudul Habis Gelap, Terbitlah Terang. Di dalam sini ada berbagai koleksi lukisan karya RA Kartini, sampai dengan berbagai perkakasnya. Lokasi yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Makam RA Kartini, Rembang

Makam RA Kartini, via Instagram laurentiadewi_blog
Makam RA Kartini, via Instagram laurentiadewi_blog

Setelah selesai mengunjungi keempat destinasi wisata di atas, kamu juga bisa melakukan wisata religi. Kamu bisa berziarah ke Makam RA Kartini yang terdapat di Rembang. Melihat makam, sehingga kamu akan semakin mengenang jasa-jasa beliau yang sangat besar terhadap wanita. Si Pejuang Emansipasi Wanita yang akan selalu terkenang di hati setiap masyarakat Indonesia, khususnya para perempuan.

Baiklah, itulah lokasi-lokasi wisata yang kamu gunakan untuk napak tilas perjuangan RA Kartini. Sebagai generasi muda, kita tidak boleh lupa dengan perjuangan para tokoh bangsa. Caranya? Semua orang memiliki cara tersendiri untuk mengenang perjuangan, dan traveling ke berbagai tempat wisata di atas mungkin bisa jadi salah satu caranya. Next

ramadan

10 Bisnis Keripik Kekinian Milik Para Artis, Kriuknya Nggak Habis-habis

7 Olahan Telur Khas Nusantara, Bukti Indonesia Kaya Akan Rasa