in , ,

Menyapa Pantai Baron, Ketenangan di Pesisir Jogja

Pantai Baron Tawarkan Karakteristik dan Daya Tarik Unik

Pemandangan di sekitar Pantai Baron
Pemandangan di sekitar Pantai Baron (c) Ikhsan SN/Travelingyuk

Jogjakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang kerap jadi tujuan wisata favorit anak muda. Apalagi Kota Gudeng memang memiliki sederet tempat wisata menarik. Sebut saja kawasan Taman Sari, Jalan Malioboro, Keraton, dan masih banyak lagi. Termasuk Pantai Baron.

Baca juga : Sosis Kraton, Kafe dan Villa di Bandung dengan Nuansa Bali yang Teduh

Pemandangan laut di sekitar Pantai Baron (c) Ikhsan SN/Travelingyuk

Pantai juga jadi salah satu destinasi favorit di Jogja. Salah satu yang cukup favorit adalah Parangtritis, dikenal dengan pasir hitamnya. Namun tahukah Teman Traveler bahwa sebenarnya masih ada banyak pantai yang belum terekspos di Jogja? Pantai Baron di kawasan Gunungkidul bisa jadi pilihan bagi kalian yang mencari suasana tenang.

Pemandangan Indah Sepanjang Perjalanan

Pemandangan sepanjang perjalanan ke pantai baron
Pemandangan sepanjang perjalanan menuju pantai (c) Ikhsan SN/Travelingyuk

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunung Kidul. Jaraknya sekitar 40 km dari pusat kota Jogjakarta. Memang lumayan jauh dan butuh perjalanan antara satu setengah hingga dua jam untuk sampai sini. Selama itu Teman Traveler akan disuguhi panorama alam indah khas Jogja.

Wisata Terjangkau dengan Suasana Alami

Pemandangan di sekitar Baron (c) Ikhsan SN/Travelingyuk

Agar bisa masuk kawasan pantai, Teman Traveler cukup merogoh kocek Rp10.000 per orang. Sangat terjangkau bukan? Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, ada biaya tambahan untuk parkir. Kendaraan roda empat Rp5.000 dan kendaraan dua Rp2.000.

Pantai Baron merupakan destinasi tepat untuk menikmati keindahan dengan nuansa alami. Suasana asri di sekitarnya terjaga dengan baik.

Begitu masuk kawasan pantai, Teman Traveler akan langsung melihat deretan warung yang menjual aneka makanan laut. Beragam sajian menarik disajikan di sini, mulai dari ikan, cumi, kerang, dan masih banyak lagi. Semuanya tersedia dalam kondisi segar dan sungguh menggugah selera.

Berfoto di Mercusuar

mercusuar di pantai baron
Mercusuar di sekitar pantai (c) Ikhsan SN/Travelingyuk

Pantai Baron juga memiliki keunikannya tersendiri. Garis pantainya membentuk semacam cekungan. Jika datang saat surut, di sekitarnya bakal terbentuk sungai-sungai kecil cantik. Apik sekali untuk dijadikan latar belakang berfoto.

Di sekitar sini juga ada mercusuar yang kerap jadi spot favorit pengunjung untuk berpose. Masuk ke dalam, pengunjung wajib membayar tiket Rp5.000 per orang. Pemandangan yang terlihat dari atas sungguh luar biasa.

Selain itu, karakteristik Baron yang dikelilingi tebing-tebing karang besar juga jadi daya tarik tersendiri. Suasana tenang dan fasilitas lengkap yang tersedia, membuat pantai ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun orang spesial di akhir pekan.

Bagaimana Teman Traveler, adakah di antara kalian yang tertarik berlibur di Pantai Baron Jogjakarta? Next

ramadan

Rafting at Elo, a Great Adventure near Borobudur

Asyiknya Bermain Jaring Raksasa di Asia, Dua di Antaranya Ada di Indonesia