in ,

Roti Ganda, Kuliner Jumbo di Siantar yang Berusia Puluhan Tahun

Roti Ganda di Siantar

Roti Ganda Khas Siantar
Roti Ganda Khas Siantar

Liburan ke Medan memang menyenangkan. Apalagi jika sekalian jelajah ke kota-kota sekitarnya, seperti Pemantang Siantar. Selain memiliki keindahan alam yang menakjubkan, tetangga kota Medan ini juga punya kuliner enak dan khas banget. Salah satunya adalah roti ganda di Siantar yang sudah dikenal berpuluh-puluh tahun. Seperti apa bentuk dari camilan di Siantar ini? Intip yuk!

Baca juga : Mengenal Arti Warna Paspor yang Hanya Ada Empat di Dunia

1. Roti Tawar Ukuran Jumbo

Roti Tawar Isi Meses
Roti Tawar Isi Meses via instagram/@sunjayaharyanta

Roti ganda merupakan kuliner khas Siantar yang berupa roti tawar berukuran besar. Sebelum disajikan, biasanya camilan ini dibelah menjadi dua secara vertikal. Kemudian kedua sisinya diolesi selai srikaya atau taburan cokelat meses. Sementara teksturnya empuk dan lembut banget ketika masuk ke dalam mulut. Tak kalah enak dengan roti-roti kekinian yang tengah hits di tanah air.

Roti Tawar Isi Srikaya
Roti Tawar Isi Srikaya via instagram/@eatandshare.id

2. Terkenal Sejak Tahun 70-an

roti ganda ukuran kecil
roti ganda ukuran kecil via instagram/@nickyputrihtb

Nama Roti Ganda sudah tak asing lagi bagi orang Sumatera. Sajian spesial ini sudah ada sejak tahu 1979. Selama itu, cita rasa rotinya tak berubah. Perpaduan rasa gurih dari selai serta manis dari selai terasa nendang di lidah. Selain ukuran jumbo, di toko ini juga menyediakan roti dengan ukuran kecil. Menariknya, kini kamu tak hanya memesan roti, tapi juga membeli selai dalam kemasan botol. Bisa sekalian jadi oleh-oleh untuk orang tersayang di rumah kan?

Selain ganda yang jadi oleh-oleh
Selai ganda yang jadi oleh-oleh via instagram/@chacahaloho

3. Bahan Pilihan yang Mutunya Terjaga

potongan roti ganda yang nendang
potongan roti ganda yang nendang via instagram/@congokkali_medan

Lebih dari tiga dasawarsa melayani pelanggan, kedai Roti Ganda masih mempertahan kualitasnya. Pilihan bahan untuk membuat roti juga diperhatikan dengan baik. Semua bahan harus dalam kondisi baik. Proses memasaknya juga harus higienis. Konon, roti disini bebas pengawet. Sehingga aman dikonsumsinya hanya bertahan selama dua hari. Untuk harganya sendiri juga sangat terjangkau. Hingga artikel ini ditulis, roti ukuran besar dibanderol dengan harga Rp17.000. Sedangkan untuk ukuran kecil hanya Rp5.000.

Roti ganda mini
Roti ganda mini via instagram/@kevin.leonard.28

Bagaimana, sudah siap untuk mencoba roti ganda khas Siantar ini kan? Yuk, segera atur jadwal untuk liburan ke Pematang Siantar. Next

ramadan

10 Pulau Terbaik di Dunia, Tiga Pulau di Indonesia Kalahkan Maladewa

5 Destinasi di Lombok yang Dilewati Pawai Obor Asian Games 2018