in ,

4 Kendaraan Ramah Lingkungan Patut Dilirik, Salah Satunya Skuter Listrik

Indonesia Punya Transportasi Eco-friendly yang Dapat Disewa yaitu GrabWheels

FI Skuter Elektronik via shutterstock
FI Skuter Elektronik via shutterstock

Jalan-jalan adalah kebutuhan yang harus dipenuhi, walaupun tidak bisa terlalu jauh tak masalah. Alternatif transportasi pun semakin beragam, seperti adanya terobosan kendaraan ramah lingkungan tanpa BBM. Cocok untuk berkeliling jarak dekat dan cukup membantu menjaga bumi. Salah satu yang dapat kalian pakai adalah skuter listrik. Lalu ada apa lagi?

Baca juga : Menilik Sejarah Nasi Goreng, Makanan Mainstream yang Sudah ada Sejak Ribuan Tahun

Segway

Naik Segway di Uluru National Park via shutterstock

Segway sendiri sebenarnya merupakan sebuah merek, namun kendaraan roda dua ramah lingkungan yang mereka produksi pun disebut serupa. Wujudnya adalah seperti skuter listrik namun kedua rodanya terletak di bagian depan saja dengan setir yang juga berfungsi sebagai media penyeimbang bagi pengendaranya.

Menariknya, kendaraan ini mempunyai ban tebal ala motor ATV. Sehingga memungkinkan Teman Traveler untuk menggunakannya berkeliling wisata alam, sebut saja taman nasional, sawah, atau perbukitan tapi yang tidak terlalu menanjak.

Skuter Listrik

Skuter Elektronik
Keliling Kota dengan Skuter Elektronik via shutterstock

Skuter listrik telah menjadi trend semenjak beberapa waktu lalu di negara-negara Eropa, di antaranya Jerman, Prancis, Austria, maupun Swiss. Kendaraan ini dianggap lebih ramah lingkungan daripada yang berbahan bakar minyak. Pun dapat digunakan untuk jarak dekat misalnya pergi bekerja atau kuliah.

Rupanya trend skuter listrik juga merambah ke Jakarta dengan munculnya GrabWheels. Teman Traveler dapat menyewa transportasi ini di titik-titik tertentu dengan memanfaatkan aplikasi dan kode QR. Tentunya terdapat beberapa aturan yang harus dipatuhi. Salah satunya adalah skuter listrik harus dijunjung bila lewat JPO.

Airwheel

Skuter Elektronik
Airwheel Buat Urban Tour via shutterstock

Selanjutnya ada airwheel yang mengusung mengusung konsep hemat energi dan ramah lingkungan. Kendaraan ini bentuknya mirip dengan segway, hanya saja rodanya tidak terlalu tebal dan bagian pijakannya juga lebih sempit. Sehingga Teman Traveler dapat mengendarai airwheel saat berkeliling kota di jalanan yang cukup mulus dan mudah diakses.

Jenis airwheel lebih beragam, ada yang roda dua maupun roda satu. Sehingga penggunanya harus benar-benar bisa menyeimbangkan diri.

Hoverboard

Pakai Hoverboard untuk Jalan-jalan Jarak Dekat via shutterstock

Berikutnya adalah hoverboard yang dapat dikatakan membutuhkan keahlian khusus untuk menggunakannya. Bagaimana tidak? Kendaraan ini saja hanya mempunyai roda kecil di bagian kanan kiri, ditambah lagi tak mempunyai setir. Hoverboard lebih tepat digunakan untuk berpindah di dalam kota, misalnya ke taman dengan jalanan mulus.

Rupanya ada beberapa kendaraan ramah lingkungan yang dapat dicoba, ya. Bahkan skuter listrik sekarang bisa disewa di Jakarta. Teman Traveler sudah pernah menaikinya? Next

ramadan

Pantai Penimbangan, Spot Nongkrong Kekinian Ala Pemuda Singaraja

Babeh Street Surabaya

Babeh Street Surabaya, Instagenic dengan Mural Kece Abis!