in , ,

Pulau Dutungan dan Celebes Canyon, Wisata Barru yang Bikin Susah Move On

Menikmati Panorama Eksotis Pulau Dutungan dan Celebes Canyon

Pulau Dutungan dan Celebes Canyon
Pulau Dutungan dan Celebes Canyon (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Apa kabar Teman Traveler? Kali ini saya ingin membagikan pengalaman mengunjungi salah satu destinasi di Sulawesi Selatan. Begitu mendengar soal Sulsel, mungkin yang terlintas di benak kita adalah Makassar, dengan wisata ikonik Pantai Losari dan sajian khas Coto Makassar. Selain itu masih ada Kabupaten Toraja dengan kebudayaannya yang unik. Di antaranya adalah Pulau Dutungan dan Celebes Canyon.

Baca juga : 5 Pantai di Malang untuk Kemping dan Hunting Foto Instagram-able

Bermain air dan berenang (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Masih ada banyak potensi wisata yang bisa dinikmati di Sulawesi Selatan. Beberapa bahkan masih belum terlalu diekspos, termasuk kedua wisata di Kabupaten Barru tersebut. Awal 2018 lalu, saya sempat mengunjungi Puau Dutungan dan Celebes Canyon. Dua tempat tersebut menawarkan pesona keindahan yang sungguh luar biasa, bikin susah move on dari keelokannya!

Pulau Dutungan

Menikmati pemandangan Pulau Dutungan (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Pulau Dutungan berada di Desa Cilellang. Lokasinya berdekatan dengan perbatasan antara Kabupaten Barru dan Kota Pare-pare. Untuk bisa sampai sini, Teman Traveler harus menumpang perahu dari Dermaga Tanjung Indah. Perjalanannya cukup singkat, hanya memakan waktu 10 menit atau bahkan kurang.

Mendirikan tenda di sekitar bibir pantai (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Begitu sampai di pulau, Teman Traveler akan disambut suasana menyegarkan. Deretan pohon hijau tampak tumbuh subur. Hamparan pasir putih di sekitar pantai terlihat begitu eksotis. Airnya pun sangat jernih. Kalian bisa bermain air atau berenang sepuasnya. Apalagi jika bersama teman, tentu terasa lebih menyenangkan.

Jika ingin menikmati pesona pulau ini lebih lama, Teman Traveler diperbolehkan mendirikan tenda di sekitar pantai. Dengan catatan, tetap menjaga kebersihan sekitar.

Bermain air dan berenang di Dutungan (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Jarak pulau ini dari pusat kota Makassar kurang lebih 130 kilometer atau butuh perjalanan kurang lebih empat jam. Biaya masuknya sekitar Rp50.000 per orang, sudah termasuk tarif pulang-pergi naik perahu.

Celebes Canyon

Aliran air di Celebes Canyon (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Destinasi lain di wilayah Kabupaten Barru yang tak kalah indah adalah Celebes Canyon. Di sini Teman Traveler bisa melihat panorama sungai indah dengan tebing-tebing karst di tiap sudutnya. Julukan ‘canyon’ sendiri diberikan karena banyak orang menyebut destinasi ini mirip Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.

Kolam di Celebes Canyon (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Begitu sampai di sini, Teman Traveler bisa melihat jernihnya sungai yang mengalir di sela-sela tebing karst. Kalian diperbolehkan menikmati kesegarannya dengan menceburkan diri atau bahkan berenang. Sensasi dinginnya bakal membuat tubuh menjadi segar dan ampuh menghilangkan semua rasa lelah.

Aliran air di antara batuan karst (c) Muhamad Rifandy/Travelingyuk

Celebes Canyon berada di Desa Libureng, Kecamatan Tanete, Kabupaten Barru. Butuh perjalanan sekitar dua jam untuk sampai di tempat ini dari Makassar. Tidak ada biaya masuk sama sekali alias gratis. Teman Traveler hanya perlu merogoh kocek Rp2.000 untuk parkir jika membawa kendaraan pribadi.

Itulah dua tempat wisata Barru yang sempat saya kunjungi. Tak kalah indah dengan destinasi lain di Sulawesi Selatan maupun belahan Indonesia lainnya bukan? Jadi bagi Teman Traveler yang ingin melihat panorama eksotis nan indah, sangat direkomendasikan untuk berkunjung ke Pulau Dutungan dan Celebes Canyon. Next

ramadan

The Magnificent Harau Valley, the Yosemite of Indonesia

Waroeng Wahidin Solo

Menyantap Masakan Jawa dengan Nuansa Kekinian di Waroeng Wahidin Solo, Jadi Pengalaman Seru