in , ,

Pantai Batu Kalang Sumbar, Cantiknya Bikin Takjub!

Menjelajah Sudut Indah Pantai Batu Kalang Sumbar

Pantai Batu Kalang
Pantai Batu Kalang (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Pantai berpasir putih dengan perairan biru dan bebatuan raksasa selama ini identik dengan Bangka Belitung, wilayah yang jadi tempat pengambilan gambar film ‘Laskar Pelangi’. Namun jangan salah, destinasi serupa juga ada lho di Sumatra Barat. Bertajuk Pantai Batu Kalang, kawasan wisata ini juga tawarkan panorama hamparan mangrove yang cantik.

Baca juga : Pantai di Malang yang Mudah Dijangkau, Liburan jadi Gampang

img_20170730_144119_hdr_kVE.jpg
Pantai Batu Kalang (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Dengan segala keindahan yang ditawarkan, Pantai Batu Kalang sangat cocok untuk bersantai dan menikmati liburan akhir pekan. Terlebih jika Teman Traveler hobi berswafoto, di sini kalian bisa temukan banyak sudut menarik yang layak diabadikan dan diunggah ke media sosial. Yuk, simak ulasan saya selengkapnya.

Akses yang Mudah

jalan_menuju_vMx.jpg
Jalan menuju pesisir selatan (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Batu Kalang terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Jalurnya searah dengan Mandeh, kawasan yang sudah lama terkenal di kalangan wisatawan.

Jika Teman Traveler berangkat dari Padang, bakal makan waktu sekitar satu jam perjalanan menggunakan motor. Begitu memasuki daerah Painan, kalian akan menemui pertigaan Simpang Tarusan. Langsung saja ambil jalur kanan dan lurus hingga ujung jalan. Sepanjang jalur ini kalian bakal melihat kesibukan nelayan yang baru pulang atau hendak melaut.

Biaya Masuk Gratis

Tak perlu merogoh kocek dalam untuk liburan di sini. Cocok banget buat Teman Traveler yang lagi seret namun butuh piknik. Tidak ada tiket masuk alias gratis. Kalian cukup bayar biaya parkir sebesar Rp2.000an.

Di kawasan sekitar pantai, Teman Traveler akan temukan beberapa kedai yang menjual makanan dan minuman, jadi tak perlu khawatir andai lupa membawa bekal. Namun jika ingin piknik ala-ala, kalian bisa menikmati jajanan yang dibawa dari rumah sambil duduk di bawah pepohonan rindang tepi. Suasananya bakal asyik jika kalian datang bersama teman.

Banyak Bebatuan Besar

img_20170730_144110_hdr_Vyy.jpg
Pantai dengan bebatuan besar (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Pantai ini suguhkan pemandangan laut biru, perairan jernih, serta deretan bebatuan besar di dekat kawasan mangrove. Jika Teman Traveler berkunjung saat air sedang surut, semua keindahan tersebut akan terlihat dua kali lipat lebih cantik. Kalian bakal lebih mudah menjelajahi setiap sudut istimewa di Batu Kalang.  

Pantai Batu Kalang
Berfoto di pinggir pantai (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Dibanding pantai lain di Sumatra Barat, Batu Kalang relatif lebih sepi karena belum terlalu populer seperti Pantai Berlayar Belitung. Namun justru di situ daya tariknya. Tempat ini cocok buat Teman Traveler yang ingin menyegarkan pikiran usai penat dengan rutinitas harian. Benar-benar sangat direkomendasikan.

Spot Instagramable

Pantai Batu Kalang
Pohon bakau di pinggir pantai (c) Novia Harlina/Travelingyuk

Datang ke Batu Kalang, Teman Traveler jangan lupa membawa kamera atau smartphone dengan kamera mumpuni. Kalian bakal menyesal jika tidak sempat mengabadikan momen di sini. Ada banyak sudut menarik yang bisa jadi konten bagus untuk menyegarkan feed Instagram kalian.

Teman Traveler bisa coba berpose di sekitaran bebatuan besar dengan latar belakang laut biru. Setelah puas, kalian bisa lanjut menjelajah ke area sekitar pohon bakau. Hasilnya dijamin bakal mempesona deh.

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah Pantai Batu Kalang. Pesonanya benar-benar menakjubkan dan bikin takjub. Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Sumatra Barat, jangan lupa mampir ke sini ya. Takkan menyesal deh. Next

ramadan

Kopi Sontoloyo, Suasana Klasik di Atap Batu

Magelangan ala Pak Pele

Bakmi & Nasi Goreng Pak Pele, Legenda Jogja Sejak 1982