in , , , , ,

Menikmati Pesona 4 Pantai Garut Selatan yang Saling Berdekatan

Didominasi dengan bebatuan karang, air jernih, dan ombak yang besar, pantai yang ada di Garut Selatan saling berdekatan dan bisa dijelajahi sekaligus.

Pantai di Garut Selatan

Banyak pantai yang begitu indah di Indonesia, seperti di Nusa Tenggara Timur, Bali, hingga Jogja. Di Jawa Barat pun terdapat banyak sekali pantai yang tak kalah indah. Salah satunya adalah pantai yang ada di Garut Selatan.

Baca juga : From Stone Garden to the Highest Waterfall, Padalarang Have Them All

Pantai di Garut Selatan
Pasir putih dan warna air laut dengan gradasi warna hijau biru yang cantik (c) Listya Dara Sunda Prabawa

Didominasi dengan bebatuan karang, air jernih, dan ombak yang besar, pantai-pantai ini saling berdekatan. Sehingga, memungkinkan kamu buat menjelajahinya dalam sekali jalan. Penasaran pantai apa saja? Yuk simak ulasannya sampai habis!

Pantai Rancabuaya, pantai di Garut Selatan dengan bebatuan karang

Pantai Rancabuaya
Pantai Rancabuaya (c) Listya Dara Sunda Prabawa

Pantai ini terletak di daerah Purbayani, Caringin. Teman Traveler cukup membayar Rp5.000 saat hari biasa dan Rp10.000 per orang saat hari libur untuk bisa masuk ke Pantai Rancabuaya. Pemandangan pertama yang terlihat adalah deretan batu karang di sekitar pantai. Ditambah pasir putih dan warna air laut dengan gradasi warna hijau biru yang cantik.

Pantai di Garut Selatan
Batu karang di Pantai Rancabuaya (c) Listya Dara Sunda Prabawa

Kamu bisa bermain di pinggir pantai, berkemah, atau sekedar duduk-duduk di warung yang ada di sini. Jika ingin berenang, kamu harus berhati-hati karena banyak batu karang. Pantai Rancabuaya juga dilengkapi dengan fasilitas hotel di pinggir pantai.

Pantai Puncak Guha, pantai di puncak gua

Pantai di Garut Selatan
Pantai Puncak Guha (c) Listya Dara Sunda Prabawa

Pantai ini terletak di Sinarjaya, Bungbulang. Sesuai dengan namanya, pantai ini berada di puncak atau di atas sebuah guha atau gua. Cukup membayar Rp5.000, kamu sudah bisa menikmati pemandangan di sekitar pantai.

Pantai Puncak Guha
Lubang Vertikal Gua Kelelawar (c) Listya Dara Sunda Prabawa

Ada pemandangan unik di sini, karena di daerah selatan kamu bisa melihat hamparan sawah terletak tidak jauh dari pantai. Selain itu, kamu juga bisa melihat lubang gua yang dipenuhi kelelawar. Hati-hati saat melihat ke arah dalam gua, karena lubang vertikal ini cukup tinggi.

Pantai Cicalobak, Tanah Lot-nya Garut

Pantai di Garut Selatan
Pantai Cicalobak (c) Listya Dara Sunda Prabawa

Teman Traveler tahu Tanah Lot di Bali? Di Garut juga ada pantai serupa dengan Tanah Lot, namanya adalah Pantai Cicalobak. Terletak di Kecamatan Mekarmukti, kamu cukup membayar Rp10.000 untuk masuk ke pantai ini. Pemandangan batu karang mengapit pantai bisa kamu nikmati di sini.

Pantai Cicalobak
Sisi Lain Batu Karang di Pantai Cicalobak (c) Listya Dara Sunda Prabawa

Kamu harus memperhatikan tanda yang ada di sini. Jika daerah diberi bendera merah, tandanya daerah tersebut berbahaya. Ombak bisa sewaktu-waktu berubah menjadi besar dan kamu bisa terjebak di sisi lain batu karang. Tapi jangan panik, tunggu ombak mengecil, lalu cepat-cepat menyebrang. Waspada juga dengan gigitan semut yang bisa banyak ditemukan di dekat pohon di pinggir pantai.

Pantai Karang Papak, bisa bertemu mata lembu

Harga tiket masuk ke Pantai Karang Papak adalah Rp5.000. Pantai yang terletak di Cikelet ini juga didominasi oleh batu karang. Jika air laut sedang surut, Teman Traveler bisa melihat pemandangan batu karang dan pasir secara bergantian di sepanjang pantai.

Pantai di Garut Selatan
Pantai Karang Papak (c) Listya Dara Sunda Prabawa

Air jernih di antara batu karang memungkinkan kamu bisa melihat
ikan-ikan kecil di sini. Selain itu, Teman Traveler juga bisa menemukan mata lembu di pinggir pantai. Mata lembu bukan berarti mata sapi ya, tapi ini adalah sejenis keong yang hanya bisa ditemukan di Pantai Karang Papak.

Pantai Karang Papak
Mata Lembu (c) Listya Dara Sunda Prabawa

Kamu bisa menikmati sajian mata lembu ini di warung-warung yang ada di sepanjang pantai. Ingat untuk tetap waspada dengan ombak karena bisa berubah menjadi besar sewaktu-waktu.

Selain dari empat pantai yang sudah disebutkan, masih banyak pantai lain di Garut Selatan. Beberapa di antaranya yaitu Pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang, Pantai Cijayana, Pantai Cijeruk, Pantai Gunung Geder, Pantai Karang Paranje, dan Pantai Manalusu.

Pantai-pantai ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata ketika kamu pergi ke Garut. Jalan di sepanjang selatan Garut pun sudah bagus dan dilengkapi dengan papan petunjuk arah ke setiap pantai. Next

ramadan
Depot Diponegoro Blitar

Nikmatnya Menyantap Gado-Gado, Si Salad Lokal di Depot Diponegoro Blitar

wisata alam Norwegia

6 Tempat Wisata Alam yang Memukau di Norwegia