in , ,

Tak Banyak Terdengar, Pantai Jikomalamo Ternate Simpan Pesona Menawan, Lho

Melongok Asrinya Panorama Alam Sekitar Pantai Jikomalamo

Pemandangan di sekitar Pantai Jikomalamo
Pemandangan di sekitar Pantai Jikomalamo (c) Rosita/Travelingyuk

Maluku Utara memiliki berbagai objek wisata cantik yang mampu membuat siapapun terpukau. Beberapa diantaranya berada di lokasi tersembunyi, sehingga tidak banyak wisatawan mengetahui potensi dan pesonanya. Pantai Jikomalamo salah satunya.

Baca juga : Pantai Pink Lombok, Uniknya Bikin Geleng-geleng

Pemandangan Pulau Hiri dari pesisir Jikomalamo (c) Rosita/Travelingyuk

Destinasi ini bisa dibilang merupakan surga bawah laut tersembunyi di Ternate. Namanya memang belum begitu populer di kalangan wisatawan, namun bukan berarti tempat ini tak memliki pesona panorama alam menawan.

Belum Banyak Diketahui Wisatawan

Jernihnya air di sekitar pantai (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai Jikomalamo masuk wilayah Kelurahan Takome, Pulau Ternate. Dari sederet pantai di Maluku Utara, khususnya Ternate. Destinasi ini memang belum begitu populer di antara para turis. Apalagi letaknya lumayan terisolir.

Namun jangan salah, hal tersebut justru memberikan kesan eksklusif. Suasananya masih asri. Terumbu karangnya juga sangat terjaga, karena belum begitu populer jika dibandingkan dengan Pantai-pantai lainnya di Ternate.

Jika penasaran singgah di Jikomalamo, Teman Traveler bisa begerak menuju Pantai Sulamadaha. Dua destinasi alam tersebut tidak terpisah jarak terlalu jauh. Jaraknya hanya sekitar dua kilometer.

Harus diakui Pantai Jikomalamo memang cukup sulit dijangkau. Jalurnya dihimpit perbukitan terjal. Untuk bisa sampai sini, Teman Traveler wajib menyeberang menggunakan perahu.

Akses Menuju Pantai

Gunung Gamalama dilihat dari perairan Jikomalamo (c) Rosita/Travelingyuk

Hingga kini masih belum ada rute darat menuju Pantai Jikomalamo. Akses satu-satunya menuju pantai tersembunyi ini adalah dengan menyebrang menggunakan perahu. Secara geografis, posisi pantai ini berada di sebuah teluk tersembunyi yang berhadapan langsung dengan Pulai Hiri.

Hiri sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari bukit dan gunung. Teman Traveler bisa melihat dengan jelas pemandangan pulau tersebut dari pesisir Jikomalamo.

Lebar Bibir Pantai Hanya 100 Meter

Wiastawan yang baru selesai snorkeling di Jikomalamo (c) Rosita/Travelingyuk

Berbeda dengan pantai kebanyakan, lebar bibir pantai di Jikomilamo hanya 100 meter saja. Meski tidak memiliki hamparan pasir luas, pesona bawah lautnya sangatlah menakjubkan. Dijamin Teman Traveler takkan kecewa karena panorama alam di sini benar-benar menawan. Apalagi pasir di sekitar teluk juga sangat bersih.

Spot Snorkeling

Gradasi warna laut di sekitar Pantai Jikomalamo (c) Rosita/Travelingyuk

Pantai Jikomalamo termasuk salah satu snorkeling dan diving yang cukup direkomendasikan di Ternate. Suguhan keindahan bawah lautnya benar-benar menakjubkan. Deretan terumbu karang cantik di sekitar sini sangat bisa Teman Traveler jelajahi sepuasnya dengan menyelam.

Jernih perairan di sekitar pantai membuat keindahan bawah laut Jikomalamo nampak semakin jelas. Bahkan Teman Traveler sudah bisa menikmatinya dari permukaan. Jangan lewatkan pula indahnya pemandangan Pulau Hiri di seberang pantai, plus sunset menawan yang selalu jadi salah satu momen favorit wisatawan.

Itulah ulasan sekilas terkait Jikomalamo, pantai yang belum begitu populer namun menyimpan pesona menawan. Setelah menjelajah destinasi cantik ini, dijamin Teman Traveler bakal ketagihan dan ingin datang lagi. Semoga ulasan ini bermanfaat sebagai referensi ketika kalian liburan ke Ternate. Next

ramadan

Enjoying Magnificent Colorful Fields of Sembalun from Bukit Selong

Taman Pintar Bookstore

Taman Pintar Bookstore, Surga Pecinta Buku di Jogja