in , , ,

Pikatan Waterpark Temanggung, Sensasi Bermain Air di Mata Air Alami

Bermain-main di wahana dan wisata air memang kadang bisa membuat lupa waktu. Apalagi jika tempat bermain tersebut dipenuhi dengan berbagai wahana yang menarik untuk dicoba. Nah, kalau teman-teman Travelingyuk semua sedang berada di Temanggung, Jawa Tengah, kalian bisa banget bermain di salah satu waterpark yang ada di sana, Pikatan Waterpark namanya.

Baca juga : 9 Wisata Alam Majalengka, Pesona Tersembunyi Kota Angin yang Ngangenin

Lokasinya ada di Kompleks Pikatan Waterpark, Jl. Raya Pikatan, Mudal, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Salah satu hal unik dari Waterpark ini adalah sumber airnya yang berasal dari mata air yang alami.

Pikatan Waterpark yang dibangun sejak zaman dahulu kala

Meski sekarang ditampilkan dengan bentuk yang modern, Pikatan Water Park Temanggung sebenarnya telah ada dan berdiri sejak ratusan tahun yang lalu. Destinasi wisata ini dibangun di era kerajaan Mataram Kuno.

Bagian luar Pikatan Waterpark via IDNTimes

Pemberian nama ‘Pikatan’ sendiri diambil dari nama raja kala itu yakni Rakai Pikatan. Raja Rakai Pikatan terkenal sering berendam dan mandi di kolam –zaman dahulu disebut dengan ‘Jambangan’. Hal tersebut jelas jadi daya tarik tersendiri dan membedakan water park ini dengan objek wisata lainnya yang ada di Temanggung.

Tempat wisata yang sejuk dan bisa meredakan stress

Berbeda dengan waterpark pada umumnya, air Pikatan Waterpark berasal dari mata air alami, kondisinya sangat bersih dan tak akan pernah surut bahkan di musim kemarau. Maka tidak heran jika saat berwisata ke Pikatan waterpark, pengunjung akan merasakan hawa sejuk dan memanjakan tubuh.

Pikatan Waterpark via wisatainfo

Sehingga para pengunjung yang datang akan betah berlama-lama bermain di sini. Ditambah lagi, wisata satu ini cocok untuk family holiday, karena tersedia banyak wahana seperti seluncuran, kolam renang, dan lain-lain.

Kelengkapan kolam renang di Pikatan waterpark

Pikatan ini masuk dalam list wisata air unggulan yang ada di Temanggung. Sejak tahun 2009 lalu, Pikatan waterpark menjadi destinasi favorit yang ada di Jawa Tengah. Enggak heran juga kalau kemudian Pikatan wateroark mempunyai kolam renang yang lengkap. Mulai dari kolam untuk anak-anak, kolam dengan berbagai seluncuran, ada kolam yang airnya bening banget dan di dalamnya ada ikan, bahkan ada kolam olympic juga.

Seluncuran Pikatan Waterpark via IDNTimes

Kolam-kolam tersebut punya kedalaman yang berbeda-beda pula. Selain kolam, seluncuran yang tersedia di wisata ini juga mempunyai tinggi berbeda. Ada seluncuran yang dibuat dengan tinggi 20 meter, ada pula seluncuran landai yang dikhususkan untuk anak-anak.

Kelengkapan fasilitas yang ada di area wisata

Sebagai salah satu destinasi favorit, fasilitas di waterpark ini juga sudah memadai. Mulai dari area parkir yang luas, kamar mandi dan loker penyimpanan barang, kamar mandi, toilet, musalah, bahkan ada pula kantin. Selain itu, tersedia pula beberapa gazebo yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk bersantai atau beristirahat sejenak sebelum melanjutkan kegiatan berenang.

Lalu berapa biaya yang harus dikeluarkan jika ingin berwisata ke waterpark ini? Untuk weekday (Senin-Jumat), biaya masuknya Rp15.000, sedangkan sata weekend dan libur nasional, biayanya Rp20.000. Pikatan waterpark buka setiap hari, mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

Pikatan Waterpark ini menjadi destinasi yang pas buat kamu yang bisa kamu kunjungi bersama dengan keluargamu. Jangan lupa, jika ingin mengunjungi wisata ini, persiapkan segala sesuatunya dengan matang, mulai dari bekal makanan (agar lebih hemat), pakaian ganti, hingga baju renang. Next

ramadan
Suasana Nyepi di Bali

Seperti Ini Suasana Berada di Pulau Bali Saat Perayaan Hari Raya Nyepi

Puncak Botorono

Puncak Botorono, Wisata Instagramable di Kaki Gunung Sumbing