in , ,

Liburan di Persawahan Jatiluwih Bali, Situs Warisan Dunia nan Mengagumkan

Menjelajah Sudut Indah Persawahan Jatiluwih Bali

Kawasan Persawahan Jatiluwih
Kawasan Persawahan Jatiluwih (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tak sedikit tempat di Indonesia yang mendapat gelar Situs Warisan Dunia dari UNESCO. Salah satunya adalah kawasan persawahan Jatiluwih yang terletak di Kabupaten Tabanan, Bali. Sistem perairan tradisional subak membuat kawasan ini begitu unik.

Baca juga : Admiring Cukli from Lendang Re Village in Lombok

Persawahan hijau di Jatiluwih (c) Helga Christina/Travelingyuk

Luas kawasan persawahan Jatiluwih sendiri mencapai sekitar 600 hektar. Tak heran jika daerah ini menjadi salah satu pemasok beras terbesar di Bali. Yuk, simak pengalaman saya saat berkunjung ke sana Teman Traveler.

Pakai Motor Lebih Gesit

Persawahan dengan sistem subak (c) Helga Christina/Travelingyuk

Jatiluwih di Kabupaten Tabanan atau sebelah barat Bali. Bisa Teman Traveler capai dalam dua sampai tiga jam dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Sebaiknya kalian menggunakan sepeda motor. Selain lebih cepat, juga lebih leluasa karena masih banyak jalan sempit menuju sini.

Keunikan Persawahan Unik

Berfoto di gazebo dekat sawah (c) Helga Christina/Travelingyuk

Jatiluwih memang cukup unik jika dibandingkan area sawah lain di Bali. Bentuknya terlihat lebih indah dengan terasering. Apalagi sistem perairan Subak sudah diterapkan masyarakat Bali sejak Abad ke-9. Berkat keunikan ini, mantan presiden Amerika, Barack Obama pernah menyempatkan untuk berkunjung ke sini.

Keseruan di Kawasan Persawahan

Asyik untuk menanti sunrise (c) Helga Christina/Travelingyuk

Jatiluwih kerap jadi tempat favorit untuk melihat sunrise. Saya pun sengaja memulai perjalanan dari jam empat pagi agar tak melewatkan momen tersebut. Jika tak ingin berangkat di pagi buta, Teman Traveler bisa menginap. Di sekitaran ada banyak hotel dan homestay dengan suguhan panorama indah Jatiluwih.

Rasakan serunya menjelajah area sawah (c) Helga Christina/Travelingyuk

Trekking juga jadi aktivitas umum wisatawan di sini. Rasakan asyiknya melewati medan persawahan indah sembari melihat-lihat lingkungan sekitar. Namun hati-hati Teman Traveler karena medan di sekitar sini cukup sulit dan licin, apalagi saat musim hutan. Bisa-bisa kalian terperosok ke lumpur

Warga sekitar bekerja sebagai petani (c) Helga Christina/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa mengamati aktivitas petani bercocok tanam di sini. Jika penasaran, kalian juga bisa lho belajar langsung dari mereka. Selain itu ada juga paket tour yang menawarkan aktivitas bertani sebagai salah satu agenda kegiatan.

Jangan lewatkan juga kesempatan menjajal keliling Jatiluwih naik sepeda. Banyak paket tour yang bisa kalian pilih untuk mencoba aktivitas menarik ini. Jangan heran jika Teman Traveler melihat banyak rombongan sepeda melewati Jatiluwih tiap pagi.

Bagaimana Teman Traveler, cukup seru bukan? Jadi, kapan kalian berencana menghabiskan waktu liburan di sini? Next

ramadan

Written by Helga Christina

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Travel Hacks Ala Netizen IG via Instagram @runaway.s_

Travel Hacks Ala Netizen IG, Ada yang Konyol Sih Tapi Berguna

spot ayunan Instagenic di Jawa Tengah

Spot Ayunan Instagenic di Jawa Tengah, Siapkan Pose Terbaikmu!