in , ,

Pantai Penimbangan, Spot Nongkrong Kekinian Ala Pemuda Singaraja

Menengok salah satu pantai terkeren di tanah Bali

Meski memiliki perbedaan geografi, Bali Utara juga memiliki pesona yang tidak kalah indahnya dibanding Bali Selatan. Tidak hanya karena pesona alam, keberagaman kuliner, budaya, termasuk juga pengelolaan wisata kekiniannya juga patut diacungi jempol. Salah satunya yang akan kita bahas adalah Pantai Penimbangan. Simak liputannya!

Baca juga : Dihias Spot Foto Instagenic, Beberapa Sudut Pulau Lonthoir Banda Neira Benarkah Tambah Menarik?

Spot Paling tepat untuk Menonton Sunset

Pantai Penimbanga, Singaraja (c) Suarcani/Travelingyuk
Pantai Penimbangan, Singaraja (c) Suarcani/Travelingyuk

Di belahan bumi mana pun, sunset akan menjadi tontonan yang paling indah sekaligus mempesona. Tidak heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan uang lebih demi menyewa beanbed atau sunbed di pinggiran pantai favorit demi mendapat spot terbaik. Di belahan selatan pulau Bali, kegiatan ini juga menjadi komoditi andalan yang menggaet banyak turis.

Nah, hal yang sama juga terjadi di Buleleng, tepatnya di kota Singaraja. Menonton sunset dengan gaya kekinian juga menjadi aktivitas wisata yang digemari, khususnya oleh anak muda. Sebagai salah satu pantai yang ada di sisi barat kota, Pantai Penimbangan merupakan spot yang paling tepat. Ditambah suasana syahdu khas senja, latar perbukitan, dan kebun tembakau, nongkrong di pantai ini tidak pernah membosankan.

Pemandangan di Belakang Pantai Penimbangan(c) Suarcani/Travelingyuk
Pemandangan di Belakang Pantai Penimbangan(c) Suarcani/Travelingyuk

Selain itu, sejak setahun belakangan, pengembangan wisata kekinian juga marak di sepanjang pantai. Sebut saja di area sebelah timur pura, kawasan yang dulunya gelap dan dihuni warung sederhana, sekarang disulap menjadi kafe dengan gaya yang biasa kita temukan di pantai selatan Bali.

Masing-masing kafe akan menyediakan meja-meja kayu antik serta beanbed warna-warni, lengkap dengan payung di tepi pantai. Selain itu, ada pula gazebo-gazebo berbahan kayu dengan desain unik serta trendi khas anak
muda. Deretan kafe ini menyediakan beraneka makanan dan minuman, termasuk alkohol.

spot asyik menonton sunset di Pantai Penimbang (c) Suarcani/Travelingyuk
Spot asyik menonton sunset di Pantai Penimbang (c) Suarcani/Travelingyuk

Lampu-lampu ditata sedemikian rupa di area kafe dan juga pinggir pantai sehingga tampak artistik. Menjelang malam, musik bertempo disetel semakin kencang. Perpaduan antara debur ombak, aroma makanan, wangi pantai, serta canda tawa pun membuat suasana menjadi romantis plus energik. Meski tidak otentik, tetapi gaya nongkrong kekinian ini sangat ampuh menarik minat anak muda.

Menjadi Lokasi Penangkaran Penyu

Kawasan pelestarian penyu dan terumbu karang (c) Suarcani/Travelingyuk
Kawasan pelestarian penyu dan terumbu karang (c) Suarcani/Travelingyuk

Jauh sebelum spot wisata kekinian dibangun, Pantai Penimbangan sudah dikenal sebagai tempat wisata penangkaran penyu. Aktivitas ini sudah mulai dilakukan sejak tahun 2006 silam, membuat pantai yang sebelumnya hanya dikunjungi oleh warga lokal, menjadi kawasan konservasi penyu yang didatangi turis mancanegara.

Kolam penangkaran tukik di Pantai Penimbangan (c) Suarcani/Traveling
Kolam penangkaran tukik di Pantai Penimbangan (c) Suarcani/Traveling

Nah, jika berkunjung ke tempat ini, Teman Traveler akan menemukan sebuah bangunan sederhana dengan beberapa kolam kecil yang menjadi tempat pemeliharaan tukik.  Telur-telur penyu yang ditemukan di sepanjang pantai akan ditetaskan, dirawat sampai cukup besar, baru kemudian dilepas ke laut.

