in ,

Pantai Tangga Seribu, Jejak BJ Habibie di Batam

Tak Hanya Daerah Industri, Batam Juga Punya Destinasi Wisata

Batam yang dikenal sebagai kawasan industri, tenyata juga memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Karena ukuran pulaunya yang tak terlalu besar, menemukan pantai di Batam bukanlah hal yang sulit. Salah satunya adalah Pantai Tangga Seribu, pantai yang telah ditemukan mulai tahun 80-an dan mulai dikembangkan pada tahun 2004.

Baca juga : Andai di Indonesia Turun Salju, 5 Tempat Ini Bakalan Keren

1. Dikenal dengan Nama Taman Wisata Habibie, Tangga Seribu

Sunset di Pantai Tangga Seribu via instagram/jelajahbatam

Tak jauh dari lokasi pantai, terdapat sebuah rumah dengan bangunan yang hampir jadi. Rumah tersebut merupakan kediaman keluarga Mantan Presiden B.J. Habibie saat berada di Batam. Tak heran, pada era kepemimpinan Presiden Soeharto, B.J. Habibie diutus untuk mengembangkan dan menyusun langkah strategis untuk Batam.

2. Harus Menaklukan Deretan Tangga untuk Sampai ke Pantai

Tepi pantai yang terdiri dari batuan karang via instagram/alpi_nasution99

Sebelum dapat menyentuh deburan ombak, kamu harus melewati sederet anak tangga yang menuju ke pantai. Meskipun menggunakan nama tangga seribu, jumlah anak tangga yang ada di tempat ini tak sebanyak itu. Memang terdapat banyak anak tangga yang harus dilewati, namun penggunaan namanya hanya sebagai kiasan. Tangga inilah yang menjadi akses untuk keluar dan masuk pantai.

3. Berfoto di Rumah Pohon

Pemandangan dari rumah pohon via instagram/pesonasegantang_lada

Bukan hanya menikmati pantai, di sini kamu juga dapat berswafoto dengan pemandangan yang memukau. Terdapat sebuah rumah pohon yang menjadi favorit pengunjung untuk menjadi spot swafoto. Hanya perlu mengeluarkan Rp.2.000, kamu sudah dapat masuk ke dalam rumah pohon. Terdapat 12 pondok yang dapat digunakan untuk berfoto-foto ataupun hanya bersantai.

4. Menyebrang ke Pulau Putra

Ombak pantai yang tenang membuat suasana damai via instagram/adindapthalita

Dari tepi pantai kamu dapat melihat gedung pencakar langit di Singapura dan sebuah pulau kecil di tengah laut. Pulau Putra namanya, untuk dapat sampai ke sana kamu dapat menggunakan boat dengan tarif Rp10 ribu rupiah. Di pulau ini kamu dapat menemukan wisata mangrove serta kediaman B.J Habibie yang lain.

B.J. Habibie yang dipercaya oleh Mantan Presiden Soeharto, membuat Batam tidak lepas dari peranan Presiden ke-3 Indonesia tersebut. Tak heran jika di Batam kamu dapat menemukan beberapa kediaman milik keluarga Mantan Presiden B.J. Habibie. Ada yang sudah pernah kamu kunjungi? Next

ramadan
Sarapan di Solo

5 Menu Enak untuk Sarapan di Solo, Bekal Istimewa Keliling Kota

Kreasi Indomie

10 Kreasi Indomie yang Hits Banget di Tanah Air, Mana Favoritmu?