in ,

Jelajah Tiga Destinasi Istimewa Lewat Pantai Lenggoksono, Salah Satunya Punya Air Terjun Cantik

Berlibur ke Pantai Lenggoksono bisa langsung berkunjung ke tiga tempat.

Pantai Banyu Anjlok
Pantai Banyu Anjlok (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Selain dikenal sebagai penghasil kopi, Kabupaten Dampit yang terletak di Malang Selatan ini menyimpan destinasi wisata yang menarik. Ada berderet pantai dengan keindahan yang sangat menawan. Beberapa waktu lalu, Travelingyuk pergi berkunjung ke salah satunya, yaitu Pantai Lenggoksono untuk melihat potensi wisata apa saja yang ada di dalamnya. Penasaran seperti apa?

Baca juga : 7 Spot Foto Sayap di Jawa Timur, Serasa Ingin Terbang

Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono
Pantai Lenggoksono (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Terletak di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Pantai ini memiliki suasana yang asri. Walaupun tidak sepopuler pantai lainnya seperti Balekambang, di pantai ini Teman Traveler akan disuguhkan dengan air yang jernih, pepohonan rindang, dan pasir yang bebas dari kotoran. Di sini pengunjung yang datang tak hanya bisa berenang dan berolahraga, mereka juga dapat menyewa perahu untuk menyebrang ke beberapa tempat lainnya. Selain itu juga bisa berselancar dan snorkeling. Untuk masuk ke sini, pengunjung hanya ditarik biaya parkir sebesar Rp10.000.

Teluk Kletekan

Teluk Kletekan
Ilustrasi snorkeling via Shutterstock/Patryk Kosmider

Nah, selain dapat bermain air dan berolahraga di Lenggoksono, Teman Traveler dapat menyewa perahu untuk minta disebrangkan ke Teluk Kletekan. Waktu yang dibutuhkan untuk menyebrang hanya sekitar 10 menit. Wisatawan akan disuguhi pemandangan air berwarna kebiruan yang sangat jernih, bebatuan karang yang muncul dari bawah teluk, juga pemandangan biota laut seperti karang, serta ikan dengan warna yang cantik di kedalaman 7 meter.

Oleh karena itu, Teluk Kletekan merupakan tempat yang tepat untuk snorkeling. Bagi yang ingin melakukan aktivitas ini, diharapkan tubuh dalam keadaan prima, menggunakan alat yang tepat, dan juga alas kaki yang nyaman.

Pantai Bolu-Bolu

Pantai Bolu Bolu
Pantai Bolu Bolu (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang belum merasa cukup melakukan aktivitas air di dua tempat tadi, bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Bolu-Bolu. Air di pantai ini terlihat jernih dan yang paling menarik adalah suasananya yang tenang dan di hamparan pasir terdapat bebatuan karang yang bisa dipijak atau diduduki. Selain bisa menikmati suasana, Teman Traveler juga bisa snorkeling dan berkemah di sini.

Hal unik lainnya adalah di sekitar pantai terdapat beberapa pohon kelapa dengan buah yang terasa sangat manis. Pantai Bolu-Bolu dapat dijangkau dengan menggunakan perahu dan membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok
Pantai Banyu Anjlok (c) Saatul Ihsan/Travelingyuk

Destinasi yang Travelingyuk kunjungi selanjutnya adalah Pantai Banyu Anjlok. Wisata satu ini menyajikan suasana dan pemandangan berbeda. Teman Traveler akan disuguhi keindahan air terjun dengan ketinggian mencapai 12 meter yang berada di sisi kanan dan langsung mengalir ke tepi pantai.

“Jadi pengunjung bisa mandi di segarnya air tawar dan hangatnya air laut” kata Pak Muchlis yang menjabat sebagai ketua Pokdarwis (kelompok sadar wisata) saat di wawancarai Travelingyuk beberapa waktu lalu. Airnya terasa sangat segar, namun tempat satu ini sangat cocok dikunjungi setelah musim penghujan. Karena jika di musim kemarau, aliran air tidak terlalu deras. Selain itu, di sisi kanan air terjun juga terdapat gua kecil.

Semua itu bisa dijangkau Teman Traveler dan harus bepergian dari Pantai Lenggoksono terlebih dahulu. Jika ingin berkunjung ke beberapa tempat tadi bisa menyewa perahu dengan kisaran harga Rp300 ribu untuk pulang pergi. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Next

ramadan
Via Instagram/sototembong_pelem

Soto Pak Tembong di Jogja, Hadirkan Kelezatan Sejak Tahun 1965

Kontes Foto Teman Liburanmu FI

Sulap Hobi Narsismu Jadi Liburan Gratis di Bali, Begini Caranya