in , ,

Mengagumi Keindahan Pulau Bakki di Gugusan Spermonde Makassar

Menyapa Sudut-sudut Cantik Pulau Bakki di Makassar

Menikmati indahnya Pulau Bakki
Menikmati indahnya Pulau Bakki (c) E.M Usran/Travelingyuk

Pulau Bakki merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Spermonde di Kabupaten Barru, Makassar, Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 40 km dari pusat kota Barru. Bisa ditempuh dengan menggunakan perahu tradisional sekitar 10 menit dari Kecamatan Mallusetasi.

Baca juga : Makannya Segini, Bayarnya Jutaan. Kamu mau?

Bebatuan karang indah di Bakki (c) E.M Usran/Travelingyuk

Bakki dulunya merupakan milik seorang Puang atau bangsawan Bugis. Di sini terdapat sebuah rumah panggung yang jadi tempat tinggal penjaga pulau. Namun lantaran aura mistis di kawasan sekitar lumayan kuat, sang penjaga memilih pergi. Bakki pun kini menjadi pulau tak berpenghuni.

Perjalanan Menuju Bakki

Salah sudut indah di Bakki (c) E.M Usran/Travelingyuk

Setelah perjalanan sekitar dua jam dari Makassar, Teman Traveler akan sampai di pinggir pantai Jalan Poros Makassar-Parepare. Dari sini Pulau Bakki sudah terlihat sangat dekat. Kala itu kami sempat meminta izin pada pemilik pulau, sebelum kemudian menumpang perahu nelayan untuk menuju pulau tak berpenghuni ini.

Tenang saja Teman Traveler, meski Pulau Bakki dikatakan cukup mistis, hal inilah yang justru jadi daya tariknya. Apalagi bagi kalian yang ingin berwisata sekaligus uji nyali hehehe. Selama tidak melakukan hal-hal negatif seperti mengotori pulau atau buang air sembarangan, Insya Allah takkan terjadi apa-apa. Demikian disampaikan sang pemilik pulau.

Cocok untuk Snorkeling

p. bakki
Pemandangan indah sekitar Bakki (c) E.M Usran/Travelingyuk

Hamparan pasir di sekitar Pulau Bakki tidak begitu halus dan sedikit berbatu. Sisi kanan dan kirinya diapit hutan bakau, meski posisi pulau sangat dekat dengan daratan utama. Bicara kondisi bawah lautnya, perairan di sini sangat cocok untuk melakukan snorkeling.

Kondisi pantainya melandai, banyak dijumpai tumbuhan lamun (sea grass) dan hamparan terumbu karang luas. Sementara di bagian tengah pulau terdapat sumur air tawar, bisa digunakan mandi setelah puas ber-snorkeling.

Sudut-sudut tak terduga namun indah di Bakki (c) E.M Usran/Travelingyuk

Meski Bakki tak setenar Pulau Dutungan, destinasi ini tidak kalah menarik. Apalagi bawah lautnya sangat indah, kaya dengan beragam biota cantik dengan menarik. Teman Traveler yang hobi snorkeling pasti bakal dimanjakan keindahan tersebut.

Pemandangan Instagenic

Panorama Instagenic di Bakki (c) E.M Usran/Travelingyuk

Selain pesona bawah laut memanjakan, Pulau Bakki juga memiliki banyak spot foto Instagenic, cocok untuk Teman Traveler yang hobi mengambil gambar demi konten media sosial. Jadi jangan lupa kenakan outfit dan bawa kamera terbaik ketika menjelajah ke pulau ini.

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah indahnya Pulau Bakki. Bagaimana Teman Traveler, kapan kalian berencana mengagendakan datang ke lokasi wisata memesona ini? Next

ramadan

Ijo Temple, the Highest Temple in Yogyakarta with Spectacular Sunset

Jembatan Warna Warni

Spot Foto Jembatan Warna-warni Seperti Pelangi, Cocok untuk Para Pecinta Selfie!