in ,

Peringati Hari Kopi Internasional, Ini Wisata Kopi yang Ada di Indonesia

Ada yang sediakan spot foto kekinian juga lho

Tepat di hari ini, tanggal 1 Oktober, seluruh dunia memperingati hari kopi internasional. Di Indonesia sendiri sudah merayakan kelima kalinya. Nah, supaya Teman Traveler juga ikut merasakan gegap gempitanya, kalian bisa lho mengunjungi beberapa wisata kopi di Indonesia. Yuk deh jelajahi satu persatu. 

Baca juga : Explore Boyolali, New Zealand van Java yang Punya Segudang Objek Wisata Keren Abis

Kampoeng Kopi Banaran 

wisata kopi indonesia
Kampoeng Kopi Banaran via instagram/tempekemoel

Bagi Teman Traveler yang ada di Pulau Jawa, bisa datang ke Kampoeng Kopi Banaran. Lokasi tepatnya berada di Jl. Raya Semarang – Solo KM 35 Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Di sana para pengunjung bisa menikmati Kopi Banaran yang sudah populer di mana-mana. Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati beragam fasilitas lain yang dijamin membuat betah. 

Seperti Pabrik dan Museum Kopi Banaran serta Tour Pabrik Gula Rendeng. Ada pula wahana lain yang bisa dicoba, yakni flying fox, kolam renang dan wood ball. Kalau kalian ingin mengunjunginya, Teman Traveler hanya cukup membayar Rp5 ribu. Namun, apabila ingin mencoba wahana atau melakukan tour, kalian harus membayar biaya tambahan. 

Bas de Atayana 

Bas de Atayana via instagram/handri_dayat

Di Bali juga ada wisata kopi yang bisa dikunjungi. Namanya adalah Bas de Atayana di Banjar Sribatu, Desa Penglumbaran, Susut, Kabupaten Bangli. Di agrowisata ini, kalian bisa memperoleh banyak ilmu tentang segala jenis kopi. Bahkan, para pengunjung juga akan mendapatkan kopi gratis sebanyak 12. Namun, karena ini hanya kopi tester, jadi Teman Traveler tidak akan mendapatkannya dalam jumlah banyak. 

Menariknya lagi, ada banyak spot kekinian yang bisa digunakan pengunjung untuk berfoto. Di antaranya adalah tower in love, bird nest, swing in love serta waterfall in love. Untuk masuk ke wisata ini, kalian tak perlu membayar tiket masuk. Teman Traveler hanya mengeluarkan uang ketika membeli kopi atau mencoba wahana ayunan kalau lebih dari satu kali. 

Kebun Kopi Senaru 

Kebun Kopi Senaru via instagram/svetalindiana

Lombok juga punya wisata kopi yang bernama Kebun Kopi Senaru. Destinasi satu ini menghadirkan Kopi Robusta yang paling banyak dicari oleh wisatawan. Uniknya lagi, di tempat ini para pengunjung juga bisa berfoto di spot yang berlatarkan kebun kopi dan Air Terjun Sendang Gile.

Kalau kalian ingin berkunjung ke sana, lokasinya berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Lalu, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk, hanya cukup membayar biaya parkir sebesar Rp5 ribu. 

Perkebunan Sulotco 

Perkebunan Sulotco via instagram/kenzhikharisma

Jangan sedih bagi yang ada di Sulawesi, karena ada wisata kopi yang bisa dikunjungi di Bolokan Lembang Tiroan, Kecamatan Bittuang, Tana Toraja. Bernama Perkebunan Sulotco yang sudah terkenal menghasilkan beberapa kopi. Yaitu Tipika dan Kopi Luwak. Di sana kalian bisa menikmati ragam kopi tersebut dan juga mengelilingi perkebunannya. 

Danau Lut Tawar  

Danau Lut Tawar via instagram/f.rahman911

Aceh yang menjadi wilayah paling timur di Indonesia juga memiliki kebun kopi. Lokasinya berada di sekitar Danau Lut Tawar yang jumlahnya cukup banyak.

Biji dari kopi tersebut menghasilkan Kopi Gayo yang termasuk salah satu kopi terbaik di dunia. Jadi, jangan heran kalau kalian melihat banyak warung Kopi Gayo di sekitar Danau Lut Tawar. Tertarik? Kalian bisa datang langsung ke Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. 

Wisata kopi ternyata banyak tersebar di seluruh Indonesia. Mulai dari Aceh sampai dengan Lombok. Jadi, Teman Traveler ingin berlibur ke wisata kopi yang mana nih?  Next

ramadan
Makanan Setan Ganti Nama via Instagram @jogjabikinlaper

5 Makanan Setan Ini Terancam Ganti Nama Pasca Fatwa MUI

Panorama Pantai Krakal

Pantai Krakal, Sudut Mempesona di Gunung Kidul