in , ,

Patung Budha Tidur, Sebuah Destinasi Wisata yang Dikagumi Berbagai Umat

Ada banyak hal yang bisa kalian lakukan di sini

Kalau kalian jalan-jalan ke Mojokerto, biasanya destinasi wisata utamanya adalah situs purbakala berupa candi atau museum. Tapi ada tempat wisata lain yang tak kalah menarik dari itu. Namanya adalah Patung Budha Tidur. Untuk lebih jelasnya, bisa simak ulasan di bawah ini.  

Baca juga : SM Entertainment di Jakarta Resmi Dibuka, Pecinta K-Pop Wajib Berkunjung Segera!

1. Lokasi Patung Budha Tidur

patung budha tidur
Bagian depan tempat wisata (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Destinasi wisata ini berlokasi di komplek Maha Vihara Majapahit, tepatnya di Jl. Raya Trowulan, Siti Inggil, Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Lokasinya sangat strategis di daerah Trowulan yang terkenal menjadi sentra situs peninggalan Kerajaan Majapahit.

patung budha tidur
Loket pembayaran (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Setelah masuk ke dalam gerbang, kalian harus membeli tiket di loket pembayaran. Di sini pengunjung cukup membeli tiket masuk seharga Rp4.000 per orang. Sedangkan untuk anak-anak hanya Rp.2.000. Harga ini tetap berlaku saat weekday, ya.

2. Menjadi Tempat Peribadatan Umat Budha

patung budha tidur
Halaman tempat wisata (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di dalam tempat wisata, pengunjung juga bisa melihat sebuah rumah peribadatan umat Budha. Walaupun kita tidak boleh masuk ke dalam area Vihara, tapi pengunjung bebas berjalan-jalan di seluruh area halaman komplek wisata ini. Selain itu, para wisatawan juga diperbolehkan untuk mengabadikan momen.

3. Mengagumi Keunikan Patung Budha Tidur

patung budha tidur
Patung tampak depan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berjalan semakin ke dalam area komplek Maha Vihara Majapahit ini, kalian akan mendapati sebuah Patung Budha Tidur yang sangat megah. Ukurannya sangat besar dengan warna emas yang tentu membuat pengunjung terkagum-kagum.

lrm_export_20190804_184218_5SZ.jpg
Patung tampak samping (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Pengunjung yang datang ke destinasi wisata ini pun dari berbagai pemeluk agama. Kebanyakan pengunjung datang hanya untuk mengagumi karya seni yang dibuat oleh YM. Viryanadi Maha Tera, pengrajin patung asal Trowulan.

Untuk patung Budha sendiri memang ada 2 di Indonesia, satunya lagi ada di Bogor. Tapi Budha Tidur yang kita lihat di Mojokerto ini adalah patung Budha terbesar di Indonesia, bahkan terbesar ke-3 di dunia setelah yang ada di Thailand dan Myanmar.

4. Ada Bunga Teratai Tumbuh di Kolam

lrm_export_20190804_184325_1OL.jpg
Bunga Teratai (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Di sekitar patung terdapat kolam yang sangat cantik, karena ditumbuhi oleh teratai. Selain itu, kolam ini juga berisi beberapa ikan mas. Kolam ini merupakan penggambaran laut, di mana abu Sang Budha Gautama dilarung.

5. Ada Kantin Dan Tempat Istirahat

lrm_export_20190804_184307_PVJ.jpg
Kantin di tempat wisata (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jangan khawatir kelaparan atau kehausan di tempat wisata ini. Alasannya karena di sini tersedia kantin dengan banyak menu makanan dan minuman yang bisa dipilih. Di kantin, kalian juga bisa beristirahat sembari menunggu giliran foto di depan patung Budha.

6. Tersedia Oleh-oleh Khas Wisata Budha Tidur

lrm_export_20190804_184350_BEb.jpg
Ragam oleh-oleh (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tempat wisata satu ini juga menyediakan oleh-oleh, berupa patung Budha dalam berbagai ukuran yang terbuat dari kuningan dan juga alumunium. Selain itu ada juga beberapa perlengkapan ibadah seperti tasbih, tempat lilin atau dupa, dan juga kerajinan yang lainnya.

Itu dia tempat wisata Patung Budha Tidur yang ada di Mojokerto. Kalian tak boleh melewatkannya kalau sedang berlibur di kota seribu candi satu ini. Jadi, kapan kalian mau mampir ke sini? Next

ramadan
Taman Korea Surabaya (c) Rudiyanto Travelingyuk

Taman Korea Surabaya, Wujud Persahabatan Indonesia dengan Negeri Ginseng

Destinasi Krabi via Pixabay

5 Destinasi Wisata Krabi, Kota Eksotis di Thailand Selatan