in , , , ,

Pesona dan Kisah Tragis Dibalik Indahnya Pulau Kelor Kepulauan Seribu

Pulau Kelor Alternatiif Liburan di Jakarta

kelor_Iv8.jpg
Tembok Tulisan Pulau Kelor (c) Alfis Yulian/Travelingyuk

Pulau Kelor merupakan obyek wisata alam dan wisata sejarah yang terletak di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pesona pulau yang indah dan kental dengan sejarahnya menjadikan pulau ini ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan. 

Baca juga : Yang Paling Khas Dari Bandung Buat Oleh-Oleh Pasca Mudik

Pulau kecil ini memiliki pasir putih di bibir pantai dan sedikitnya pepohonan. Namun, ada satu bangunan yang iconic di Pulau Kelor yaitu Benteng Martello yang merupakan saksi sejarah jaman VOC ketika ada di Pulau Kelor.

depan_benteng_uvA.jpg
Spot Menarik di Depan Benteng (c) Alfis Yulian/Travelingyuk

Teman Traveler yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya bisa menjadikan Pulau Kelor sebagai destinasi liburan diakhir pekan bersama keluarga atau teman. Lokasinya sendiri dapat ditempuh sekitar 20-25 menit dari Dermaga Kamal Muara.

Transportasi ke Pulau Kelor

perahu_90o.jpg
Kapal Nelayan di Dermaga Kamal Muara (c) Alfis Yulian/Travelingyuk

Transportasi untuk ke Pulau Kelor, Teman Traveler dapat menaiki speedboat dari Dermaga Marina Ancol. Selain itu bisa juga dengan naik perahu motor milik nelayan melalui Dermaga Muara Kamal Cengkareng, atau Dermaga Tanjung Pasir, Tangerang.

Bedanya, apabila Teman Traveler mengambil rute dari Dermaga Marina Ancol biayanya akan lebih mahal dikarenakan akses menuju Pulau Kelor lebih jauh dibandingkan dari dermaga Kamal Muara atau Tanjung Pasir. Apabila, Teman Traveler ingin menghemat biaya, dapat mengambil rute dari Dermaga Kamal Muara dengan menggunakan perahu nelayan. 

Fakta Tentang Pulau Kelor

kelor_2_osP.jpg
Pulau Kelor Ramai saat Weekend (c) Alfis Yulian/Travelingyuk

Nama asli Pulau Kelor ini adalah KERKHOF yang artinya adalah makam/kuburan. Pulau ini tempat eksekusi Tahanan Belanda yang kemudian di kubur di pulau ini, namun tidak ada satu pun batu nisan atau tempat yang menyerupai kuburan di atas pulau.

Benteng yang Punya kembaran di Corsica, Laut Tengah

kelor4_uM1.jpg
Dermaga Penuh Wisatawan (c) Alfis Yulian/Travelingyuk

Benteng Martello, awalnya adalah bangunan pertahanan yang dibangun oleh Inggris di berbagai daerah jajahannya di seluruh dunia yang terinspirasi dari Benteng Mortella di Corsica, Laut Tengah. Begitu terpukaunya Inggris dengan sistem pertahanan benteng ini, mereka kemudian menjiplaknya, namun nama aslinya adalah Mortella yang seringkali salah diucapkan menjadi Martello (yang berarti “Palu” dalam bahasa Italia).

benteng_martello_lyN.jpg
Benteng yang Sudah Rapuh (c) Alfis Yulian/Travelingyuk

Benteng Martello sendiri sudah rusak akibat berbagai peristiwa. Benteng yang saat ini masih berdiri merupakan sisa dari benteng aslinya yang lebih luas. Sebagian besar benteng runtuh dan rusak karena abrasi air laut, gempa Jakarta pada tahun 1966, dan akibat letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Pasir Putih dan Spot Instagramable

selfie_cMf.jpg
Berfoto di Pantai (c) Alfis Yulian/Travelingyuk

Di Pulau Kelor ini pasirnya putih dan memiliki pemandangan yang masih indah. Teman Traveler bisa selfie dan berswafoto sepuasnya. Kalaupun ingin berenang tidak usah khawatir, karena di pulau ini tersedia toilet dan mushola. Teman Traveler tinggal membawa baju ganti saja untuk berenang. Jadi liburan makin seru.

selfie3_j6K.jpg
Batu Bata Merah (c) Alfis Yulian/Travelingyuk

Sudah tertarik berlibur ke Pulau Kelor? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk Teman Traveler yang ingin liburan khususnya yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya. Happy Traveling! Next

ramadan

Itinerary 5D4N Nagoya, Kunjungi Tempat Legenda hingga Tebing Laut Berhantu Jepang

Deretan Pantai Memukau Malang yang Jarang Diketahui Orang di Sumbermanjing Kulon