in , , , ,

Pulau Bawean, Pesona Alam Jawa Timur yang Menawan

Pesona Alam Pulau Bawean yang Menawan

Indonesia merupakan Negara yang terdiri dari banyak pulau dan memiliki banyak keindahan alam. Beberapa pulau ada yang berpenghuni dan ada juga yang tidak memiliki penghuni. Beberapa pulau lainnya memiliki keindahan alam yang bisa Teman Traveler nikmati. Salah satu pulau yang memiliki keindahan tersendiri yaitu Pulau Bawean. Berikut terdapat beberapa informasi mengenai pulau tersebut. Simak ya!

Baca juga : Keunikan Pengolahan Kuliner Khas NTT, Menambah Citarasanya Semakin Oke

Pulau Bawean

Pulau Bawean via Instagram @andrikilua

Pulau Bawean merupakan salah satu pulau yang memiliki potensi objek wisata cukup menarik yang terletak di Laut Jawa dan berjarak cukup jauh yakni 120 kilometer dari sebelah utara Gresik. Pulau ini termasuk dalam Kabupaten Gresik secara administratif. Tempat ini juga memiliki julukan lain yaitu Pulau Putri. Terdapat dua hal yang membuat pulau ini diberi julukan tersebut.

Menurut legenda julukan itu diberikan untuk penghormatan kepada Putri Kerajaan Campa yang telah meninggal dan dimakamkan di pulau ini sedangkan ada juga yang bilang karena para lelaki di pulau ini merantau sehingga yang tinggal di Pulau Bawean mayoritas adalah perempuan. Bawean sendiri memiliki arti ada sinar matahari yang diambil dari bahasa sansekerta.

Akses Menuju Pulau Bawean

Pulau Bawean via Instagram @andrikilua

Jika ingin menuju Pulau Bawean ini, Teman Traveler harus menyeberang menggunakan kapal baik dari Paciran atau Gresik sesuai dengan kemauan Teman Traveler. Jika Teman Traveler ingin berangkat dari Paciran, maka transportasi yang tersedia adalah Kapal Gili yang menempuh perjalanan selama 8 hingga 10 jam. Sedangkan, jika berangkat dari Gresik ada dua transportasi yang tersedia yaitu Bahari Ekspress 8E dan Natuna Ekspress. Kapal itu menempuh perjalanan kurang lebih 3 hingga 4 jam dengan harga eksekutif mulai dari Rp146.000 dan VIP Rp162.000.

Dapat Bertemu Rusa Bawean

Rusa Bawean via Instagram @gresiktourism

Kalau berlibur ke Pulau Bawean, Teman Traveler dapat bertemu dengan Rusa Bawean di Penangkarannya. Selain itu, Teman Traveler juga dapat memberi makan Rusa Bawean. Binatang ini menjadi maskot Asean Games 2018 lalu loh. Hal itu karena Rusa Bawean dapat berlari dengan kencang. Rusa jenis ini hanya bisa dijumpai di Pulau Bawean dan merupakan hewan yang langka dan dilindungi oleh Negara loh.

Memiliki Spot Snorkeling

Pulau Noko via Instagram @rosyiaini

Buat Teman Traveler yang suka snorkeling dan menyelam, Pulau Gili, Pulau Noko, Pulau Cina dan Pulau Ghusong menjadi pulau referensi yang harus Teman Traveler datangi. Keindahan bawah lautnya yang masih asri dan beragam membuat pulau-pulau ini menjadi spot terbaik untuk dua kegiatan tersebut.

Berbagai Objek Wisata

Air Terjun Laccar via Instagram @_amirnordin

Jika tidak ingin snorkeling, Teman Traveler dapat bermain air dan melihat kejernihan air dibeberapa objek wisata di Pulau Bawean. Objek itu diantaranya ialah Pantai Ria, Tanjung Gaang, Pantai Mayangkara, Air Terjun Laccar, dan Danau Kastoba. Teman Traveler harus berjalan sejauh 500 meter untuk menuju ke danau dan 1 km bila ingin melihat air terjun. Selain itu, terdapat mitos untuk wanita yang sedang haid, yakni tidak boleh mengunjungi Danau Kastoba. Jika hal itu tetap dilakukan maka konon katanya perempuan akan pendapat sial.

Itulah beberapa informasi mengenai Pulau Bawean. Tertarik untuk datang dan menikmati keindahan alamnya? Boleh banget Teman Traveler, tapi jika keadaan bumi sudah membaik alias virus corona sudah menghilang ya. Untuk sekarang Teman Traveler dapat menabung dan menyiapkan berbagai kebutuhan saat berlibur nanti. Selamat menabung dan selalu berhati-hati Teman Traveler! Next

ramadan

Atoom Theater Citeurup, Bioskop Terseram di Indonesia!

Uniknya 5 Pernikahan Ditengah Wabah Corona Ini Curi Perhatian