in ,

5 Destinasi di Lombok yang Dilewati Pawai Obor Asian Games 2018

Pawai Obor Asian Games di Lombok

Lombok menjadi salah satu kota yang dilewati oleh rombongan sakral pawai obor Asian Games 2018. Sebagai momen yang sangat tepat untuk memperkenalkan wisata Indonesia di mata dunia, berbagai macam destinasi wisata diselipkan dalam rute kirab tersebut. Karena alasan itu juga, berbagai macam destinasi wisata di Lombok juga berada dalam rute yang akan dilewati oleh rombongan pembawa obor. Beberapa tempat ini adalah contohnya.

Baca juga : Ini Tempat Wisata di Kabupaten Belu NTT, Asal Joni Gala Si Pemanjat Tiang Bendera

Pantai Kuta Mandalika

Pantai Mandalika via shutterstock.com

Pantai ini merupakan salah satu pantai favorit di wilayah Kabupaten Lombok Tengah. Karena program visit Lombok dan Sumbawa yang digalakan pada tahun 2012 lalu, tempat ini menjadi merubah namanya menjadi Mandalika. Pantai ini memiliki ombak yang tenang dengan hamparan pasir putih yang terjaga kebersihannya.

Masjid Islamic Centre

Islamic Centre via shutterstock.com

Berada di Kota Mataram, Masjid Hubbul Wathon Islamic Center merupakan tempat ibadah dengan bangunan yang indah sekaligus megah. Terdapat empat menara dengan ketinggian 99 meter yang membuat bangunan masjid ini megah. Desain bangunan yang unik ini membuat Masjid Islamic Centre menjadi  tujuan bagi wisatawan yang akan beribadah. Hal ini juga berkaitan dengan konsep wisata halal yang akan ditetapkan di Lombok.

Pura Meru

Pura Meru via shutterstock.com

Di Kota Mataram teman traveler dapat berkunjung ke Pura Meru. Salah satu pura Hindu terbesar di Pulau Lombok. Pura Meru merupakan saksi sejarah bahwa agama Hindu pernah masuk ke Pulau Lombok. Pura ini juga dibangun oleh Anak Agung Ngurah Karangasem pada tahun 1720 . Keunikan dari pura ini terletak pada atapnya yang bertingkat. Salah satu pura bahkan memiliki 11 tingkat yang melambangkan Pura Shiwa.

Taman Air Mayura

Taman Air Mayura via shutterstock.com

Taman Mayura dibangun oleh Penguasa Pulau Lombok yaitu A.A. Anglurah Made Karangasem pada tahun 1744 dengan nama Taman Kelepug. Memiliki luas areal sekitar 2 hektar, Taman Mayura tidak hanya menjadi situs peninggalan sejarah dan budaya. Namun kini juga memiliki fungsi sebagai tempat kegiatan ritual keagamaan. Memasuki Taman Mayura, pengunjung akan disuguhi pemandangan asri laiknya sebuah taman dengan sebuah kolam besar berada di tengah.

Pura Lingsar

Gapura Pura Lingsar via instagram/korinatour.id

Raja Ketut Karangasem dari Bali membangun Taman Lingsar pada tahun 1759. Tak lama setelah runtuhnya kekuasaan Kerajaan Mataram. Pembangunan Taman Lingsar ini bertujuan untuk menyatukan, masyarakat Sasak Lombok yang menganut Islam dengan wetu telu dan warga Bali yang beragama Hindu. Hingga saat ini, kamu masih dapat menemukan dua umat berbeda keyakinan yang hidup berdampingan di Taman Lingsar. 

Lombok memiliki berbagai macam jenis pantai yang dapat dengan mudah ditemukan. Sehingga melakukan beach hopping menjadi kegiatan yang sangat mungkin dilakukan. Dengan adanya Asian Games, menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan potensi tersebut kepada dunia internasional. Dari sekian lokasi di atas, mana yang pernah kamu kunjungi? Next

ramadan
Roti Ganda Khas Siantar

Roti Ganda, Kuliner Jumbo di Siantar yang Berusia Puluhan Tahun

Kalau Kamu Suka Baca Buku, Kota ini Harus Coba Kamu Datangi