in , ,

Pantai Krakal, Sudut Mempesona di Gunung Kidul

Mengagumi Indahnya Panorama Fajar di Pantai Krakal

Panorama Pantai Krakal
Panorama Pantai Krakal (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Pantai Krakal adalah salah satu bagian dari pesisir selatan Gunung Kidul, Jogjakarta. Destinasi ini punya keunikan tersendiri, yang membuatnya terkesan eksotis dan beda dari pantai di sekitarnya. Saya sendiri kerap memilih mampir ke sini jika ingin melepas penat atau sejenak meninggalkan kepadatan kota.

Baca juga : Jangan Lewatkan Parade Asian Games dengan Berbagai Pertunjukan Kelas Internasional

Berulangkali mengunjungi Pantai Krakal saya tetap merasa puas dengan kecantikan yang ditawarkan. Ditambah lagi dengan keramahan masyarakat setempat, beragam spot foto menarik, serta semilir lembut angin dan deretan karang mempesona.

Alternatif Liburan Murah

picsart_09_07_03_wSD.jpg
Salah satu sudut keindahan Krakal (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Tarif masuk Pantai Krakal relatif murah Teman Traveler. Seorang pengunjung cukup membayar total Rp10.000 rupiah untuk tiket, sudah termasuk biaya asuransi. Bisa jadi alternatif wisata akhir pekan, terutama menjelang akhir bulan.

picsart_09_07_03_98W.jpg

Selama berada di Krakal, Teman Traveler bisa melakukan sejumlah aktivitas menarik seperti bermain pasir, berjemur, atau bermain ombak. Buat yang menyukai ikan hias, bisa membeli jaring pada pedagang sekitar mengambil ikan di tepian pantai.

Menyapa Hewan Laut

lrm_export_205730522754843_20190907_150125619_l2J.jpeg
Salah satu hewan laut di sekitar Krakal (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Jika berkunjung pagi hari, Teman Traveler akan mendapati perairan di sekitar sini surut. Kalian bisa bermain di antara karang-karang hijau
nan cantik sekitar bibir pantai. Jika jeli, kalian akan melihat sejumlah hewan laut seperti bintang laut, ikan-ikan kecil, bulu babi, umang-umang, kepiting kecil, dan masih banyak lagi.

Menikmati Pantai dari Ketinggian

dscf4712___copy_EfD.JPG
Sunrise di sekitar Krakal (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Di sisi barat laut terdapat bukit karang yang bisa Teman Traveler akses melalui jalan yang sudah disediakan pengelola. Kondisinya memang nampak kurang terawat, namun masih cukup aman kok. Begitu sampai puncak, kalian akan melihat sebuah pendopo.

Dengan membayar Rp2.000 untuk biaya pemeliharaan, Teman Traveler sudah bisa menikmati indahnya Krakal dengan lebih leluasa. Nikmati cantiknya deretan karang dan deburan ombak, berpadu apik dengan semilir angin pantai.

Buat Teman Traveler yang hobi kemping, kalian bisa mendirikan tenda di bibir pantai dan menikmati panorama sunrise keesokan harinya. Dijamin takkan menyesal karena pemandangan yang tersaji benar-benar indah.

Mengunjungi Monumen Puncak

lrm_export_205958094131943_20190907_150513191_0Ry.jpeg
Monumen Puncak Krakal (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Di sisi barat bukit karang, Teman Traveler bisa melihat Monumen Puncak Pantai Krakal. Desainnya nampak elegan dan indah. Dari sini kalian juga bisa secara maksimal menikmati keindahan sekitar dari ketinggian. Tempat ini berjarak sekitar 50 meter dari bibir pantai, namun jalanan menuju sana sudah cukup halus dan dilapisi beton. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua. Jika mampir sore hari, kalian akan disambut pemandangan indah sunset di sini.

Kemping Juga Bisa

lrm_export_206860497322484_20190907_152015594_jBO.jpeg
Pemandangan di sekitar pantai (c) Moppy Apriyadi/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang ingin mencari penginapan, di sekitar pantai ada beberapa pilihan home stay dan hotel. Tarif yang ditawarkan relatif terjangkau kok. Namun jika ingin hemat, kalian bisa mendirikan tenda di sekitar bibir pantai. Tak perlu khawatir soal fasilitas bersih diri, sudah tersedia kamar mandi yang bisa diakses dengan tarif Rp2.000-Rp4.000 saja.

Sedikit tips buat Teman Traveler yang ingin berkunjung ke sini. Jangan lupa bawa serta beberapa perbekalan penting seperti krim tabir surya karena matahari di sini cukup terik. Kenakan juga alas kaki nyaman agar memudahkan perjalanan. Jangan lupa juga jaga kebersihan dengan membuang sampah di tempat yang sudah disediakan.

Itulah sedikit pengalaman saya mampir ke Pantai Krakal. Buat Teman Traveler yang sedang liburan di Jogja dan berniat mencari destinasi dengan atmosfer menenangkan, tempat ini bisa kalian coba. Next

ramadan

Peringati Hari Kopi Internasional, Ini Wisata Kopi yang Ada di Indonesia

4 Wisata Sekitar Karst Rammang-rammang yang Juga Asyik untuk Dikunjungi