in , ,

Pantai Karang Bolong Pacitan, Wisata Penuh Keindahan

Karang Bolong Pacitan
Karang Bolong Pacitan
Pantai Karang Bolong Pacitan (c) Willy/Travelingyuk

Karang Bolong atau Batu Bolong di Sebuah Pantai sepertinya sedang menjadi buruan para pecandu pantai. Pantai dengan ciri khas seperti ini bisa kita temui Di Bali, Lombok, dan beberapa tempat lain di Pulau Jawa. Di Jawa Timur tepatnya di Kelurahan Sendang, Kecamatan Donorojo Pacitan ada pantai yang bernama Karang Bolong.

Baca juga : Sate Damri, Kuliner Bandung yang Hits dan Jumbo

Keunikan utama yang ditawarkan pantai ini tentunya bongkahan karang raksasa yang menjorok ke laut dengan lubang di bagian bawahnya karena terkikis ombak. Walaupun karang yang bolong seperti ini ada di beberapa pantai lain, tentunya ada keunikan tersendiri yang ditawarkan Pantai Karang Bolong.

Bagi yang belum pernah ke Pantai Karang Bolong tidak perlu bingung. Arahkan tujuan ke pusat Kota Pacitan, kemudian kita tempuh rute menuju Goa Gong atau Pantai Klayar. Kebetulan sekali Pantai Karang Bolong ini tepat berada disisi Barat setelah loket masuk menuju Pantai Klayar. Datang ke Pantai Karang Bolong artinya kita juga bisa masuk ke Pantai Klayar karena pintu masuknya menjadi satu.Untuk tarifnya cukup membayar tiket Rp. 5.000,- per orang, parkir motor Rp. 5.000,-, dan Rp. 10.000,- untuk parkir mobil.  

1. Menikmati Sunrise Di Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong Pacitan (c) Willy/Travelingyuk

Sampai di Pantai Karang Bolong ketika pagi ternyata saat yang sangat tepat, walaupun pantai yang menghadap ke Samudera Hindia di sebelah selatan tapi bias sinar oranye kekuningan menghiasi langit di kawasan Karang Bolong. Suasana ini bisa menghangatkan kita para pelancong setelah capek berkendara ke tempat ini. Tapi ternyata warga sekitar juga menuturkan kalau momment matahari terbenam di pantai ini lebih indah. Jadi buat kita yang suka sekali pemandangan matahari tenggelam bisa mendatangi tempat ini siang menjelang sore.  

2. Phose Wajib Di Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong Pacitan (c) Willy/Travelingyuk

Pantai Selatan yang mengarah langsung ke Samudera Hindia terkenal dengan ombaknya yang ganas, ini yang membuat batu karang semakin lama semakin terkikis dan menyisakan lobang di bagian bawah. Tapi jika diamati karang yang bolong ini menjadikan keunikan tersendiri, maka tak heran kalau setiap pengunjung yang datang ke pantai ini akan selalu berfoto dengan latar batu karang bolong.  Duduk di tepi tebing sambil memandang ke arah Karang Bolong dan jangan lupa siapkan perlengkapan yang mendukung sebelum berfoto, agar hasil yang didapat  lebih makimal.  

3. Ilalang Di Atas Tebing Karang

Pantai Karang Bolong Pacitan (c) Willy/Travelingyuk

Padang rumput dan ilalang ada di pantai?, itu pertanyaan yang muncul saat kita menginjakkan kaki di area Pantai Karang Bolong. Pantai Karang Bolong ini bukan seperti pantai pada umumnya. Pantai ini tidak memiliki pasir putih yang terhampar di bibir pantai. Pantai ini juga tidak terletak di dataran rendah, tapi berada di atas bukit yang ujung tebingnya langung berbatasan dengan laut lepas. Hal itu menjadi keunikan terendiri, ditambah lagi kita bisa menemui padang rumput dan juga ilalang di tempat ini. Bermain, berlarian dan berfoto di antara ilalang dan padang rumput di tempat ini membuat seolah kita tidak berada di sebuah pantai, tapi di tanah lapang. Apalagi kita juga bisa menemukan kambing dari warga sekitar yang biasa merumput di tempat ini. Sungguh suasana pantai yang unik.  

4. Spot Terekstrim Di Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong Pacitan (c) Willy/Travelingyuk

Traveler datang jauh-jauh mencari keindahan dan juga tantangan. Tempat ini sangat cocok untuk menguji adrenalin kita jika benar-benar mencari pemandangan yang berbeda. Pertanyaannya adalah, “Apakah anda berani?”, pertanyaan itu sangat penting mengingat titik terindah dan terekstrim di Pantai Karang Bolong adalah berjalan menuju tebing Karang Bolong yang menjulur ke lautan lepas. Selain tingginya bukan kepalang, hal lain yang menjadi kekhawatiran adalah angin menerpa sangat kencang sekali di ujung karang ini. Bagian ujung tebing karang yang rawan rapuh mengharuskan kita agar tidak terlalu menepi di tempat ini. Tapi jika kita berani melangkah ke titik ini, maka kita bisa melihat luasnya laut sekeliling pantai dengan lepas. Selain itu, kita bisa mengabadikan momment berdiri di atas Karang Bolong dari kejauhan.  

5. Bercanda Tawa Menikmati Indahnya Pantai

Pantai Karang Bolong Pacitan (c) Willy/Travelingyuk

Lelah yang terbayar dengan keindahan yang tak ada hentinya akan membuat kita betah berlama-lama di pantai ini. Berfoto, bermain, bercengkrama, atau sekedar beristirahat melepas lelah bisa kita lakukan di sini. Tapi jika panas matahari mulai menyengat kita bisa beranjak ke Pantai Klayar untuk beristirahat. Lokasinya tepat di samping pantai ini, mengingat di Pantai Klayar terdapat fasilitas umum seperti warung, dan toilet. Sedangkan di Pantai Karang Bolong tidak ada. Tidak perlu khawatir dengan harga makanannya, karena harganya dijamin murah meriah. Next

ramadan

Tahu Lontong Pak Marno, Kuliner Jadul yang Wajib Dicoba di Blitar

Pelukis Tusuk Gigi

Kisah Pelukis Tusuk Gigi dari Trenggalek yang Mendunia