in

Bikin Perut Kenyang dengan Incip Nasi Pecel Paling Enak Ini

NASI PECEL NGANJUK via instagram]

Pecel memang makan yang lumrah ditemui di berbagai kabupaten kota di Jawa Timur. Masing-masing wilayah memiliki ciri khasnya masing-masing. Ada yang bumbunya menggunakan bahan tertentu, ada yang cara penyajiannya unik, misalnya dengan menggunakan daun jati dan lain sebagainya. Meski banyak pernak-pernik dan jenisnya, pecel adalah makanan super lezat yang selalu mampu untuk menggugah selera.

Baca juga : Kuliner Segar Buat yang Kalah Nyaleg, Dinginkan Kepala Pakai Es Tradisional Nusantara

Kamu yang datang ke Jawa Timur wajib mencari tahu di mana saja sih daerah yang terkenal dengan pecelnya. Nah jika sudah, langsung saja  datangi untuk merasakan secara langsung mantapnya bumbu pecel yang diguyurkan pada aneka sayuran. Menyantapnya dengan berbagai lauk pelengkap seperti tempa adalah sebuah kenikmatan tersendiri. Biar kamu nggak bingung cari tahu, berikut ini sudah ada beberapa jenis kuliner pecel dari beberapa daerah.  Penasaran kan? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Nasi Pecel Daun Jati Ponorogo

Ponorogo adalah salah satau tempatnya pecel. Ada keunikan tersendiri terutama soal rasa dan cara penyajian. Jika kebanyakan pecel di daerah lain dibungkus dengan kertas minyak atau daun pisang, pecel di Ponorogo dibungkus dengan daun Jati. Soal rasa jangan ditanya, mantap punya.  Ada beberapa warung pecel di Kota Reog, salah satu yang bisa kamu kunjungi untuk mentyantap kuliner pecel daun jati adalah sebuah  warung yang terletak di Dukuh Jetak, Desa Mangunsuman Kec.Siman Timur.

NASI PECEL DAUN JATI PONOROGO via instagram]
NASI PECEL DAUN JATI PONOROGO via instagram]

Warung yang jadi usaha Ibu Sulastri tersebut hanya buka setiap pagi saja, untuk melayani para konsumen yang sedang mencari sarapan. Selain itu masih ada beberapa tempat makan lain yang juga menyediakan menu pecel.

2. Pecel Pincuk Madiun

Bergeser ke daerah lain di Jawa Timur, yaitu Madiun. Nggak kalah dari  Ponorogo, madiun juga punya sajian pecel yang super khas. Sekilas tampilannya memang sama seperti pecel pada umunya, namun saat merasakannya, baru kamu akan tahu betul apa keunggulan kuliner Madiun ini jika dibanding menu lainnya. Bumbu pecel dibuat dengan racikan yang khas, bahan sayurannya juga lebih lengkap.

NASI PECEL PINCUK MADIUN [via instagram]
NASI PECEL PINCUK MADIUN [via instagram]

Selain itu yang membedakan adalah tambahan jeruk purut pada bumbu kacangnya. Hal itu dilakukan untuk memunculkan aroma khas dan rasa yang sedap. Setelah dihaluskan dan diolah, bumbu pecel juga tidak terlalu encer, namun tetap memberikan cita rasa yang khas dengan manis dan gurih. Kuliner Madiun murah ini harganya sekitar Rp. 10 ribu saja. Petokannnya tergantung lauk yang kamu pilih.

3. Nasi Pecel Banyuwangi

kamu mungkin hanya akan menemui makanan ini di Banyuwangi. Ada keunikan tersendiri yang membuatnya sangat khas. Ya, pecel banywangi adalah perpaduan anatara dua jenis makanan yang dijadikan satu yaitu rawon dan pecel. Lalu bagaiamana dengan rasanya? Mengingat yang satu berbahan sayuran dan yang lain berkuah dan berbahan daging.

NASI PECEL BANYUWANGI [via instagram]
NASI PECEL BANYUWANGI [via instagram]

Membayangkan nggak akan membuat kamu menemukan jawabannya, maka langsung saja berkunjung ke banyuwangi untuk merasakan menu pecelnya yang lebih otentik. Salah satu warung yang menyediakan menu tersebut adalah Rumah Makan Pecel Ayu di Jalan Laksa Adi Sucipto No. 60 banyuwangi.

4. Nasi Pecel Nganjuk

Nganjuk berdekatan dengan Madiun, dua daerah tersebut ternyata sama-sama memiliki menu khas berupa pecel. Tentu saja ada perbedaan di antara keduanya. Setelah mengetahui sedikit tentang pecel Madiun, lalu bagaimana dengan pecel Nganjuk? Kamu akan menemukan nasi yang dengan aneka sayuran kemudian diguyur dengan bumbu kacang lengkap dengan pelengkap seperti tempe dan telur.

NASI PECEL NGANJUK via instagram]
NASI PECEL NGANJUK via instagram]

Pecel nganjuk memiliki ciri khas, yaitu adanya sayuran berupa kembang turi yang dijadikan salah satu bahannya. Untuk penyajiannya sendiri sama dengan pecel dari daerah lain, umumnya dibungkus atau dipincuk dengan daun pisang.

5. Pecel Tumpang Kediri

Pecel Tumpang ada di sebuah warung yang terletak di Pinggir Jalan Dhoho, Kediri. Kamu yang lama tinggal di Kediri pasti nggak asing dengan kuliner tersebut. Namanya memang sudah tersohor. Yang membuat makanan ini terkenal dan jadi buruan wajib kalau datang ke Kediri adalah adanya sambel tumpang yang dibuat dari tempe setengah matang.

NASI PECEL TUMPANG KEDIRI [via instagram]
NASI PECEL TUMPANG KEDIRI [via instagram]

Kamu harus tahu jika warung pecel di Jalan Dhoho hanya buka saat malam hari saja, jadi buat kamu yang laper saat malam hari, ngak perlu khawatir mau cari makan di mana. Datang saja langsung ke Jalan Dhoho dan nikmati Pecel Kediri yang khas sekali.

Itulah beberapa sajian pecel di Jawa Timur, Apakah di tempat tinggalmu juga ada Pecel? Jika iya, yuk bagikan informasinya di kolom komentar di bawah ini. Next

ramadan

Nikmati Glamping Keren di Bandung, Camping Seru Anti Ribet

Ini lho Bakso Terenak di Malang yang Bikin Lidah Senang