Pantai dengan Segudang Aktivitas Menyenangkan

Tepi Pantai Penimbangan (c) Suarcani/Travelingyuk
Tepi Pantai Penimbangan (c) Suarcani/Travelingyuk

Di kawasan yang berseberangan dengan spot wisata kekinian, Teman Traveler juga akan menemukan deretan warung-warung sederhana beratapkan terpal. Posisinya tepat di tepi jalan dan berdampingan langsung dengan pantai. Mayoritas dari pemilik warung ini berasal dari warga setempat. Berbagai menu disediakan, seperti kuliner khas Buleleng tipat blayag, jagung bakar, roti bakar, dan aneka minuman.

Perahu nelayan di Pantai Penimbangan (c) Suarcani/Travelingyuk
Perahu nelayan di Pantai Penimbangan (c) Suarcani/Travelingyuk

Jika ingin tempat yang lebih nyaman, Teman Traveler bisa bersantap di restoran dengan konsep modern seperti Rangon Sunset, Krisna Beach Street, serta restoran pertama di pantai, Cozy Resto. Kawasan ini terletak di  sebelah barat Pura Segara Penimbangan, tepatnya jalur ke kiri di pertigaan depan patung penyu. Lokasinya jauh dengan spot kekinian yang hingar bingar, sehingga cocok bagi Teman Traveler yang ingin nongkrong di pantai dengan suasana yang tenang.

Sunset di Pantai Penimbangan (c) Suarcani/Travelingyuk
Sunset di Pantai Penimbangan (c) Suarcani/Travelingyuk

Oh ya, dari lokasi ini, Teman Traveler juga bisa mengunjungi desa nelayan dan menyaksikan sunset yang berlatarkan perahu, mercusuar, serta perbukitan di kejauhan.

Selain wisata kuliner, Pantai Penimbangan memiliki dasar yang landai sehingga cocok untuk berenang dan bermain kano. Aktivitas yang satu ini hanya bisa dilakukan di area berpasir, tepatnya di ruas pantai yang dijadikan spot kekinian. Teman Traveler cukup mengambil jalur ke kanan di depan patung penyu, melintasi jembatan, lalu memutari pura hingga sampai di area berpasir.

Selain berenang dan kano, pengelola juga menyediakan spot khusus untuk diving. Pemeliharaan terumbu karang sudah dilakukan sejak lama dan mereka pun menyediakan jasa khusus bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut di sekitar Pantai Penimbangan ini. Jika berminat, Teman Traveler bisa menemukan poskonya di antara deretan kafe.

Ikon Wisata Lingkungan di Buleleng

Pantai Penimbangan dengan Ikon yang belum rampung (c) Suarcani/Travelingyuk
Pantai Penimbangan dengan Ikon yang belum rampung (c) Suarcani/Travelingyuk

Pantai Penimbangan berjarak sekitar 2.3 kilometer di pusat kota. Tidak susah untuk menemukan pantai ini. Teman Traveler hanya perlu mengikuti jalan menuju Pantai Lovina dan berberlok ke kanan di traffic light pertama. Retribusinya murah kok, hanya 2 ribu rupiah untuk sepeda motor dan 5 ribu untuk mobil.

Dengan fasilitas yang lengkap mulai dari penangkaran penyu, spot wisata kekinian, diving, pusat kuliner, hingga spot terbaik untuk melihat sunset, pemerintah pun berusaha menjadikan pantai ini sebagai ikon wisata di Buleleng. Wacana ini ditandai dengan pembangunan patung penyu, meski sayang  patung ini akhirnya mangkrak karena kekurangan dana.

Itu tadi ulasan tentang Pantai Penimbangan di Pulau Bali. Tertarik untuk mengunjungi? Next

ramadan

Menguak 4 Mitos Kemunculan Full Moon, Percaya Nomor Berapa?

FI Skuter Elektronik via shutterstock

4 Kendaraan Ramah Lingkungan Patut Dilirik, Salah Satunya Skuter Listrik