in ,

Serba Tape, Berikut Oleh-oleh Khas Jember yang Bisa Diuber

Oleh-oleh Khas Jember yang Berbahan Dasar Tape Singkong

Prol Tape, Via Instagram dian.sari87
Prol Tape, Via Instagram dian.sari87

Jika berbicara mengenai kota Jember, salah satu hal yang terlintas di pikiran adalah festival Jember Fashion Carnival (JFC) yang sangat ikonik. Festival tahunan ini menyedot banyak sekali wisatawan setiap tahunnya. Selain festival, Jember juga dikenal dengan julukan kota Suwar Siwir. Julukan itu datang dari nama oleh-oleh khas Jember yang berbahan dasar tape. Ingin kenal lebih dekat dengan suwar suwir dan oleh-oleh khas Jember berbahan dasar tape lainnya. yuk ikutan ulasan Travelingyuk berikut ini.

Baca juga : Pulau Karang Pantai Selatan dengan Spot Instagenic Super Keren!

1. Suwar Suwir

Suwar Suwir versi kekinian, Via Instagram puji_nandangwuyung
Suwar Suwir versi kekinian, Via Instagram puji_nandangwuyung

Seperti halnya Kediri yang dijuluki sebagai Kota Tahu lantaran penghasil tahu, Jember juga dijuluki sebagai Kota Suwar Suwir lantaran memproduksi hal itu. Suwar suwir ini merupakan oleh-oleh khas Jember yang sebenarnya memiliki tekstur mirip dengan dodol. Warnanya beranekaragam dengan rasa yang bervariasi. Rasa suwar-suwir ini antara lain stroberi, original, dan lain sebagainya. Untuk bahan utamanya, suwar suwir ini terbuat dari tape singkong.

2. Prol Tape

Prol Tape, Via Instagram imaanoona
Prol Tape, Via Instagram imaanoona

Prol Tape merupakan oleh-oleh khas Jember lainnya yang sudah sangat populer. Perpaduan rasa antara tape dan juga prol ini menghasilkan citarasa yang campur aduk, ada manis, gurih, dan sedikit asam dari tape. Selain tape yang menjadi bahan utamanya, prol satu ini juga dibuat dengan tepung terigu, telur, susu, dan juga mentega. Aromannya sangat legit, cocok buat kamu para penggila jajanan manis.

3. Brownies Tape

Brownies Tape kukus, Via Instagram fithrotal_chaq
Brownies Tape kukus, Via Instagram fithrotal_chaq

Tidak hanya prol saja yang diolah dengan berbahan dasar tape singkong, brownies juga. Karena berbahan dasar tape, brownies asal Jember ini memiliki tekstur yang lembut. Uniknya, brownies ini memiliki citarasa tape yang sangat khas. Tak hanya berasa orginal tape, ada pilihan rasa cokelat dan juga keju yang bisa diambil. Pilihan oleh-oleh khas Jember yang bisa diambil jika kamu ingin mencari buah tangan yang simpel dan enak.

4. Pia Tape

Pia Tape, Via Instagram wikaajember
Pia Tape, Via Instagram wikaajember

Biasanya pia kebanyakan memiliki rasa cokelat ataupun juga kacang hijau, tapi beda dengan yang berasal dari Jember. Ada pia yang berisi tape singkong. Bahan-bahan dicampur sedemikian rupa, tapi rasa tapenya masih sangat kuat. Rasa uniknya, pia ini memiliki citarasa sedikit asam dari tape. Jika ingin tidak terlalu berasa tapenya, ada yang varian cokelat ataupun juga keju.

5. Tape Bakar

Tape Bakar, Via Instagram astriepasaribu
Tape Bakar, Via Instagram astriepasaribu

Pecinta tape direkoemendasikan untuk mencicipi olahan satu ini. Aslinya, tape bakar ini berasal dari Bondowoso, namun lantaran lokasinya dengan Jember yang tidak terlalu jauh, jadilah ini juga menjadi salah satu oleh-oleh khas. Seperti halnya roti bakar, bagian tengah tape akan dibuang kemudian diisi dengan selai buah, cokelat ataupun juga dengan gula merah, dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar. Sangat nikmat disantap kala cuaca sedang dingin.

Siapa yang menyangka jika tape singkong yang biasanya hanya digoreng atau dimakan begitu saja bisa dikreasikan menjadi olahan yang beragam dan enak tentunya. Semoga ulasan di atas bisa membantumu yang sekarang sedang berburu oleh-oleh khas Jember. Next

ramadan
Ilustrasi Pempek Modern Kekinian

Dari Salmon Sampai Donat, Pempek Kekinian Bikin Penasaran

Jajanan Khas Makassar

Jajanan Khas Makassar yang Enak dan Menyenangkan, Rasanya Susah Dilupakan