in ,

Petis Runting Pak Lasjan, Kuliner Bermula dari Banyaknya Tulang Kambing Sisa Sate

Inilah Petis Runting Pak Lasjan yang Populer Dikunjungi

Petis Runting Pak Lasjan
Petis Runting Pak Lasjan

Pati merupakan wilayah di Jawa Tengah yang menyuguhkan banyak menu khas. Salah satunya adalah olahan yang terbuat dari perpaduan antara petis runting dan daging kambing. Tempat yang populer dikunjungi untuk mencoba kuliner ini adalah adalah Petis Runting Pak Lasjan. Yup, tak perlu berlama-lama, mari kita ulas lebih mendalam.

Baca juga : Bangga, Pulau Bali Masuk Daftar Pulau Terbaik Sedunia Tahun 2016

Berkenalan dengan Petis Runting Khas Pati

Petis Pak Lasjan yang unik, via Instagram/satrian_chivas_regal
Petis Pak Lasjan yang unik, via Instagram/satrian_chivas_regal

Merupakan jenis olahan dari petis kambing yang diolah dengan gulai tulang kambing yang dicampur dengan tepung beras, rebusan daging, dan kuahnya yang gelap dan kental. Diberi nama Petis Runting lantaran diambil dari nama sebuah daerah di Pati bagian utara, Runting.

Banyak warga Runting yang berjualan kuliner ini. Cita rasa serta ciri khasnya tidak ditemukan pada makanan lainnya. Unik, terlihat seperti gulai, namun bukan.

Pak Lasjan Tempat Populer Berburu Petis Runting

Rasa yang begitu istimewa, via Instagram/umi_faridz
Rasa yang begitu istimewa, via Instagram/umi_faridz

Salah satu tempat yang begitu populer berburu runting adalah Pak Lasjan. Awalnya, Pak Lasjan merupakan seorang teknisi listrik dan akhirnya banting setir untuk menggeluti usaha warung ini. Keputusannya didukung sang istri, Darmini. Perlahan namun pasti, Petis Runting Pak Lasjan ini jadi salah satu tempat yang populer.

Daging Pilihan untuk Citarasa Istimewa

Kuliner unik dan enak, via Instagram/detikfood
Kuliner unik dan enak, via Instagram/detikfood

Petis runting yang dipadukan dengan kambing memberian rasa yang menggiurkan. Tekstur dagingnya juga empuk. Ternyata salah satu rahasianya adalah pemilihan pada daging kambing Jawa yang masih muda. Dagingnya empuk dengan tulang yang lunak.

Resep petis runting ini ternyata berawal dari tahun 1970an. Awalnya banyak sekali tulang kambing sisa sate kemudian warga Runting mengkreasikannya jadi petis runting.

Lokasi Blusukan Namun Tidak Pernah Sepi Pengunjung

Mblusuk namun banyak diburu, via Instagram/menterikulinerpati
Mblusuk namun banyak diburu, via Instagram/menterikulinerpati

Lokasi Petis Runting Pak Lasjan berada di Desa Payang, Kecamatan Pati, Jawa Tengah. Dari Pati menuju ke Utara ke Tayu-Jepara, tepat sebelum Kantor Balai Desa Mulyoharjo ada pertigaan, belok ke kanan dan masuk sekitaran 500 meter ada papan nama Petis Runting Pak Lasjan.

Pantas dicoba saat di Pati, via Instagram/farlindasaid
Pantas dicoba saat di Pati, via Instagram/farlindasaid

Lokasinya memang blusukan, meskipun begitu tak menyurutkan niat orang-orang untuk mencicipinya. Tidak perlu khawatir, harganya begitu terjangkau. Satu porsinya dipatok Rp15.000 saja. Kamu tak akan merogoh kocek terlalu dalam.

Petis yang sangat unik dan beda ini memang bikin penasaran, ya Teman Traveler. Kekayaan kuliner Indonesia ini bisa banget membuat banyak orang terperangah. Jangan lupa mencicipi jika berkunjung. Next

ramadan
Kampung Winnie The Pooh di Taiwan

Intip Gemasnya Kampung Winnie the Pooh di Taiwan, Penuh Mural Beruang Lucu!

Hotel dengan Paket Nyepi di Bali 2019, Bisa Sekaligus Saksikan Upacara Ogoh-Ogoh!