in , ,

Menyusuri Pantai Baru di Bantul, Tawarkan Suasana yang Menentramkan Jiwa

Pantai Baru di Bantul Siap Memanjakan Mata dengan Keindahan Alamnya

Pantai Baru
Pantai Baru

Ketika kita sedang disibukkan dengan kerjaan atau tugas yang menumpuk, bersantai di pantai adalah cara jitu untuk me-refresh pikiran. Banyak pantai yang tersebar di negeri ini, dan salah satu nya di Kabupaten Bantul, Jogja. Destinasi yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah Pantai Baru dengan pemandangan menentramkan jiwa. Penasaran kan? Berikut ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Annissa Saputri.

Baca juga : 5 Rekomendasi Kafe Asik Untuk Ngerjain Tugas ala Milenial di Malang

Destinasi Cantik di Selatan Jogja

Icon di pintu masuk Pantai Baru (Annissa Saputri)
Icon di pintu masuk Pantai Baru (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Bantul tak hanya punya Parangtritis, di sepanjang pesisir selatan kabupaten ini terdapat banyak pantai dengan pesonanya masing-masing. Termasuk Pantai Baru yang terbilang menjadi pendatang baru sejak dibuka umum pada tahun 2010. Dengan icon patung ikan hiu di pintu masuk, destinasi ini mudah ditemukan karena terletak di antara Kuwaru dan Pandansimo.

Pantai Baru Bantul (Annissa Saputri)
Pantai Baru Bantul (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Tempat wisata ini beralamat di Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta. Jika dari Tugu Jogja, kita bisa mengambil rute Jalan Diponegoro-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Bantul-Jalan Srandakan. Atau jika dari Bandara Adisutijipto, kita bisa mengambil rute Jalan Janti-Jalan Ringroad Selatan-Jalan Bantul-Jalan Samas.

Melewati pos retribusi kita akan dikenai biaya sebesar Rp10.000 saat weekend. Dengan tiket tersebut, bisa mengeksplor semua wisata di kawasan ini, salah satunya Pantai Baru. Sedangkan untuk bisa menikmati Pantai Baru, kita tidak dikenakan biaya masuk namun hanya cukup membayar parkir kendaraan.

Suasana Pantai yang Menyenangkan

Suasana yang teduh dan asri (Annissa Saputri)
Suasana yang teduh dan asri (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Memasuki kawasan wisata, kita akan disambut dengan pepohonan cemara udang yang rimbun. Tak perlu takut panas, karena suasananya adem dan teduh dari pepohonan. Pasir pantainya berwarna cokelat dengan deburan ombak yang cukup besar. Selain itu di pantai ini kita bisa melihat jajaran perahu terparkir di pesisir milik para nelayan yang melaut.

Kincir angin Pantai Baru (Annissa Saputri)
Kincir angin Pantai Baru (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Namun sebelum memasuki pantai ini, tak jauh dari pintu masuk kita akan disuguhi pemandangan kincir angin di sepanjang jalan. Kincir tersebut merupakan Listrik Pembangkit Tenaga Hybrid. Hal tersebut juga menunjukkan jika Pantai Baru dimanfaatkan sebagai alternatif pembangkit listrik yang menggunakan tenaga angin laut dan tenaga surya.

Menelusuri Pesisir dengan ATV

Menikmati area pantai dengan ATV (Annissa Saputri)
Menikmati area pantai dengan ATV (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Ada banyak cara untuk menikmati suasana pantai, salah satunya adalah dengan ATV. Bagi Teman Traveler yang suka memacu adrenaline, menyewa ATV untuk menjelajah pantai adalah pilihan tepat. Untuk bisa menjajal keseruan tersebut, Teman Traveler bisa membayar biaya sewa mulai Rp30.000.

Menjadi Tempat Singgah Penyu Bertelur

Konservasi tukik Pantai Baru (Annissa Saputri)
Konservasi tukik Pantai Baru (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Ada daya tarik lain di Pantai Baru, yakni menjadi tuan rumah bagi penyu-penyu lekang. Kehadiran hewan lucu tersebut tidak lain adalah untuk bertelur di pesisir pantai. Karena sudah menjadi fenomena rutin, tak heran jika di sini terdapat konservasi penyu dan tukik (anak penyu). Bahkan kepedulian tersebut juga ditunjukkan dengan adanya komunitas yang tergabung dalam Kelompok Pemuda Peduli Penyu yang mengadakan pelepasan tukik ke laut lepas pada sekitar bulan Mei hingga September dengan melibatkan masyarakat umum.

Mencicip Kuliner Seafood Andalan

Berkuliner seafood (Annissa Saputri)
Berkuliner seafood (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Destinasi wisata ini terbilang cukup luas. Selain pemandangan elok, warung-warung yang berjajar dengan aneka kuliner lezat juga terlihat di sini. Semuanya rapi dan bersih. Sementara menu andalan seafood yang didatangkan langsung dari laut, seperti cumi, udang, kepiting, dan berbagai macam ikan. Soal harga masih terjangkau.

Mengantar Sang Surya Terbenam

Menikmati matahari terbenam (Annissa Saputri)
Menikmati matahari terbenam (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Setelah mencoba berbagai keseruan dan bermain-main dengan ombak, bersantai menunggu sunset di pesisir adalah hal yang wajib dilakukan. Udara yang mulai dingin karena semilir angin pantai, akan terasa hangat ketika kita bisa menyaksikan matahari yang mulai tenggelam. Sunset dan warna oranye yang mendominasi langit, memang terlihat indah di Pantai Baru ini. Pemandangan nan syahdu dan romantis yang sayang untuk dilewatkan, apalagi jika kita menikmatinya dengan orang tersayang.

Liburan ke Pantai Baru, yuk! ( Annissa Saputri)
Liburan ke Pantai Baru, yuk! (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Pantai memang selalu bisa membuat damai di hati. Pemandangan yang indah dan suasananya yang menentramkan, membuat para wisatawan menjadikannya destinasi. Tak hanya itu, kita pun bisa melakukan banyak keseruan di tempat ini. Apakah Teman Traveler juga berencana ke Pantai Baru liburan nanti? Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

via Instagram/asthrisi

Warteg 21 Ma’ Djen yang Melegenda di Jakarta, Pernah Dikunjungi Presiden Jokowi dan Megawati

Sate Kere Yu Rebi

Ragam Kuliner Solo, Manjakan Lidah dengan Cita Rasa Spirit of Java