in , ,

Deretan Panorama Bahari Sumba, Eloknya Segarkan Jiwa

Panorama Bahari Sumba Tawarkan Nuansa Segar Memanjakan

Pantai Mandorak
Pantai Mandorak via Instagram.com/exploredolan.id

Indonesia memang kaya akan wisata alam. Tak sedikit yang tawarkan panorama luar biasa indah. Tak mengherankan, mengingat dua pertiga Nusantara terdiri dari perairan. Maka nikmat mana yang patut kita dustakan dari Tuhan, pencipta segala keindahan tersebut?

Baca juga : Tak Hanya Ratoh Jaroe, Ini Tarian Tradisional Indonesia di Pembukaan Asian Games 2018, Super Keren

Salah satunya daerah yang terkenal dengan kemurnian indah alamnya adalah Sumba. Meski termasuk daerah panas, wilayah tersebut justru punya sederet wisata bahari yang menyegarkan jiwa dan raga. Penasaran? Inilah daftar sederet panorama Bahari Sumba yang patut disimak.

Waikelo Sawah

waikelo sawah
Waikelo Sawah (c) Nur Ma’rifatulJannah/Travelingyuk

Waikelo Sawah merupakan sebuah bendungan asli bentukan arsitek alam. Sumber air tawar di sini tak pernah kering meskipun kemarau. Sumba sendiri memang memiliki musim kemarau lebih lama dibandingkan musim penghujan, yang hanya bertahan sekitar tiga bulan.

Nah, pada musim kemarau Waikelo Sawah akan semakin ramai dikunjungi warga sekitar dan wisatawan. Mereka ingin menyegarkan dahaga jiwa dan raga, sekaligus mengagumi keindahan alam di sekitar sini.

waikelo sawah
Waikelo Sawah (c) Nur Ma’rifatulJannah/Travelingyuk

Wah, melihat betapa jernih airnya saja pasti sudah akan menggugah jiwa untuk menceburkan diri atau sekedar bermain air. Menikmati keindahan Waikelo Sawah dari atas bebatuan juga tak kalah mengasyikkan lho.

Danau Weekuri

Danau Weekuri
Danau Weekuri (c) Nur Ma’rifatulJannah/Travelingyuk

Danau ini juga bisa dibilang asli hasil karya alam. Cekungan terbentuk dari aliran air laut yang terletak tidak jauh di sebrang karang.

Teman Traveler pasti bakal merasa dimanjakan pemandangan elok di sekitar sini. Permukaan air danau terlihat jernih dan berwarna biru kehijauan. Saking jernihnya, cahaya matahari pun mampu menembus kedalamannya.

Danau Weekuri
Danau Weekuri (c) Nur Ma’rifatulJannah/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa menceburkan diri langsung untuk menikmati kesegaran airnya. Bagi yang tidak bisa berenang, bisa tetap bersenang-senang sembari menggunakan ban pelampung. Teriknya sinar matahari tak bakal jadi masalah, sebab sudah terbayar lunas dengan segarnya air dan keindahan alam sekitarnya.

Pantai Mandorak

Pantai mandorak
Pantai Mandorak via Instagram.com/exploredolan.id

Setelah puas menikmati kesegaran Danau Weekuri, Teman Traveler bisa untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Mandorak. Kawasan ini sekaligus jadi sumber air yang membentuk Danau Weekuri. Karena lokasinya berdekatan, sayang banget kalau gak mampir!

Pantai Mandorak tergolong jarang dikunjungi karena letaknya cukup jauh dari kota. Bisa dibilang merupakan surga tersembunyi di daerah Sumba. Pasirnya putih bersih nan berkilau, memantulkan sinar matahari. Airnya jernih, berwarna biru kehijauan.

Tebing-tebing indah di sekeliling juga jadi salah satu ciri khas Pantai Mandorak. Di sini Teman Traveler bisa menenangkan jiwa raga sembari bersenyawa dengan alam.

Perahu mandorak
Perahu Mandorak via Instagram.com/nieknia

Selain itu kita juga disuguhkan pemandangan perahu-perahu nelayan penduduk setempat yang bersandar di tepi pantai. Bisa jadi spot foto yang keren juga nih tentunya!

Meskipun fasilitas dan akomodasi di sini masih sangat terbatas, ada satu bungalow untuk traveler yang mungkin ingin menghabiskan waktu lebih lama di sekitar kawasan Mandorak.

Itulah sedikit ulasan mengenai beberapa panorama bahari Sumba yang patut Teman Traveler simak. Bagaimana? Tentunya kalian tertarik bukan, melepas penat dengan menikmati air yang menyegarkan jiwa raga nih! Next

ramadan

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

A Lovely Day in the Charming Village of Sasak Sade

Kanpai Jakarta

Kanpai Jakarta, Resto Jepang Otentik nan Instagenic