in ,

Liburan ke Sidoarjo? Yuk Incip Ote-ote Porong yang Terkenal Banget

Ote-ote Porong di Sidoarjo

Ote-ote Porong
Ote-ote Porong

Sidoarjo, kota cantik di Jawa Timur yang menjadi sorotan karena lumpur lapindo. Namun, kali ini kita akan membahas kuliner nendang yang bakal bikin kamu ketagihan. Namanya Ote-ote Porong yang kepopulerannya tak kalah dengan rumah makan lontong kupang. Lalu, apa keunikan dari makanan dari Kota Lumpur satu ini? Simak yuk!

Baca juga : 5 Ide Foto di Pesawat ala Selebgram Ini Bakal Bikin Kamu Ngehits, Sudah Siap?

1. Gerainya Berada Tak Jauh dari Tanggul

Ukuran ote-ote yang super gede
Ukuran ote-ote yang super gede via instagram/@gitoeste

Sesuai dengan namanya, warung Ote-ote Porong ini terletak di Jalan Raya 120, Porong. Tepatnya di depan tanggul lumpur lapindo. Dari jalan raya, tempat makan ini cukup sederhana dengan bangunan tuanya. Pun jaman telah berubah, pemiliknya enggan untuk mengubah dekorasi ruangan. Melainkan tetap menjaga dan hanya diperbaiki ketika ada yang rusak. Nah, kamu yang berniat untuk melihat lebih dekat lumpur lapindo, bisa nih mampir ke warung Ote-ote Porong.

Bakwan goreng khas Sidoarjo
Bakwan goreng khas Sidoarjo via instagram/@kelvinphoenixgemstone

2. Jajanan Istimewa yang Jadi Primadona

Potongan ote-ote yang bikin ngiler
Potongan ote-ote yang bikin ngiler via instagram/@e_ndro

Lalu seperti apa bentuk ote-ote? Jajanan ini sejenis gorengan yang lebih sering disebut bakwan goreng atau bala-bala. Namun, orang Surabaya dan sekitarnya menyebut ote-ote. Sebagai kuliner primadona di Sidoarjo, kamu dapat menemukan banyak kedai Ote-ote Porong. Namun, beberapa di antaranya bukan asli. Adapun cabangnya hanya ada di dekat Rumah Makan Putri Sunda di Jalan Surabaya-Malang KM 40. Sementara yang lain diyakini sebagai kedai milik saudara pemilik Ote-ote Porong asli. Nah, keistimewaanya datang dari ukurannya yang besar. Bahkan, untuk satu buah jajanan ini bisa dimakan dua orang.

Porsi ote-ote yang mengenyangkan
Porsi ote-ote yang mengenyangkan via instagram/@meefangtee

3. Varian Spesial untuk Pengganjal Lapar

Ote-ote isi daging dan jamur tiram
Ote-ote isi daging dan jamur tiram via instagram/@ote2porongygasli

Bukan sembarang jajanan, Ote-ote Porong memiliki banyak varian dengan aneka isian. Kamu bisa memilih daging babi (non-halal), daging ayam, jamur tiram, hingga rumput laut. Bagian kulit luarnya cukup cruncy, sedangkan bagian dalamnya lembut. Pas banget disantap dengan cabai rawit hijau. Untuk harganya memang sedikit menguras kantong. Namun, kamu bakalan ketagihan setelah mencobanya.

Ote-ote enak khas Sidoarjo
Ote-ote enak khas Sidoarjo via instagram/@archtravelfood

4. Warung Sederhana yang Tak Pernah Sepi Pengunjung

Jajanan enak di Porong Sidoarjo
Jajanan enak di Porong Sidoarjo via instagram/@johanosebastian19

Tempat makan dengan aneka jajanan ini boleh saja sederhana. Namun, kamu bakal terperangah dengan jumlah pelanggan yang datang. Selain penduduk sekitar, pelanggan yang datang ke Ote-ote Porong ini juga banyak dari luar kota. Ada yang dari Surabaya, Malang, dan juga Pasuruan. Nah, kamu harus siap-siap antre lama, apalagi saat jam makan siang tiba. Ingat, warung ini tutup hingga jam 9 malam.

Kue tradisional di warung Ote-ote Porong
Kue tradisional di warung Ote-ote Porong via instagram/@homura87

Nah, itulah ulasan tentang Ote-ote Porong yang terkenal banget karena kelezatannya. Bagaimana dengan kamu, sudah pernah coba jajanan enak di Sidoarjo ini, belum? Next

ramadan

Desa Wisata Agusen, Destinasi di Kabupaten Gayo Aceh

To Tampe Beach Cafe and Resto

Nongkrong di To Tampe Beach Cafe & Resto Madura, Pemandangannya Lautan Lepas!