in ,

4 Wisata Sekitar Karst Rammang-rammang yang Juga Asyik untuk Dikunjungi

Di sekitar Karst Rammang-rammang ada banyak wisata lho. Ini Buktinya…

Sulawesi Selatan mempunyai wisata alam yang populer sampai ke luar negeri. Namanya adalah Rammang-rammang yang merupakan karst terbesar ketiga di dunia. Nah, Karst satu ini ternyata juga mempunyai wisata yang tak kalah menakjubkan di sekitarnya. Apa saja ya? Simak wisata sekitar Karst Rammang-rammang di bawah ini. 

Baca juga : Soto Gerabah Mbok Tuginem, Kuliner Istimewa Jogja dengan Harga Murah Meriah

Sungai Pute, Jalur Menuju Karst Rammang-rammang 

wisata sekitar rammang-rammang
Sungai Pute via instagram/pesonaid_travel

Untuk menuju ke Karst Rammang-rammang, pasti para pengunjung akan melewati yang namanya Sungai Pute. Sepanjang menyusuri Sungai Pute, kalian akan disuguhi kemegahan dari Karst Rammang-rammang tersebut. Kemudian di beberapa bagian tepian sungai, Teman Traveler akan menemukan perkampungan warga. Biasanya, akan ada anak-anak kecil yang bermain di sekitar sungai, untuk mandi atau main ciprat air. 

Leang Lompoa Gua Bersejarah dengan Air Terjun di Luarnya

Leang Lompoa via instagram/hardisypt.m

Karst Rammang-rammang yang begitu megah ternyata menyimpan ratusan gua di dalamnya. Salah satunya adalah Leang Lompoa yang berada pada ketinggian 20 meter dari permukaan laut. Di dalamnya terdapat sisa-sisa aktivitas manusia prasejarah terakumulasi pada situs berupa sampah dapur, artefak batu, dan lukisan dinding gua.

Tapi, keindahannya tidak hanya itu. Leang Lompoa juga memiliki air terjun di bagian luar gua. Aliran airnya tidak begitu deras dan sangat tipis sekali. Sehingga bisa dikatakan kalau air terjun ini mirip sekali dengan tirai. 

Air Terjun Bantimurung yang Ramai Pengunjung

Air Terjun Bantimurung via instagram/hao_noah

Keindahan Air Terjun Bantimurung di Maros, Sulawesi Selatan sudah terkenal bukan hanya di kalangan penduduk setempat, tapi juga bagi orang-orang yang datang ke Sulawesi Selatan.

Air terjun ini jarang sepi dari pengunjung. Ini dikarenakan keunikan bebatuannya yang bertumpuk, alhasil membuat air meluncur turun menjadi aliran deras sehingga pengunjung bisa menikmati guyurannya. Di bagian bawah, bebatuannya memiliki permukaan yang relatif datar yang biasanya orang-orang akan duduk, bersandar, atau berfoto di antara siraman air terjun.

Salenrang Sky B yang Banyak Wahana Permainan

Salenrang ‘Sky B’ via instagram/salenrang_sky_b

Teman Traveler yang liburan ke Karst Rammang-Rammang bakal dimanjakan dengan hadirnya wahana dan spot instagramable baru untuk foto-foto. Namanya Salenrang ‘Sky B’. Wahana Salenrang ‘Sky B’ terdiri dari jembatan, sepeda dan perahu gantung yang tingginya mencapai 6 meter.

Wahana ini sangat cocok bagi Teman Traveler yang ingin memacu adrenalin ataupun yang hobi berswafoto di atas ketinggian dengan latar belakang gunung karst. Dijamin, kalian yang mencoba wahana ini akan ketagihan. 

Wisata sekitar Karst Rammang-rammang ternyata banyak juga. Mulai dari gua prasejarah hingga wisata adrenalin. Hayo, Teman Traveler mau pilih yang mana nih?  Next

ramadan
Panorama Pantai Krakal

Pantai Krakal, Sudut Mempesona di Gunung Kidul

kuliner bekasi

Deretan Kuliner Bekasi 10 Ribuan, Enaknya Susah Dilupakan