in ,

Indahnya Panorama, Biota Ikan dan Kelelawar di Pulau Kambing

Pulau Kambing, Daratan Kecil Dekat Pulau Komodo

Pulau Kambing
Pulau Kambing

Bagian timur Indonesia masih menyimpan banyak pulau perawan yang selalu menggoda untuk didatangi. Begitu pula di wilayah Nusa Tenggara Timur, terdapat salah satu pantai yang harus disinggahi ketika berkunjung ke Pulau Komodo atau Labuan Bajo. Letaknya pun tak terlalu jauh dari dua tempat tersebut. Termasuk dalam wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga : Ragam Masakan Tradisional Indonesia Berbahan Dasar Tahu

Adalah Pulau Kambing namanya. Namun jangan beranggapan bahwa pulau ini adalah sebuah lansekap yang dipenuhi dengan kambing dan aroma tidak sedap. Salah besar. Sebaliknya, pulau dengan lebar yang lebih kecil dibanding pulau-pulau lain di sekitarnya ini memiliki panorama indah. Terdiri dari pantai dan satu bukit yang tak terlalu tinggi. Namun dengan kekayaan koral yang luar biasa.

Keindahan pulau Kambing
Keindahan pulau Kambing [image source]
Maka itu, bentangan pasir putih dan birunya air laut yang sejernih kristal selalu menggoda. Karena beragam keindahan bahari tersimpan di bawah perairan Pulau Kambing. Beragam batu karang dan spesies hewan air asin hidup di ekosistem ini. Seperti belut laut, ikan lepu, penyu, pari, bahkan beberapa spesies hippocampus dapat ditemukan pada perairan lepas pantai pulau Kambing.

Perairan pulau Kambing
Perairan pulau Kambing [image source]
Setelah berenang, naiklah ke atas bukit kecil juga menjadi opsi yang menarik. Akan tampak hamparan perbukitan di pulau lain tanpa satu pun gangguan karena tidak adanya satu bangunan yang menghalangi pandangan. Pulau Kambing juga bisa menjadi salah satu spot untuk melihat matahari tenggelam.

Bawah laut perairan pulau Kambing
Bawah laut perairan pulau Kambing [image source]
Pemandangan senja di pulau ini memiliki ciri khas tersendiri. Saat matahari tenggelam di khatulistiwa, ribuan kelelawar terbang dan meninggalkan sarangnya. Langit merah tersebut menjadi kehitaman. Keindahan di pulau ini patut disinggahi ketika melancong ke Pulau Komodo dan sekitarnya. Next

ramadan

Martabak Siram Tasikmalaya, Enaknya Bikin Bahagia

Kuliner Bakso yang Nikmat Disantap di Tengah Dinginnya Bogor