in , , ,

Perjalanan Bebas Karantina di Singapura Mulai September 2021

fi perjalanan bebas karantina singapura

Negara tetangga yang menjadi tempat favorit wisata masyarakat Indonesia ini akan menerapkan perjalanan bebas karantina di Singapura, bagi wisatawan yang telah bervaksin Covid-19. Rencananya peraturan ini diberlakukan mulai September 2021 mendatang. Simak penjelasan berikut.

Baca juga : Sumpah, Museum Ini Mengoleksi Benda-Benda yang GAK PENTING ABIS

Travel Corridor

travel corridor
Ilustrasi via pexels Addie

Singapura berencana menerapkan perjalanan bebas karantina bagi wisatawan yang sudah divaksin covid-19 pada September 2021. Bersamaan pada bulan tersebut seluruh masyarakat Singapura diperkirakan 80 persen telah divaksin.

Dikutip dalam Kompas.com Menteri Keuangan Singapura Lawrence Wong mengatakan, negara ini akan meresmikan koridor perjalanan (Travel Corridor) dengan negara-negara yang sudah berhasil mengendalikan penyebaran covid-19. Bagi wisatawan yang telah divaksin akan dikecualikan dari kewajiban karantina atau diizinkan untuk isolasi mandiri di rumah.

Pelonggaran Awal Agustus

pelonggaran awal agustus
Ilustrasi via pexels Adhitya Andanu

Kemudian Singapura juga akan meninjau apakah akan melonggarkan pembatasan pada awal Agustus, ketika dua pertiga dari populasinya sepenuhnya akan diinokulasi. Pekan lalu negara tersebut memperketat pembatasan sosial termasuk menghentikan aktivitas makan di restoran dan melarang pertemuan lebih dari dua orang selama satu bulan, setelah meningkatnya kasus covid-19.

Masyarakat Singapura telah menerima vaksin Pfizer-BioNtech atau Moderna pada dosis kedua. Kemudian juga telah menginokulasi hampir 75 persen dan 5,6 juta populasi dengan setidaknya satu dosis vaksin.

Pencegahan Kematian dan Penyakit Dengan Vaksinasi

pencegahan kematian
Ilustrasi via pexels Timo Volz

Selanjutnya, jika negara lain lanjut bersiap untuk hidup dengan covid-19 sebagai penyakit endemik, Singapura akan lebih fokus mengatasi pencegahan terhadap kematian dan penyakit serius dengan vaksinasi. Singapura mungkin juga tidak menghapus semua langkah jarak sosialnya. Misalnya dengan menghapus aturan memakai masker untuk di luar ruangan, tetapi mengharuskan orang-orang untuk tetap memakainya di lingkungan tertutup dalam ruangan.

Kasus covid-19 di Singapura terakhir diupdate pada 25 Juli 2021, memiliki jumlah 1.537 kasus aktif dengan 12 kasus penyakit serius yang membutuhkan penanganan oksigen, dan dua pasien dalam kondisi kritis di unit perawatan intensif (ICU) dan tak satu pun dari kasus tersebut telah divaksin lengkap.

Demikian penjelasan adanya rencana perjalanan bebas karantina di Singapura. Jangan lupa untuk menjaga protokol kesehatan Teman Traveler. Next

ramadan
fi prabanlintang

Wana Wisata Prabanlintang Danasari di Tegal, Lokasi Hutan Pinus yang Menenangkan

Fi pantai di kab konawe

Pantai di Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara, Tempat Lahir Apriyani Peraih Emas Olimpiade Tokyo 2020