in ,

Paspor Hilang Saat Traveling? Tenang, Ikuti 5 Tips Anti Cemas Berikut Ini

Atasi drama liburan tanpa menambah masalah

Apa yang terjadi jika keseruan liburan kita terganti dengan drama dan emosi tak berujung? Paspor hilang saat traveling, misalnya. Bagi Teman Traveler yang sedang mengalami hal tersebut, jangan khawatir! Berikut Travelingyuk rangkum 5 tips anti cemas yang bisa membantu kalian.

Baca juga : Resort Tengah Hutan di Ciwidey, Bikin Mood Kembali Seger!

1. Jangan Panik, Coba Cari Lagi dengan Teliti

Ilustrasi kebingungan dengan barang hilang via Shutterstock

Hal paling pertama yang harus Teman Traveler lakukan adalah menenangkan diri. Bisa jadi, paspor yang hilang sebenarnya hanya terselip di antara baju-baju ataupun barang yang kalian bawa. Coba lakukan ritme pernapasan secara pelan dan teratur sambil membayangkan hal-hal positif, kemudian cari lagi dengan lebih teliti.

2. Pergi ke Kantor Polisi Setempat

Ilustrasi polisi via Shutterstock

Apabila paspor memang betul-betul hilang dan tak terdeteksi, Teman Traveler diwajibkan pergi ke kantor polisi setempat. Pihak berwajib biasanya akan memberikan formulir yang harus kalian isi dan lengkapi. Kalian pasti juga akan diminta menerangkan kronologi kejadian hilangnya paspor dengan jelas.

Nah, jika memungkinkan, mintalah kepada pihak kepolisian untuk membuatkan dua salinan asli dari surat keterangan kehilangan. Hal ini untuk mempermudah proses birokrasi ke depannya yang bisa jadi membutuhkan surat tersebut.

3. Lapor Kedutaan Tempat Kalian Traveling

Image may contain: 1 person, standing and outdoor
Kedubes Indonesia di Kairo via Instagram/_widikidiw_

Selesai menyelesaikan urusan dengan pihak kepolisian, selanjutnya Teman Traveler harus menghubungi pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk melaporkan paspor kalian yang hilang. Karena darurat, Teman Traveler bisa menghubungi pihak kedutaan lewat telepon selagi sedang berurusan dengan polisi. Hal ini untuk mempercepat proses pembuatan ‘paspor darurat’.

4. Siapkan Backup Paspor dan Data Pribadi

No photo description available.
Paspor Indonesia via Instagram/passpod.id

Banyak sekali anjuran untuk menyimpan backup paspor beserta data-data pribadi ke dalam bentuk fotokopi atau online drive. Hal ini sangat penting sebagai bukti bahwa Teman Traveler betul-betul seorang warga negara Indonesia (WNI). Dengan menyiapkan berkas-berkas tersebut, apabila terjadi hal darurat, kalian bisa segera mengurusnya dengan cepat dan pasti.

5. Ikuti Petunjuk untuk Dapatkan ‘Paspor Darurat’

No photo description available.
Surat Perjalanan Laksana Paspor via Instagram/rinanose16

Di kantor KBRI nanti, Teman Traveler akan diberikan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP). Fungsinya sebagai paspor sementara untuk menggantikan paspor kalian yang hilang. Nah, ada berkas penting yang harus diberikan kepada pihak kedutaan agar bisa mendapat ‘paspor darurat’ tersebut.

  • KTP
  • Akta kelahiran/Buku Nikah
  • Kartu Keluarga
  • Surat keterangan kehilangan dari kepolisian setempat
  • Salinan atau fotokopi paspor jika ada
  • Formulir permohonan SPLP yang telah diisi lengkap dan ditandatangani
  • Pasfoto ukuran paspor dengan latar belakang berwarna terang
  • Membayar biaya pembuatan SPLP

Biaya pembuatannya sendiri rata-rata sebesar Rp55.000. Prosesnya sendiri bisa memakan waktu 1 hari. Namun kadang bisa berhari-hari, apalagi jika kalian tidak dapat menunjukkan kartu identitas dan status kewarganegaraan.

Itulah tadi deretan tips yang harus Teman Traveler lakukan ketika paspor hilang saat traveling. Memang ribet, maka dari itu jaga selalu dokumen penting serta barang bawaan kalian biar liburan bahagia bebas drama. Next

ramadan
Coban Kali Lanang

Coban Kali Lanang, Manjakan Diri dalam Pesona Alam Batu

Kopi Kenangan

Kopi Kenangan Surabaya, Elegan Nikmat Tanpa Kuras Kantong