in , ,

Jalan-jalan ke Pasar Kerbau Bolu Toraja Terbesar di Dunia, Ada yang Harganya Setara Mobil!

Melihat Keseruan di Pasar Kerbau Bolu Toraja Utara

Pasar Kerbau Bolu Toraja Utara
Pasar Kerbau Bolu Toraja Utara (c) Vinchent Prata/Travelingyuk

Pasar buah, hewan peliharaan, atau kebutuhan sehari-hari tentu sudah biasa. Namun bagaimana jadinya jika ada satu pasar yang khusus menjual kerbau hidup. Pastinya sangat unik bukan? Nah, di Sulawesi Selatan ada Pasar Bolu yang diklaim sebagai pasar kerbau terbesar di dunia.

Baca juga : Wisata Alam Eksotis di Pekanbaru, Pas Bagi Pelepas Penat!

Saking uniknya, tempat ini juga populer di kalangan wisatawan. Seperti apa? Daripada penasaran, yuk simak ulasan berikut.

Terbesar di Dunia

Keriuhan di Pasar Kerbau (c) Vinchent Prata/Travelingyuk

Seperti disebutkan sebelumnya, Pasar Bolu diklaim sebagai pasar kerbau terbesar dunia. Beragam jenis kerbau diperjual belikan di sini. Jumlah hewan bertanduk tersebut bisa mencapai 500 hingga seribu ekor. Luar biasa bukan? Teman Traveler bisa mengunjungi pasar unik ini di Kabupaten Toraja Utara.

Tempat Khusus untuk Memasarkan Kerbau

Deretan kerbau tengah ‘dipajang’ (c) Vinchent Prata/Travelingyuk

Pasar Bolu memiliki bangunan khusus yang digunakan para pemilik kerbau untuk memasarkan ‘dagangan’ mereka. Jenis kerbau yang ditawarkan pun beragam, mulai dari kerbau hitam hingga putih, kecil hingga ekstra besar, mura hingga sangat mahal. Beragam keunikan tersebut menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi wisatawan mancanegara.

Uniknya Kerbau Balian

Kerbau Balian (c) Vinchent Prata/Travelingyuk

Salah satu jenis kerbau unik yang bisa Teman Traveler saksikan di sini adalah Kerbau Balian. Ciri utamanya adalah tanduk panjang dan tubuh berukuran besar. Harganya cukup mahal, berkisar antara Rp70 juta hingga Rp150 juta.

Kerbau Balian biasanya berwarna keabu-abuan dan sudah dikebiri. Kerbau jenis ini sering dipotong saat upacara kematian tradisional Suku Toraja. Termasuk salah satu jenis paling laris dan pasti laku terjual di Pasar Bolu.

Kerbau Setara Harga Mobil

Kerbau Belang (c) Vinchent Prata/Travelingyuk

Jenis lain yang tak kalah unik adalah Kerbau Belang atau Kerbau Saleko. Sesuai namanya, badan kerbau ini berwarna putih dan dihiasi beberapa belang hitam. Tanduknya bercorak kuning keemasan dan matanya juga sedikit berbeda dibanding kerbau biasa.

Kerbau Belang biasanya diperlakukan istimewa di Pasar Bolu. Selain bentuknya unik, harganya juga sangat fantastis. Mulai dari Rp500 juta hingga Rp900 juta per ekor atau setara dengan harga mobil. Banyak wisatawan umumnya berkunjung ke pasar karena penasaran ingin melihat langsung kerbau jenis ini.

Wisata Unik dan Menarik

Keramaian di Pasar Kerbau (c) Vinchent Prata/Travelingyuk

Pasar Bolu sangat cocok dijadikan tempat tujuan wisata atau berburu foto, terutama bagi kalian yang tertarik dengan tema human interest atau fotografi hewan. Tak perlu sungkan, meski yang diperjual belikan adalah kerbau, kebersihan pasar ini sangat dijaga kok.

Tunggu apalagi Teman Traveler, segera kunjungi Kabupaten Toraja Utara dan saksikan langsung kerbau seharga ratusan juta rupiah. Next

ramadan
Spot Instagenic ala Video Epic Rap Battles of Presidency Prabowo vs Jokowi via Instagram @bayuindrakah

Inspirasi Spot Instagenic ala Video Epic Rap Battles of Presidency Prabowo vs Jokowi

Screenshot YouTube

Ini Aktivitas Traveling Ariel Noah yang Baru Nyanyikan Lagunya Dalam Bahasa Jepang