in , ,

Ngaku Penjelajah Alam? Wajib Kunjungi 4 Pantai Cantik Tulungagung Ini

Deretan Rekomendasi Pantai Cantik nan Perawan di Tulungagung

Pantai Nglinci di Tulungagung
Pantai Nglinci di Tulungagung (c) Reezumiku/Travelingyuk

Pantai bisa jadi tempat menyenangkan untuk berlibur. Banyak hal menarik bisa dilakukan, mulai dari berjemur, bermain pasir dan air, hingga mencoba beragam wahana menyenangkan. Nah, bagi Teman Traveler yang mengaku sebagai penjelajah alam, bisa coba mengunjungi deretan pantai cantik Tulungagung berikut ini. Yuk, kita simak penjelasannya bersama-sama.

Baca juga : Pantai Jembatan Panjang, ‘Tetangga’ Balekambang yang Sunyi & Bersih

Pantai Nglinci, sepi seperti milik sendiri (c) Reezumiku/Travelingyuk

Pantai Pucang Sawit

Pantai Pucang Sawit berombak besar (c) Reezumiku/Travelingyuk

Pucang Sawit termasuk salah satu pantai tersulit yang pernah saya kunjungi. Lokasinya di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban. Destinasi ini belum begitu terkenal di kalangan wisatawan, namun beberapa orang telah berhasil mengabadikan kecantikannya. Posisinya cukup terpencil dan butuh perjuangan ekstra untuk sampai sini.

Jalur berkendara menuju pantai cantik Tulungagung ini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Itupun jalannya tidak rata dan penuh liku, melewati area perkebunan penduduk. Sama sekali tidak ada petunjuk jalan, meski ada banyak jalur bercabang.

Berikutnya, Teman Traveler harus melalui menuruni tebing curam. Situasi sekitar juga sangat sepi karena jauh dari pemukiman penduduk. Sesekali terdengar suara hewan-hewan kecil yang bersembunyi di balik rimbun pepohonan.

View di Tebing Pucang Sawit (c) Reezumiku/Travelingyuk

Jika memang begitu sulit, mengapa orang-orang tetap ngotot datang ke Pucang Sawit? Yah, ada sensasi tersendiri ketika mengunjungi tempat yang sulit dijangkau. Panorama yang biasa saja akan tampak sepuluh kali lipat lebih mempesona. Terlebih setelah melewati perjalanan panjang dan melelahkan.

Dari ujung tebing Teman Traveler bisa melihat lautan luas tanpa batas. Keindahannya semakin mengingatkan kita akan kebesaran Tuhan. Pantainya dihiasi beberapa bongkah batuan besar sehingga pengunjung kerap menyamakannya dengan Belitung, lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Pantai Nglinci

Berfoto di Pantai Nglinci (c) Reezumiku/Travelingyuk

Hampir sama dengan Pucang Sawit, Pantai Nglinci juga berada tepat di bawah tebing. Saat pasang dan cuaca sedang buruk, air akan menggenangi seluruh pantai cantik Tulungagung ini, hingga tak terlihat sama sekali. Namun demikian, lokasinya tidak terlalu curam dan masih bisa dicapai dengan sedikit kesabaran.

Teman Traveler harus berjalan kaki cukup jauh, menerobos perkebunan warga, sebelum sampai di tujuan. Namun semua lelah dan perjuangan akan terbayar lunas dengan pemandangan pantai berpasir cokelat bersih, tampak berkilauan terkena pancaran sinar mentari.

Di sini Teman Traveler bisa menemukan tebing karang berbentuk kepala
kelinci yang cukup unik. Kalian juga akan merasakan suasana bagai di pantai pribadi karena Nglinci masih jarang dikunjungi wisatawan.

Pantai Sawahan Ombo

Karang-Karang Pantai Sawahan Ombo (c) Reezumiku/Travelingyuk

Mengunjungi pantai satu ini, Teman Traveler wajib memiliki kemampuan
berkendara yang baik serta tingkat kewaspadaan tinggi. Perjalanan akan membawa kalian melewati deretan jalur berliku tajam dan menurun curam. Apalagi tak tersedia pembatas jalan, sehingga kalian harus selalu waspada agar tak sampai jatuh dan cedera.

Di Pantai Sawahan Ombo, Teman Traveler bisa melihat keindahan karang-karang saat air surut. Tak perlu khawatir soal sapuan ombak karena ada batas berupa sekumpulan karang tinggi di tengah laut, hampir
satu kilometer dari bibir pantai. Ombak akan terpecah di sana dan sampai di tepi pantai dalam gulungan kecil.

Pantai cantik Tulungagung ini berada di Dukuh Brumbun, Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung. Bagaimana Teman Traveler, penasaran ingin datang ke sini?

Pantai Ngalur

Pantai Ngalur yang masih alami (c) Reezumiku/Travelingyuk

Pantai Ngalur berada di Desa Jengglungharjo, Tanggunggunung, dan termasuk terbaik dari semua pantai perawan di Tulungagung. Pasalnya meski jalur menuju tempat ini terbilang ekstrem, fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai. Selain dua warung makan, ada juga toilet dan mushola sederhana.

Ngalur juga menyediakan tiga gardu pandang, baik yang beratap maupun tidak. Posisinya langsung mengarah ke laut lepas berwarna biru dan toska.
Tersedia pula belasan gazebo untuk istirahat dari terik matahari.

Ayunan di Pantai Ngalur (c) Reezumiku/Travelingyuk

Pantainya sendiri masih bersih dan cantik. Teman Traveler bisa menghabiskan waktu dengan bermain air atau mencoba ayunan di sekitar sini.

Pantai Ngalur (Dokumen Pribadi)

Selain empat pantai di atas, masih ada Pantai Sanggar dan Pantai Sioro. Dua-duanya juga menawarkan panorama apik, namun akses menuju sana masih lumayan sulit. Bagaimana Teman Traveler? Siap menambah pengalaman dengan menjelajah sederet pantai cantik Tulungagung ini? Next

ramadan

Written by Reezumiku

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Enjoying Bandung City Light at Bukit Moko

Berfoto di Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong, Jejak Megah Laksamana Cheng Hoo di Semarang