in , , ,

Perlengkapan Hiking yang Wajib Dibawa Pendaki, Jangan Sampai Terlewatkan!

fi peralatan hiking

Merencanakan pendakian membutuhkan persiapan matang agar berjalan lancar sampai puncak tujuan. Berikut perlengkapan hiking yang wajib dibawa pendaki, harus diperhatikan dan jangan sampai ada yang terlewatkan. Yuk simak daftarnya.

Baca juga : Kuliner Khas Banjar Kalimantan Selatan, Ada Soto Banjar yang Segar dan Nikmat

1. Tas Gunung

tas gunung
Ilustrasi via pexels Ravindra rawat

Pertama adalah wajib membawa tas gunung, pilihlah tas yang berwarna cerah agar mudah terlihat saat di hutan. Selain itu pastikan tas tahan air dan dapat memuat banyak barang serta berbahan tebal.

2. Sepatu atau Sandal Gunung

sepatu gunung
Ilustrasi via pexels Pixabay

Kemudian saat mendaki tentu perlu memakai alas kaki yang cocok seperti sepatu atau sandal gunung. Sebab jalanan selama hiking tidak mulus banyak yang berbatu, licin dan berpasir, risiko terpeleset sangat besar untuk itu gunakan alas kaki khusus.

3. Tenda, Sleeping Bag dan Matras

tenda
Ilustrasi via pexels Pixabay

Berikutnya Teman Traveler juga harus membawa tenda sebagai perlindungan dari panas, angin dan hujan saat menginap di atas gunung. Selain itu penting membawa sleeping bag dan matras untuk tidur yang nyaman terhindar dari kedinginan.

4. Jaket Berbahan Parasut

jaket parasut
Ilustrasi via instagram surfakiller

Usahakan Teman Traveler memakai jaket berbahan parasut, jaket berbahan katun akan basah bila terkena embun, bisa menghambat pendakian karena berat. Jangan lupa juga membawa jas hujan, berjaga-jaga saat hujan turun tiba-tiba.

5. Peralatan Makan dan Minum

peralatan makan minum
Ilustrasi via pexels Taryn Elliott

Kemudian jika Teman Traveler ingin memasak di gunung bisa membawa peralatan masak, makan dan minum. Seperti piring, gelas, sendok, pisau kecil, kompor kecil, nesting dan bahan makanan instan. Sementara jika tidak ingin repot dan terlalu berat, cukup membawa perbekalan makanan serta minum yang cukup.

6. Obat-obatan dan Lainnya

obatobatan dan lainnya
Ilustrasi via instagram outdoor.ideals

Selanjutnya penting untuk membawa obat-obatan p3k dan obat untuk sakit yang bisa datang tiba-tiba ketika mendaki. Apalagi jika Teman Traveler memiliki riwayat penyakit tertentu sebaiknya obat dibawa. Lalu, peralatan lain seperti senter, korek api, tisu kering, tisu basah, masker cadangan, alat kebersihan hand sanitizer, baterai cadangan, dan kantong plastik jangan lupa untuk dibawa.

Demikian ulasan daftar perlengkapan hiking yang wajib dibawa pendaki, jangan terlewatkan Teman Traveler. Selalu terapkan protokol kesehatan. Next

ramadan

Glamping di Bukit Lintang Sewu, Yogyakarta

Villa Cemara Umbul Sidomukti, Cocok Untuk Liburan Keluarga Atau Honeymoon di Semarang