in , , ,

Menikmati Deburan Ombak dan Pesona Karang Eksotis di Pantai Karang Haji Sukabumi

Indonesia punya banyak wisata pantai yang memukau, salah satunya yang berada di Sukabumi satu ini. Pantai ini disebut Pantai Karang Haji, berada di daerah Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini memiliki batu karang yang besar nan indah untuk spot berfoto. Untuk lebih lanjut mengenai keindahan Pantai Karang Haji, yuk ikuti perjalanan salah satu kontributor Travelingyuk!

Baca juga : Deretan Rumah Makan Seafood di Makassar ini Bikin Ketagihan

img_5089_KBT.JPG
Deburan ombak di Pantai Karang Haji (c) trustyour journey/Travelingyuk

Lokasi Pantai Karang Haji tepatnya berada di daerah perkampungan Cibangban, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini menyuguhkan nuansa pemandangan yang begitu indah.

Untuk masuk ke Pantai Karang Haji, Teman Traveler tidak dikenakan biaya. Cukup membayar biaya parkir saja sebesar Rp10.000 untuk mobil dan Rp5.000 untuk motor. Di sini, Teman Traveler bisa menemukan fasilitas umum yang telah disediakan, di antaranya ada toilet, tempat parkir, dan warung.

img_5207_5PK.JPG
Pemandangan pantai yang indah

Setelah melakukan perjalanan beberapa jam yang cukup melelahkan dari Bogor, akhirnya saya dan teman-teman sampai di Pantai Karang Haji sekitar pukul 06.00 WIB. Kami beristirahat di sebuah warung di dekat pantai.

Teman Traveler bisa memesan berbagai minuman hangat sembari mendengar desiran suara ombak yang menenangkan. Kemudian kami melanjutkan menelusuri Pantai Karang Haji ketika matahari terbit dan berburu foto.

img_5221_a6p.JPG
Banyak karang yang eksotis

Di pantai ini terdapat Gua Karang Haji, yang konon dikenangnya gua ini diyakini sebagian masyarakat karena pernah disinggahi Eyang Karang Haji, atau Kiayi Arya Muntaha, atau Eyang Haji Kharuman, untuk melakukan ibadah di dalam gua.

Namun, kami dihimbau untuk tidak mengambil gambar gua tersebut dan menyebarluaskannya. Karena memang peraturan dari masyarakat setempat tidak boleh menyebarluaskan gambar gua ke khalayak ramai, karena ada kesan mistis dan religi dari Gua Karang Haji tersebut.

img_5249_yIP.JPG
View dekat Gua Karang Haji

Ada beberapa tips untuk berwisata ke Pantai Karang Haji jika melakukan perjalanan dari Bogor. Teman Traveler harus menjaga stamina jika membawa kendaraan sendiri. Karena perjalanan menuju lokasi wisata lumayan jauh dan menguras tenaga. Jangan lupa untuk mengecek kendaraan dan memastikan tidak bermasalah. Teman Traveler harus melewati beberapa jalur yang menanjak dan terjal.

img_20190826_wa0009_ohC.jpg
Banyak spot instagenic

Tak lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman agar lebih hemat dan menghindari kelaparan saat mencari tempat makan. Persiapkan pula kamera baik itu kamera digital maupun handphone untuk mengabadikan momen di Pantai Karang Haji.

img_20190826_wa0010_KgS.jpg
Selfie dengan latar karang dan pantai

Setelah selesai menikmati keindahan dan berburu foto di pantai, jangan lupa untuk membawa kembali sampah. Jaga kebersihan selalu ya! Next

ramadan

Mie & Nasi Goreng Anglo Bu Sani yang Viral karena Digowes, Ternyata Legendaris

Ada Tiga Kuliner Jepang untuk Buka Puasa dari Tokyo Belly