in , ,

4 Persiapan Saat Mendaki Gunung Kembang, Apa Saja?

Bisa tebak apa saja?

Di Jawa Tengah, ada salah satu gunung yang menjadi bahan perbincangan. Adalah Gunung Kembang yang membuka jalur pendakian via Blembem, Kertek, Wonosobo. Menariknya, basecamp dari jalur ini memberikan beberapa aturan untuk para pendaki, supaya Gunung Kembang bisa terjaga kelestariannya dan bermanfaat bagi keselamatan saat mendaki. Bagi kalian yang ingin ke sini, berikut adalah persiapan untuk mendaki Gunung Kembang.

Baca juga : Gaya Babymoon Artis ke Bali, Inspirasi Para Bumil

1. Membawa Peralatan yang Safety

persiapan mendaki gunung kembang
Membawa peralatan mendaki yang lengkap via instagram/@ptrindryn

Apapun gunungnya, di manapun tempatnya, Teman Traveler harus menyiapkan peralatan yang safety. Ini juga menjadi salah satu peraturan saat akan mendaki ke Gunung Kembang, karena keselamatan tetap nomor satu.

2. Membawa Botol Minum Reusable

persiapan mendaki gunung kembang
Jerigen di basecamp via instagram/ @basecamp_prau_dieng

Demi menjaga kebersihan gunung, pihak basecamp Gunung Kembang menerapkan peraturan “dilarang membawa botol minum sekali pakai”. Peraturan ini diterapkan karena semakin banyak pendaki yang tidak bertanggungjawab, yakni membuang botol minum sembarangan dan ditinggal begitu saja di puncak gunung. Ditambah lagi, botol minum
yang terbuat dari plastik akan sulit didaur ulang oleh tanah, bahkan akan
membuat tanah tidak subur.

Jadi, untuk mengurangi hal-hal buruk tersebut, Teman Traveler harus menyiapkan botol minum yang reusable. Bisa juga menggunakan jerigen untuk membawa air dalam jumlah banyak.

3. Membawa Trash Bag

persiapan mendaki gunung kembang
Membawa pulang sampah (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Biasanya pihak basecamp akan memberikan trash bag saat Teman Traveler melakukan registrasi. Namun akan lebih baik lagi jika Teman Traveler menyiapkan trash bag sendiri untuk mengantisipasi berbagai macam hal yang terjadi.

Trash bag ini sangat penting untuk pendakian, karena semua sampah yang pendaki buang harus dibawa kembali sampai basecamp. Jika tidak, maka akan dikenai denda karena telah mencemari gunung.

4. Meminimalisir Sampah

img_20190304_wa0040_pQm.jpg
Membawa botol minum reusable via instagram/@laila.syaa

Ada baiknya para pendaki memilah-milah barang yang dibawa, yakni hanya membawa barang yang minim sampah, khususnya yang terbuat dari plastik. Misalnya mengganti bungkus plastik dengan tempat makan yang bisa dipakai berkali-kali,menggunakan botol minum yang reusable dan masih banyak lagi.

5. Membawa Asbak Portable

screenshot_2020_01_24_00_20_43_1_4Nk.png
Membawa asbak portable via instagram/@asbak_portable

Rokok merupakan salah satu jenis sampah yang sangat mudah dibuang sembarangan. Hal ini bisa jadi penyebab kebakaran hutan atau kebakaran gunung. Untuk meminimalisir hal tersebut, Teman Traveler yang merokok sebaiknya menyiapkan asbak portable, khususnya bagi Teman Traveler yang hobi merokok. Asbak portable ini bisa menggunakan botol kecil yang kemudian digantungkan pada carier bagian luar agar lebih efisien.

Itulah beberapa persiapan yang harus dibawa saat akan mendaki Gunung Kembang. Ini dilakukan supaya gunung tetap lestari dan terjaga kebersihannya. Namun, sejumlah hal di atas juga bisa kalian terapkan saat mendaki gunung mana saja. Next

ramadan

Tips Jasa Titip Bagi Traveler, Jalan-Jalan sambil Bisnis

Deretan Wisata Hidden Gem di Nagoya, Dari Desa Zaman Edo Hingga Taman Sakura