in , , , , ,

Pulau Merah, Pantai Eksotis The Sunrise of Java di Banyuwangi

Liburan dan Bersenang-senang di Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah via Instagram @mayaltvna

Banyuwangi yang dijuluki The Sunrise of Java ini memiliki beragam tempat wisata. Reputasi kabupaten di ujung timur Pulau Jawa sedang menanjak seiring dengan ketenaran objek wisata yang dimilikinya, seperti taman nasional, gunung, hingga pantai. Di bagian selatan kabupetan, terdapat pantai-pantai menarik. Salah satunya adalah Pulau Merah.

Baca juga : Narodna Galerija Slovenia, Menilik Sejarah di Galeri Seni

Pulau Merah atau Red Island adalah satu dari sekian pantai cantik di sepanjang selatan Banyuwangi. Objek wisata ini cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun internasional. Nggak percaya? Simak ulasan berikut ini.

Nikmati Sunset di Pulau Merah

Keindahan Pantai Pulau Merah via Instagram @jefri.yunikson

Pulau Merah terletak di Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran ini merupakan tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam alias
sunset. Teman Traveler bisa memburu momen tenggelamnya matahari di pantai sambil duduk di atas lembutnya pasir. Teman Traveler juga bisa menikmatinya sambil duduk di kursi pantai yang disewakan.

Matahari Tenggelam di Pulau Merah via Instagram @annisaxa

Teman Traveler bisa menghabiskan waktu sore entah bersama teman atau sendirian di temani suara deburan ombak. Salah satu spot foto yang menarik pengunjung adalah bukit denganĀ  ketinggian sekitar 200 meter di dekat bibir pantai. Konon katanya, bila dilihat dari atas, warna pasir di sekitar bukit ini berwarna merah. Oleh karena itulah, pantai ini dinamakan Pulau Merah.

Bukit ini bisa dijangkau dengan berjalan kaki jika air laut sedang surut. Teman Traveler bisa melihat bukit lebih dekat dengan menyewa perahu dan rasakan sendiri pengalaman mengitari bukit ini.

Gokil Bersama Teman

Mengabadikan Momen via Instagram @oleviarobiulamir

Pastikan Teman Traveler ke pantai ini di saat air laut surut ya, sehingga bisa bermain air. Gelombang ombak di pantai ini cukup tinggi. Biasanya wisatawan datang bersama keluarga atau teman terutama di akhir pekan.

Berfoto dengan Latar Belakang Bukit di Pulau Merah via Instagram @romyainunnajib05

Teman Traveler bisa seru-seruan bareng teman nih. Berenang di pantai atau bermain pasir. Bersantai sambil bercengkerama juga mengasyikkan, lho. Di bawah rimbunanan pohon yang menghadap langsung ke pantai, Teman Traveler bisa menggelar tikar sambil memakan bekal atau cemilan di warung sekitar pantai.

Keseruan Bareng Teman via Instagram @acang_11

Wisatawan berusia remaja paling senang mengumpulkan foto-foto yang instagram-able seperti mengabadikan momen seru dan gokil bareng teman. Teman Traveler juga bisa bermain layangan atau bermain sepeda mengelilingi pantai jadi lebih mudah dan semakin menyenangkan.

Digandrungi Wisatawan

Wisatawan Bermain di Pantai Pulau Merah (c) Ana Widiawati/Travelingyuk

Baik wisatawan lokal maupun internasional berkunjung ke pantai ini. Selain bermain di pantai, Teman Traveler bisa melihat pemandangan pura di Pulau Merah. Pura bernama Tawang Alun ini menjadi tempat peribadahan dan upacara keagamaan umat Hindu di sekitar Desa Sumberagung. Salah satunya upacara Mekiyis.

Selain keindahan panoramanya, pantai ini digandrungi wisatawan karena pesona adat istiadat dan keagamaan yang masih bisa ditemukan di sini. Di waktu tertentu, Teman Traveler bisa menyaksikan upacara adat dan keagamaan Umat Hindu. Bergeser sedikit ke barat, terdapat satu pantai lagi bernama Pancer yang menjadi tempat upacara Petik Laut. Jadi Teman Traveler bisa sekaligus mengunjungi tempat ini untuk menyaksikan upacara adat yang lain.

Destinasi Para Peselancar

Pulau Merah dengan Ombak yang Pas untuk Berselancar via Instagram @kadeksugali

Apakah Teman Traveler ingin belajar berselancar atau hobi berselancar? Maka Pulau Merah adalah tempatnya. Para peselancar sering mengunjungi pantai ini juga, lho. Jika di Bali ada Pantai Kuta, maka di Banyuwangi ada Pulau Merah. Wisata ini menjadi surganya peselancar karena kondisi pantai yang tidak memiliki karang dan ombaknya pun bagus untuk berselancar.

Bahkan komptesi surfing (selancar) berskala internasional beberapa kali
diselenggarakan di pantai ini. Makin keren, kan? Acara surfing Internasional termasuk event tahunan di Banyuwangi dan melibatkan peserta dari 20 negara.

Wisatawan Bermain Layangan (c) Ana Widiawati/Travelingyuk

Pantai ini terletak sekitar dua jam dari pusat pemerintahan Kabupaten Banyuwangi. Wisatawan dari luar kota bisa berhenti di Terminal Jajag Banyuwangi dan melanjutkan perjalanan ke selatan menuju Kecamatan Pesanggaran menggunakan bis. Setelah itu, tinggal menuju Desa Sumberagung dengan meggunakan ojek. Namun saat ini sudah ada bis yang langsung membawa Teman Traveler ke desa tersebut.

Jadi bagaimana? Apakah Teman Traveler sudah siap berburu sunset dan berselancar di Pulau Merah? Next

ramadan

Pesona Pantai Senggigi Lombok dengan Dermaga Berbentuk Cicak

Sushi Enak Hanya Belasan Ribu Ini Ada di Surabaya