in , , , , , , ,

Tips Murah dan Hemat ke Pulau Wayag Raja Ampat melalui Maluku Utara

Murah dan Hemat ke Pulau Wayag dari Maluku Utara

DCIM/PANORAMA/304_1003/DJI
dji_0003_compress29_XTW.jpg
Gugusan Pulau dari Puncak Wayag 1 (c) Ai Doang/Travelingyuk

Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan banyak Teman Traveler baik lokal maupun mancanegara. Gugusan pulau dan karang yang eksotis, garis pantainya yang indah serta keindahan bawah lautnya membuat Kepulauan Raja Ampat bagaikan surga yang tersembunyi di tanah Papua. Kepulauan ini mempunyai banyak destinasi wisata mulai dari utara hingga selatan, salah satunya adalah Pulau Wayag. Penasaran seperti apa? Yuk baca ulasannya.

Baca juga : Mengunjungi Kediaman Hiu Paus di 5 Tempat Terkeren di Dunia

Destinasi Favorit

dji_0021_compress85_Zpn.jpg
Gugusan Pulau dari Puncak Wayag 2 (c) Ai Doang/Travelingyuk

Keindahan gugusan pulau – pulau karang yang eksotis, air laut sebening kaca dan keindahan bawah lautnya,  menjadikan  Pulau Wayag sebagai salah satu destinasi wisata favorit bagi Teman Traveler yang berkunjung ke Kepulauan Raja Ampat.

Shark Point

inshot_20190820_190653333_compress35_1qU.jpg
Shark Point Pula Wayag (c) Ai Doang/Travelingyuk

Selain itu, pesona wisata yang menarik di Pulau Wayag adalah Shark Point. Dimana Teman Traveler yang berkunjung dapat berfoto bersama gerombolan Ikan Hiu maupun ikan-ikan lainnya yang begitu jinak.

Pulau Terluar Raja Ampat

inshot_20190819_191747142_compress65_MJV.jpg
Air Laut Sebening Kaca di Pulau Wayag (c) Ai Doang/Travelingyuk

Pulau Wayag merupakan salah satu pulau terluar disebelah utara Kepulauan Raja Ampat yang berbatasan langsung dengan Maluku Utara. Letaknya yang begitu jauh dan mahalnya biaya akomodasi untuk berkunjung ke pulau ini masih menjadi kendala utama.

Namun letaknya yang jauh dan mahalnya akomodasi ke pulau ini bukan tanpa celah, Teman Traveler dapat menghemat waktu perjalanan dan menekan biaya perjalanan. Celah yang dimaksud adalah letak Pulau Wayag itu sendiri, yaitu berbatasan dengan perairan Maluku Utara. Jadi Teman Traveler bisa berangkat dari Maluku Utara yang tentu saja mudah dan murah. Berikut perbandingannya!

Perjalanan dari Kota Sorong Papua

Sorong Papua via Shutterstock

Untuk menuju ke Pulau Wayag biasanya Teman Traveler harus terlebih dahulu menuju ke Kota Sorong, Papua Barat. Selanjutnya, melanjutkan perjalanan ke pelabuhan rakyat untuk menuju ke Kota Waisai yang merupakan ibu kota dari Raja Ampat. Waktu tempuh sekitar 3 – 5 jam perjalanan dengan biaya  Rp70.000 – Rp120.000, tergantung jenis kapal reguler yang ditumpangi.

Selanjutnya untuk menuju Pulau Wayag dari Kota Waisai, Teman Traveler harus menyewa boat nelayan dengan waktu tempuh sekitar 6 – 8 jam perjalanan. Biaya sewa boat dari Kota Waisai ke Pulau Wayag, pergi dan pulang sekitar Rp7.000.000 sudah termasuk bbm.

Perjalanan dari Maluku Utara

ai__YUQ.jpg
Pesawat untuk Menuju Pulau Gebe atau Sebaliknya (c) Ai Doang/Travelingyuk

Untuk menuju Pulau Wayag via Maluku Utara, Teman Traveler terlebih dahulu menuju ke Kota Ternate, Maluku Utara. Selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju Pulau Gebe, Halmahera Tengah dengan menggunakan pesawat terbang Susi Air dengan lama perjalanan sekitar 45 menit dengan tiket Rp409.500. Dari bandara udara Pulau Gebe, Teman Traveler menuju ke pelabuhan rakyat, kemudian menyewa boat nelayan untuk menuju ke Pulau Wayag.  

inshot_20190820_143108285_compress67_clv.jpg
Peta Jarak Pulau Gebe ke Pulau Wayag (c) Ai Doang/Travelingyuk

Lama perjalanan dari Pulau Gebe ke Pulau Wayag dengan boat nelayan sekitar 2 – 3 jam perjalanan dengan biaya sekitar Rp5.000.000 sudah termasuk bbm untuk pergi – pulang. Nah, perjalanan dari Maluku Utara lebih hemat waktu dan murah.

Jadwal Keberangkatan Pesawat

Buat Teman Traveler yang mau mencoba ke Pulau Wayag via Maluku Utara, berikut adalah jadwal pesawat Ternate ke Gebe dan sebaliknya. Jadwal pesawat Ternate – Gebe atau sebaliknya adalah tiap hari Senin, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu. Sedangkan untuk itinerary, Teman Traveler bisa menggunakan itinerary dibawah ini.  

aidoang_Osu.jpg
Itinerary Ternate, Morotai, Wayag (c) Ai Doang/Travelingyuk

Itinerary diatas bisa Teman Traveler gunakan untuk menuju ke Pulau Wayag, Raja Ampat dari Maluku Utara yang juga digunakan sebagai acuan, karena sangat disayangkan jika sudah sampai di Kota Ternate tapi tidak menikmati keindahan alamnya.

Itulah perjalanan menuju Pulau Wayag, Raja Ampat melalui dua tempat yang berbeda. Semoga dapat bermanfaat bagi Teman Traveler yang ingin berlibur ke Pulau Wayag. Selamat mencoba ya.   Next

ramadan

Retrorika Coffee Bar & Resto, Surga Pecinta Kopi di Kota Batu yang Tersembunyi!

Itinerary 5D4N Nagoya, Kunjungi Tempat Legenda hingga Tebing Laut Berhantu Jepang