in , , , ,

Point Nemo, Lokasi yang Paling Sulit Dikunjungi Manusia Bumi

Point Nemo, Astronot merupakan Manusia Bumi yang Paling Dekat dengan Lokasi Ini!

Bumi memiliki berbagai macam tempat yang misterius salah satunya adalah Point Nemo. Banyak sumber yang mengatakan bahwa lokasi ini jauh dari mana pun sehingga memunculkan spekulasi bahwa manusia bumi yang paling dekat dengan Point Nemo adalah astronot. Sebenarnya apa sih Point Nemo ini? Yuk gali informasinya di ulasan berikut ini.

Baca juga : Crystal Bay Nusa Penida, Keindahan Lautan Sebening Kristal

Kenal Lebih Dekat

Lokasi Point Nemo via Instagram @cisits

Point Nemo merupakan nama sebuah lokasi yang berada di Samudera Pasifik pada bagian selatan yang pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuran bernama Hrvoje Lukatela pada tahun 1992. Lokasi ini berada di koordinat 47°30′ S 120°00′ W, diapit oleh 3 benua sekaligus yakni Amerika Selatan di sebelah kanan, Antartika di bawah dan Australia di sebelah kiri.

Sulit Diakses

Pulau Paskah Chile via Instagram @getlost.idn

Lokasi yang diberi julukan The Oceanic Pole of Inaccessibility ini jauh dari semua benua sehingga sangat sulit diakses. Jika diukur dari 3 garis pantai berbeda yakni Pulau Ducie di Kepulauan Pitcairn, Pulau Paskah di Chile dan Pulau Maher di Antartika, Point Nemo berjarak kurang lebih 2.688 km. Selain itu, destinasi ini juga susah dikunjungi karena adanya arus berputar yang tampak terjebak.

Biota Laut di Point Nemo

Ilustrasi Biota Laut via Instagram @rfq_tank

Peneliti lokasi ini mengungkapkan bahwa jika berlayar menggunakan kapal lengkap dengan peralatan yang super canggih saja membutuhkan waktu berbulan-bulan lamanya. Kehidupan bawah laut atau biota laut yang ada di Point Nemo masih menjadi misteri tetapi diperkirakan tidak memiliki banyak biota laut. Tidak hanya itu, bahkan kontur tanah pada dasar lautnya saja masih belum diketahui.

Sampah Luar Angkasa

Sampah Luar Angkasa via Instagram @mr_frenulum

Jauh dari pemukiman warga dan sangat sulit diakses membuat Point Nemo dijadikan sebagai tempat membuang sampah antariksa. Setidaknya ada 300 wahana antariksa dari berbagai negara dibuang pada tempat ini. Tidak heran jika banyak pihak memprotes sampah-sampah antariksa yang pada akhirnya juga akan mencemarkan lautan. Hingga kini badan-badan antariksa pun tengah mencari alan keluar untuk masalah tersebut.

Itulah beberapa informasi terkait Point Nemo, sebuah lokasi di Samudera Pasifik yang sangat susah diakses oleh manusia bumi karena lokasinya sangat jauh dan arus yang terbilang berbahaya. Semoga deretan badan antariksa dari berbagai negara dapat segera menemukan jalan keluar dari masalah yang tengah melanda Point Nemo saat ini. Next

ramadan

Bebek & Ayam Goreng Sari Asli, Kuliner Kartosuro yang Manjakan Lidah

Resto 9 Angels Ubud, Makan Sepuasnya Bayar Seiklasnya