in , , , , ,

Kelingking, Pantai di Nusa Penida Ini Bikin Pangling

Menjelajahi Pantai Kelingking di Nusa Penida

Siapa yang tidak kenal dengan Nusa Penida? Salah satu gugusan pulau di Bali ini memiliki banyak surga dunia yang tersembunyi. Terdapat banyak pilihan tempat wisata alam di Nusa Penida seperti Pantai Kelingking. Untuk informasi selengkapnya, dapat Teman Traveler baca pada ulasan berikut.

Baca juga : Wisata Ikonik Nusa Penida, Auto Menyesal Kalau Gak Mampir

Lokasi Pantai Kelingking

Pemandangan Pantai Kelingking dari Atas (c) Viny Kusbinawati/Travelingyuk

Pantai Kelingking berada di bagian barat Pulau Nusa Penida. Untuk bisa sampai di Nusa Penida, Teman Traveler harus melakukan penyeberangan dari Pulau Bali melalui Pelabuhan Sanur, Pelabuhan Padang Bai, atau Pelabuhan Benoa menggunakan speedboat. Dengan membayar harga tiket penyeberangan sebesar Rp100.000/orang dan memakan waktu ± 45 menit untuk sampai di Toya Pakeh, Nusa Penida.

Akses Menuju Pantai Kelingking

Spot Foto di Pantai Kelingking (c) Viny Kusbinawati/Travelingyuk

Setibanya di sana, Teman Traveler bisa menyewa sebuah motor dengan harga Rp50.000/hari. Perjalanan menuju Pantai Kelingking, kira-kira membutuhkan waktu ± 20 menit. Akses jalan yang akan Teman Traveler lalui cukup mudah, karena sudah banyak jalan yang di aspal. Namun, tetap harus melewati jalanan yang berkelok serta sebagian jalan yang berbatu.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Spot Foto Pohon Cinta di Pantai Kelingking (c) Viny Kusbinawati/Travelingyuk

Setelah sampai di Pantai Kelingking, hanya perlu membayar Rp5.000/orang untuk masuk ke Pantai Kelingking. Terlihat jelas laut biru yang terbentang luas, serta beberapa spot foto seperti pohon cinta atau pun secret point, yang menjadi favorit pengunjung.

Warung yang di Bangun oleh WargaSsetempat (c) Viny Kusbinawati/Travelingyuk

Warga setempat ada yang membuka lapak dan menjual beberapa minuman dingin, es kelapa muda dan makanan ringan lainnya. Serta tersedia juga toilet umum yang bisa Teman Traveler gunakan.

Akses Menuju Bibir Pantai Kelingking

Akses Jalan menuju Bibir Pantai Kelingking (c) Viny Kusbinawati/Travelingyuk

Teman Traveler bisa menikmati indahnya pantai kelingking dari atas. Pemandangan saja sudah sangat memanjakan mata. Namun bila penasaran, Teman Traveler bisa turun dan menikmati pantau karena sudah ada akses jalan menuju bibir pantai. Namun, aksesnya cukup sempit, terjal dan curam serta hanya ada pembatas dari kayu dan bambu saja.

Akses ke Bibir Pantai (c) Viny Kusbinawati/Travelingyuk

Memberanikan diri untuk turun, dengan melewati beberapa anak tangga untuk di awal perjalanan tentu saja sangat menegangkan. Namun, semakin ke bawah semakin terjal dan memiliki kemiringan, ± 70’-80’. Termasuk trecking yang cukup jauh dan sulit. Perjalanan pun memakan waktu ±30-45 menit untuk sekali turun.

Pemandangan Pantai Kelingking dari Bawah (c) Viny Kusbinawati/Travelingyuk

Sesampainya di bibir pantai, pemandangan yang sangat menajubkan akan menyambut Teman Traveler. Pantai dengan pasir yang putih bersih dengan butiran yang cukup kasar, terasa sangat alami ketika menginjakkan kaki disini.

Menikmati Deburan Ombak Pantai Kelingking (c) Viny Kusbinawati/Travelingyuk

Rasa lelah dan takut terbayar sudah dengan indah nya pantai layaknya pulau pribadi ini. Namun, tidak disarankan untuk mandi ataupun berenang ya, karena ombak yang cukup besar serta gulungan ombaknya sangat kuat bisa membahayakan Teman Traveler. Jadi hanya bisa menikmati dari pinggir saja.

Bila Teman Traveler berwisata di Nusa Penida, sempatkan untuk mampir ke Pantai Kelingking ya. Jadi, kapan liburan ke sini? Next

ramadan

Tanpa Guide Lokal! Tips Taklukkan Puncak Tertinggi Dewata dalam Waktu 1 Hari

3 Lokasi Menginap di Melbourne, Pastikan Sesuai dengan Tujuan Berliburmu