in ,

Dari Salmon Sampai Donat, Pempek Kekinian Bikin Penasaran

Ragam Pempek Kekinian dengan Bermacam Isian dan Bahan

Ilustrasi Pempek Modern Kekinian
Ilustrasi Pempek Modern Kekinian via Instagram pempekanakrantau

Siapa tak kenal pempek? Panganan khas Palembang ini kelezatannya sudah tersohor di seluruh penjuru Tanah Air. Bahannya sederhana, hanya gilingan lembut daging ikan yang digoreng bersama tepung kanji. Namun karena kelezatannya luar biasa, belakangan orang terus mengembangkannya dan muncul istilah pempek kekinian.

Baca juga : Coffee Shop di Padang yang Asik Untuk Nongkrong, Awas Lupa Pulang

Pempek kekinian adalah pempek yang dari sisi bahan dan isian berbeda dari pakem umum. Jika biasanya pempek diisi telur atau bawang putih yang dihaluskan, maka belakangan justru menggunakan keju, udang, bahkan salmon. Penasaran? Berikut Travelingyuk sajikan daftar beberapa pempek kekinian yang cukup menarik perhatian.

1. Pempek keju

Pempek Keju
Pempek Keju via Instagram pempek.kecil

Kuliner berbahan keju belakangan tengah jadi tren di masyarakat. Hampir semua makanan punya varian yang khusus didekasikan untuk salah satu produk turunan susu tersebut. Mulai dari ayam goreng, pisang, nasi goreng, dan kini, pempek.

Pempek dengan isian keju mozarella belakangan semakin mudah ditemui. Ada yang menjualnya secara online, namun ada pula yang menjualnya langsung di gerai-gerai kecil. Bagaimana rasanya jika dicampur dengan saus cuka? Silahkan coba sendiri jika ingin tahu jawabannya.

Sejumlah lokasi yang menjual pempek keju antara lain:

  • Cik Lampung (Lampung)
  • Pempek Yoss (Palembang)
  • Pempek Meledos (Palembang)
  • Restoran Hotel Grand Tjokro (Jakarta)
  • Pempek Sate Lumer (Bandung)

2. Pempek Donat

Pelanggan cilik memegang nampan isi pempek donat
Pelanggan cilik memegang nampan isi pempek donat via Instagram lestariiema

Pempek donat merupakan hasil kreasi warung Pempek Sulthan Pindang Agan. Awalnya sang pemilik warung, Fifi Rizki H Boy, mengaku ditantang oleh sesama pengusaha pempek untuk membuat pempek berbentuk donat.

Merasa tertarik dengan ide tersebut, ia pun mengerahkan semua kemampuan untuk berinovasi. Hasilnya, terciptalah pempek dengan bentuk dan ukuran mirip donat pada umumnya. Ada empat variasi topping yang sudah diciptakan; keju mozarella, udang sambel, kecap ebi, dan sosis.

Warung Pempek Sulthan adalah pertama di Palembang yang menciptakan pempek dengan bentuk unik seperti ini.

3. Pempek Salmon

Pempek Salmon
Pempek Salmon via Instagram pempeksalmonpik

Pempek umumnya dibuat dari gilingan halus daging ikan tengiri, dicampur dengan tepung kanji, dan kemudian digoreng. Namun belakangan mulai muncul inovasi baru dengan membuat pempek dari ikan salmon.

Pada dasarnya pempek bisa dibuat dengan daging apapun. Namun yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan rasio daging ikan dan tepung. Jika tidak, pempek nantinya lebih mirip cireng karena tepungnya terlalu banyak.

Bagi yang malas membuat sendiri, pempek salmon bisa dibeli di:

  • Pempek Salmon PIK (Jakarta)
  • Pempek Orange Salmon (Instagram)
  • Pempek Salmon Frozen Bu Atik (Surabaya)
  • Pempek Ceria (Makassar)

4. Pempek Udang

Pempek Udang
Pempek Udang via Instagram kartinipempeksyamil

Pempek biasanya memang menggunakan bahan dasar ikan tengiri. Namun kadang tengiri susah didapat di pasar atau harganya tengah melambung. Solusinya adalah menggunakan bahan lain yang bisa menghasilkan rasa tak kalah lezat. Selain salmon, udang ternyata juga bisa disulap jadi pempek sedap.

Udang sendiri termasuk bahan sari laut kaya protein dan gizi yang bagus untuk tubuh. Selain rasanya nikmat, tentu saja sangat menyehatkan.

Beberapa kedai/restoran yang menawarkan pempek udang antara lain:

  • Pempek Mamicha (Bandung)
  • Pempek Pink (Palembang)
  • Pempek Udang Maria (Bandar Lampung)
  • Kedai Cek’da (Palembang)
  • Pempek Udang Nelayan (Tangerang)

5. Pempek Kates

Pempek Kates
Pempek Kates via Instagram rumah_lapis

Pempek Kates sering juga disebut pistel. Sepintas bentuknya tak jauh beda dengan pempek pada umumnya. Namun begitu disantap, barulah terungkap bahwa isiannya menggunakan pepaya muda alias kates yang sudah ditumis.

Ketika digigit muncul sensasi kerenyahan yang sulit digambarkan dengan kata-kata. Intinya, pempek ini lain daripada yang lain.

Sejumlah kedai yang menawarkan pempek kates antara lain:

  • kanik.bangik_bdl (Instagram – Bandar Lampung)
  • Pempek Rosalinda (Jakarta)
  • Pempek Ontet (Jakarta)
  • Pempek Ayen (Surabaya)
  • Puteri Sriwijaya (Jakarta Barat)

Itulah gambaran singkat mengenai kelezatan dan keiistimewaan dari ragam pempek kekinian yang banyak muncul belakangan ini. Jika ingin mencoba hidangan khas Palembang dengan sensasi berbeda dari biasanya, tak ada salahnya mencoba salah satu variasi pempek di atas. Next

ramadan

Ini Keuntungan dan Kerugian Open Trip, Baca Sebelum Coba

Prol Tape, Via Instagram dian.sari87

Serba Tape, Berikut Oleh-oleh Khas Jember yang Bisa Diuber