in ,

5 Menu Enak untuk Sarapan di Solo, Bekal Istimewa Keliling Kota

Menu Sarapan di Solo

Sarapan di Solo
Sarapan di Solo

Keindahan Indonesia tidak hanya berasal dari alamnya. Adat istiadat serta budaya suatu daerah juga memiliki pesona tersendiri. Salah satu kota yang memiliki keunggulan ini adalah Solo, kampung halaman Presiden Joko Widodo. Sebelum jelajah budaya dan keliling kota, jangan lupa untuk mengisi energi dengan mencoba menu sarapan di Solo berikut ini. Rasanya tidak bakal mengecewakan.

Baca juga : Aksi Lincah Manusia Laba-Laba dalam Pertunjukan Kesenian Lais Dari Garut

1. Warung Pecel Bu Kis

Warung Pecel Bu Kis Solo
Warung Pecel Bu Kis Solo via instagram/@wimbohryoa

Pernah dengar nama kedai makan ini? Yap, letaknya di Jalan Gleges, Priyobadan, tepat di belakang Pengadilan Negeri Solo. Sesuai dengan namanya, warung ini menyediakan menu pecel dengan aneka lauk menggiurkan. Ada babat, empat, telor, ayam serta jeroan. Tak hanya itu, keunggulannya tempat makan ini berasal dari sambalnya yang pedas gurihnya pas banget. Ada juga sambal tumpang yang tak menggoda. Penasaran dengan rasanya, warung ini sudah buka dari jam 7 pagi.

Warung Pecel Bu Kis
Warung Pecel Bu Kis via instagram/@kyirfano

2. Tahok Pak Citro

Tahok Pak Citro Solo
Tahok Pak Citro Solo via instagram/@mr_purwanto

Tak ingin menyantap menu terlalu berat di pagi hari? Ada menu lain untuk sarapan di Solo yang pastinya memanjakan lidah dan perutmu. Ya, Tahok Pak Citro yang terletak di Pasar Gede Solo. Kuliner merakyat ini yang teruat dari lumatan kedelai. Teksturnya lembut dan pas banget dengan kuah jahenya. Kedai Pak Citro ini termasuk legendaris di Solo. Cita rasanya pun masih dipertahankan seperti pertama kali berjualan.

Tahok Pak Citro
Tahok Pak Citro via instagram/@kuliner_asiksolo

3. Soto Seger Mbok Giyem

Soto Seger Mbok Giyem Solo
Soto Seger Mbok Giyem Solo via instagram/@jogjabikinlaper

Sudah kenal dengan soto fenomenal ini kan? Asalnya memang dari Boyolali, tapi di Solo juga terdapat cabangnya. Cita rasa dari soto ini tak jauh beda dengan porsi mengenyangkan. Isiannya juga lengkap mulai daritauge, seledri, serta potongan daging dengan tekstur empuk. Nah, kamu yang ingin sarapan dengan menu berkuah bisa mampir ke kedai Soto Seger Mbok Giyem. Letaknya di Jalan Kapten Piere Tendean, Nusukan yang buka dari jam 7 pagi.

Soto Seger Mbok Giyem
Soto Seger Mbok Giyem via instagram/@wspramono

4. Soto Triwindu

Soto Triwindu Solo
Soto Triwindu Solo via instagram/@hobimakanenak

Soto Seger Mbok Giyem bukanlah satu-satunya kuliner yang bisa kamu coba saat pagi hari. Kamu bisa mencoba Soto Triwindu untuk sarapan di Solo, rasanya tak kalah nendang. Seporsinya terdiri dari tauge dan irisan daging sapi yang disiram kuah soto yang bening. Kemudian seporsi soto legendaris ini ditaburi dengan irisan daun seledri dan bawang goreng. Jangan kaget, untuk mendapatkan menu istimewa ini kamu harus antre lama. Pasalnya, pelanggan Soto Triwindu cukup banyak.

Soto Triwindu
Soto Triwindu via instagram/@jajansolo

5. Timlo Sastro

Timlo Sastro Solo
Timlo Sastro Solo via instagram/@followkuliner

Liburan ke Solo terasa kurang jika belum mencoba Timlo Sastro. Yap, salah satu kuliner legendaris yang berada di Jalan Kapten Mulyadi No.8, Sudiroprajan, Jebres. Timlon sendiri merupakan kuliner khas Solo yang bentuknya menyerupai kombinasi sup dan soto. Seporsinya terdiri dari kembang tahu, telur dan daging yang disiram dengan kuah kaldu berwarna cokelat. Di atasnya ditambah taburan bawang goreng yang membuat rasanya makin istimewa.

Timlo Sastro
Timlo Sastro via instagram/@solo.foodie

Sudah siap untuk keliling kota bukan? Pastikan sudah menyantap sarapan di Solo ini. Selain berenergi, ada cerita menarik yang dapat kamu ambil saat menikmati sajian istimewa di keempat tempat tersebut. Next

ramadan

Berwisata Sekaligus Napak Tilas Sejarah Indonesia

Pantai Tangga Seribu, Jejak BJ Habibie di Batam