in ,

Pendakian Gunung di Jawa Ditutup? Destinasi Ini Bisa Jadi Alternatif yang Nggak Kalah Seru!

Pendakian Gunung di Jawa Ditutup, Ini Alternatif Wisatanya!

Beberapa jalur pendakian gunung di Jawa ditutup pada awal 2019. Sebagian besar alasannya adalah faktor cuaca serta untuk pemulihan ekosistem. Jika sudah terlanjur berencana untuk pergi mendaki, jangan bersedih! Beberapa destinasi berikut ini bisa menjadi alternatif yang nggak kalah seru!

Baca juga : Desa Kasongan, Sentra Gerabah Berusia 80 Tahun di Jogja

1. Gunung Prau, Alternatif Padang Savana Pangonan

Savana Gunung Pangonan via Instagram/sathourdays

Jalur pendakian Gunung Prau ditutup mulai 06 Januari 2019 hingga 05 April 2019. Penutupan dilakukan atas dasar pemulihan jalur, pembersihan sampah, reboisasi, pendataan serta evaluasi ekosistem.

Padang Savananya Takkalah Menakjubkan via Instagram/a.rafi_h

Namun, tidak usah bersedih karena padang savana di Gunung Pangonan Dieng bisa menjadi alternatif menyenangkan! Siapa pun yang membutuhkan udara segar dari rumput-rumput yang hijau tidak akan kecewa saat berkunjung ke sini.

Dijamin Nggak Akan Kecewa via Instagram/ngapakbackpacker

Gunung Pangonan sendiri merupakan salah satu basecamp pendakian Prau. Letaknya tidak terlalu jauh dari area parkir kendaraan. Teman Traveler hanya perlu berjalan kaki sekitar 30 menit.

2. Gunung Semeru, Alternatif Gunung Butak atau Panderman

Mendaki Gunung Butak Juga Takkalah Seru via Instagram/cloudy_akbar

Pendakian gunung di Jawa ditutup yang selanjutnya, berlaku untuk pendakian Gunung Semeru. Penutupan Gunung Semeru dilakukan sejak 03 Januari 2019 lalu. Disebutkan bahwa hal ini merupakan agenda rutin setiap awal tahun karena cuaca yang buruk serta guna pemulihan ekosistem.

Negeri di Atas Awan Gunung Butak via Instagram/bdcxyz

Destinasi alternatif yang tidak kalah seru untuk dikunjungi sembari menunggu Semeru dibuka kembali antara lain Gunung Butak atau Gunung Panderman. Dua gunung tersebut berada di kawasan Malang. Ketinggiannya mencapai 2868 mdpl. Cukup lumayan untuk mengobati rindu terhadap pendakian, kan?!

3. Gunung Gede Pangrango, Alternatif Tempat Wisata Alam Sekitar Cianjur

Kebun Teh Campaka Cianjur Selatan via Instagram/azriel7142

Berdasarkan surat edaran Nomor 1689/BBTNGGP/BIDTEK/Tek.P2/12/2018, jalur pendakian Gunung Gede Pangrango ditutup mulai 01 Januari hingga 31 Maret 2019. Tujuannya adalah untuk pemulihan ekosistem.

Bisa Menolak Pesona Curug Citambur? via Instagram/yogaadityapp

Tetapi, jika sudah terlanjur cuti dan berencana pergi, Teman Traveler bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata alam di sekitar Cianjur. Beberapa objek wisata alam di sekitar Cianjur yang dimaksud antara lain Curug Dadali, Curug Citambur, Kebun Teh Campaka dan Curug Cikancana.

Atau ke Taman Bunga Nusantara yang Hits via Instagram/nadiahseptiyani

Selain itu ada juga Wana Wisata Pokland, Danau Leuwi Soro, Candi Tridharma atau Taman Bunga Nusantara yang hits! Semuanya menyenangkan!

4. Gunung Slamet, Lembah Asri

Lembah Asri dengan Pemandangan Gunung yang Gagah via Instagram/santifebriyana02

Sebagai gunung yang dijuluki “Atap Jawa Tengah”, Gunung Slamet selalu ramai dikunjungi oleh para pendaki. Sayangnya, mulai 10 Januari 2019 lalu, Gunung Slamet ditutup untuk pendakian, terutama via Bambangan.

Lembah Asri yang Cantik via Instagram/lupitaariantika

Penutupan didasari oleh cuaca buruk yang terjadi di kawasan ini sekaligus guna memulihkan ekosistem di sepanjang jalur pendakian. Meski begitu, jangan khawatir, Teman Traveler tetap dapat menikmati keindahan Gunung Slamet dari Lembah Asri.

Lembah Asri yang Sejuk via Instagram/rizki.supriarto_wj

Objek wisata ini terletak di kaki Gunung Slamet. Fasilitasnya cukup lengkap, mulai dari perahu dayung, high rope, flying fox, berkuda, kebun strawberry dan ATV Bike. Harga tiketnya mulai dari Rp15 ribu – Rp50 ribu.

5. Gunung Sumbing, Alternatif Kledung Pass

Kledung Pass via Instagram/adiathama

Pendakian gunung di Jawa ditutup turut diberlakukan pada jalur pendakian Gunung Sumbing via Bowongso. Penutupan dilakukan mulai 10 Januari 2019 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Panorama Alam Kledung Pass via Instagram/susidarto

Salah satu wisata alternatif yang bisa dikunjungi saat tidak bisa mendaki Sumbing adalah Kledung Pass. Kawasan ini berada di antara lembah Sindoro-Sumbing. Panorama alam di sini, indah sekali.

Wisata Alternatif yang Memesona via Instagram/lilisnurrohman

Bukan itu saja, di Kledung Pass terdapat juga beberapa perkebunan, mulai dari perkebunan teh, tembakau, kopi, kelengkeng dan vanili. Semua berpadu sempurna dengan udara yang masih sangat sejuk. Tidak akan mengecewakan!

Informasi bahwa pendakian gunung di Jawa ditutup pasti mengecewakan bagi sebagian Teman Traveler, terutama yang memiliki rencana untuk mendaki. Tetapi, beberapa destinasi wisata alternatif di atas bisa dicoba untuk dikunjungi. Tidak percaya? Coba saja kunjungi dan rasakan sendiri. Agendakan ya! Next

ramadan

Tirta Gangga Royal Water Garden, an Instagenic Spot to Refresh on East Bali

Rafting at Elo, a Great Adventure near Borobudur