in ,

Bekas Pertambangan Kapur di Indonesia yang Kini Melejit dan Fotogenic

4 Destinasi Bukit Kapur di Indonesia

Indonesia memang kaya akan ragam wisata. Gunung, pantai, bukit, serta danau semuanya tersedia untuk dijelajahi. Bukit pun memiliki banyak karakter. Tak hanya dengan hamparan savana bagaikan permadani, namun juga perbukitan kapur yang tak kalah indah. Pemandagan eksotis ini bisa dengan mudah kamu temukan di negara kita. Seperti pada empat tempat ini.

Baca juga : Rest Area KM 97 Tol Cipularang, Sempatkan Isi Perut

1. Bukit Jaddih

Kolam air berwarna biru di Bukit jaddih [image source]
Nama Lengkapnya adalah Bukit Kapur Jaddih, namun orang lebih suka menyebutnya dengan Bukit Jaddih saja. Lokasi ini sebenarnya adalah bekas tempat penambangan kapur putih yang telah tak lagi aktif. Banyak yang mengatakan destinasi wisata di Bangkalan ini mirip dengan salah satu destinasi di dunia, Cappadocia di negara Turki.

Lansekap Bukit Jaddih [image source]

2. Bukit Aermata Arosbaya

Bukit Kapur Arosbaya [image source]
Masih berada di Bangkalan, Madura. Seiring dengan ketenarannya di media sosial, traveler yang datang kemari bukan tanpa sebab. Keindahan alam sekitar yang muncul dari eksploitasi batuan kapur ini justru memunculkan bentuk-bentuk indah dan unik pada bagian tebingnya. Berbeda dengan Bukit Jaddih, batuan kapur yang ada di tempat ini memiliki warna merah ke kuningan.

Memiliki bentuk-bentuk gua [image source]

3. Bukit Panjalin

Bukit kapur yang berwarna putih [image source]
Jika dua tempat yang telah disebutkan sebelumnya berada di Bangkalan, Bukit Panjalin berada di Sumenep, Madura. Warnanya yang putih cerah ini membuatnya mendapat julukan Bukit Kapur Batu Putih. Kontur permukaannya seperti pilar-pilar tinggi yang bertingkat. Untuk mencapai bagian paling atas, kamu harus menaiki berpuluh-puluh anak tangga. Tapi sesampainya di atas kamu tak akan kecewa dengan pemandangannya.

Tebing-tebing berbentuk pilar [image source]

4. Bukit Kapur Klapanunggal

Danau di tengah batuan kapur [image source]
Walaupun merupakan daerah perbukitan kapur, di sekitar tempat ini masih cukup terlihat hijau. Beberapa tanaman tumbuh subur di sekitarnya, bahkan terdapat sebuah danau yang dapat kamu lihat dari atas tebing. Terbing-tebing batu kapur berwarna merah ini terletak di Klapanunggal, Bogor. Bentuknya tergolong tak beraturan, namun terdapat satu lokasi dengan tebing yang memiliki bentuk menyerupai ibu jari.

Kondisi sekitar yang hijau [image source]
Walaupun statusnya merupakan bekas tampang yang telah tak lagi beroperasi, justru tempat ini membawa daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Terbukti dari banyaknya foto-foto yang berdar di media sosial. Dari empat tempat di atas mana yang telah kamu kunjungi? Next

ramadan
Sunset

Menginap di Sini, Kamu Bisa Tidur di Atas Permukaan Laut

Keren! Destinasi Wisata ini Punya Wahana Mirip Film Hollywood