in , , , ,

Deretan Pantai Memukau Malang yang Jarang Diketahui Orang di Sumbermanjing Kulon

Pantai Tersembunyi yang Siap Dinikmati

Malang via Shutterstock

Pesona dan keelokan wisata pantai Malang sejatinya sudah tersohor hingga ke seluruh penjuru. Kendati terkenal memiliki jenis ombak yang besar, tapi hal ini tidak menyurutkan semangat Teman Traveler untuk bertandang ke sana. Di beberapa pantai Malang seperti Pantai Gatra hingga Pantai Nganteb, Teman Traveler bisa menikmati banyak macam aktivitas seru seperti berkemah, berselancar, hingga mengunjungi konservasi Hutan Bakau.

Baca juga : Pantai Berbahaya di Dunia, Indah Namun Bisa Bikin Celaka

Nah, kalau Teman Traveler lebih mengincar Pantai Malang dengan tingkat pengunjung tidak terlalu padat, maka tips-nya adalah untuk menyambangi pantai-pantai di Sumbermanjing Kulon ketimbang Sumbermanjing Wetan. Lebih lengkapnya, berikut informasi mengenai pantai-pantai Sumbermanjing Kulon yang memikat tapi masih jarang diketahui orang!  

1. Pantai Bantol

img_20190820_122930_x5O.jpg
Pantai Bantol dari Ketinggian (c) Karina Puspita Sari/Travelingyuk

Pantai Bantol terletak di Dusun Sumberceleng, Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Untuk menuju pantai ini, Teman Traveler wajib melalui medan yang cukup menantang berupa jalanan batu kapur yang belum diaspal. Sehingga, tidak disarankan untuk kemari saat cuaca hujan. Kalau pun kemari di musim kemarau, persiapkan masker untuk melindungi wajah dari ganasnya debu yang beterbangan.

img_20190820_123532_kxH.jpg
Air Panyau Pantai Bantol (c) Karina Puspita Sari/Travelingyuk

Wisata ini memiliki pasir putih menawan. Namun, mendekati garis pantainya, Teman Traveler akan menjumpai pasir dengan warna yang lebih gelap disertai dengan ganggang merah yang menyebar.

Keindahan pantainya pun tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, tidak jauh dari pantai, terdapat sebuah area air payau berwarna hijau kemilau yang menyejukkan indera. Tidak jarang terlihat warga setempat dengan lihai menangkap ikan di sana. Instagenic banget, kan?

2. Pantai Seling Kates

img_20190821_072135_3kL.jpg
Pantai Seling Kates (c) Karina Puspita Sari/Travelingyuk

Tergoda untuk segera main ke sini? Pantai Seling Kates letaknya satu garis dengan Pantai Bantol namun jalur masuknya berbeda. Dari tempat parkir kendaraan, Teman Traveler harus mengambil jalur kanan jika hendak menuju Pantai Bantol.

img_20190821_071315_Qo7.jpg
Peraturan untuk Tidak Berenang (c) Karina Puspita Sari/Travelingyuk

Sedangkan jika ke Pantai Seling Kates, Teman Traveler cukup berjalan atau bisa naik motor ke jalur yang lurus. Jaraknya pun tidak jauh, kok. Jalanannya pun lebih mulus dan tidak berbatu seperti jalur menuju Pantai Bantol.

img_20190820_145455_pAc.jpg
Pantai Penuh Bebatuan (c) Karina Puspita Sari/Travelingyuk

Bicara soal keunikan Pantai Seling Kates, pantai ini dihiasi oleh batuan-batuan yang landai, tidak tajam, dan aesthetic. Di area batuan yang paling luas, tepat di bagian tengah bibir pantai, Teman Traveler bisa dengan jelas melihat tumbuhan lumut hijau yang mewarnai sebagian permukaan batu. Panorama keren semacam ini jarang lho ditemukan di pantai Malang lainnya. Makanya, rugi kalau Teman Traveler melewatkan kesempatan melipir kemari!  

3. Pantai Pulo Doro

img_20190821_072117_eRt.jpg
Pantai Pulo Doro (c) Karina Puspita Sari/Travelingyuk

Pantai Pulo Doro bisa jadi merupakan salah satu pantai ter-adem yang ada di Malang. Bukannya tanpa alasan, ternyata hal ini disebabkan karena angin di pantai ini termasuk yang paling kencang.

img_20190821_071706_QLy.jpg
Membaca Novel di Pantai (c) Karina Puspita Sari/Travelingyuk

Rute masuknya pun melalui Pantai Bantol dan Pantai Kedung Celeng. Cukup dengan jalan kaki saja, kok. Pasirnya pun putih bersih dan tak banyak pengunjung yang singgah. Alhasil, bakal asyik banget kalau Teman Traveler melakukan kegiatan membaca novel favorit di sini.

Itulah beberapa pantai Sumermanjing Kulon yang bisa jadi referensi Teman Traveler kala berwisata alam di Malang. Ingat, walau pun pantai-pantai di atas masih tergolong sepi, namun tetap jagalah kebersihan saat mampir ke sana, ya? Semoga Teman Traveler bisa segera meluncur ke sana di momen liburan mendatang!  Next

ramadan

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Pesona dan Kisah Tragis Dibalik Indahnya Pulau Kelor Kepulauan Seribu

Bikin Ngiler! 5 Cemilan Pedas di Pandaan yang Wajib Dicoba