in ,

Menyaksikan Keindahan Pulau Panaitan, Surga Dunia di Ujung Kulon yang Menawan

Keindahan alam Pulau Panaitan di Taman Nasional Ujung Kulon

Keindahan di pulau Panaitan.
Keindahan di pulau Panaitan.

Merupakan bagian dari objek wisata Banten, Taman Nasional Ujung Kulon merupakan cagar alam yang dilindungi oleh UNESCO. Keindahan alam di taman nasional ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Masih berada di satu kawasan, terdapat Pulau Panaitan yang jarang disentuh oleh para wisatawan dan suasananya masih terasa alami. Berikut beberapa pesona salah satu pulau di Ujung Kulon yang telah Travelingyuk rangkum. Cari tau lebih dalam yuk!

Baca juga : 10 Hotel di Bandung ini Harganya 300 Ribuan per Malam!

Pantainya yang Jernih

Pantai yang jernih
Pantai yang jernih via Instagram/donandantino

Memiliki luas wilayah kurang lebih 17.000 hektar, pulau dikelilingi oleh hutan hujan tropis. Karena dilindungi oleh UNESCO, tempat ini tidak boleh dihuni oleh siapapun. Airnya pun tampak jernih dan berwarna kebiruan. Pasir yang berwarna putih terlihat membentang di tepian. Selain itu, di dalamnya juga terdapat beberapa peninggalan sejarah pada masa Hindu Kuno berupa Patung Ganesha dan Siwa. Teman Traveler tidak akan menemukan beragam fasilitas seperti penginapan dan lain-lain.

Menyaksikan Keindahan Bawah Laut

Keindahan di bawah laut
Keindahan di bawah laut via Instagram/paketdiving.id

Kawasan pantai berbatu, berpasir, dan dikelilingi oleh terumbu karang, merupakan alasan yang tepat untuk menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling. Salah satu kawasan yang cukup terkenal untuk dikunjungi adalah Batu Pitak di dekat Legon Butun. Namun, bagi para pemula sebaiknya berhati-hati dikarenakan arusnya cukup kuat. Selain menikmati keindahan bawah laut, pengunjung juga bisa memancing. Ikan-ikan yang ada di sini pun beragam seperti kakap merah, kerapu macan, kerapu lumpur, dan lain-lain.

Surga Bagi Peselancar

Memiliki beragam jenis ombak
Memiliki beragam jenis ombak via Instagram/explorepandeglang

Pantai di Pulau Panaitan dikenal memiliki ombak yang tinggi dan bagus untuk berselancar. Beberapa istilah ombak yang populer dikalangan peselancar seperti One Palm Point, Napalms, Apocalypse, dan Pussy. Bahkan ada salah satu gelombang yang tingginya mencapai 800 meter dan merupakan salah satu yang terpanjang di dunia. Maka dari itu, pengunjung harus selalu berhati-hati dan harus memastikan bahwa papan dalam keadaan prima.

Satwa Liar Berkeliaran

Satwa liar yang berkeliaran di sekitar pulau
Satwa liar yang berkeliaran di sekitar pulau via Instagram/kulonu

Bagi Teman Traveler yang berniat untuk berkunjung ke sini, jangan kaget. Karena masih belum tersentuh tangan manusia, di sekitar pulau ditemukan beragam fauna yang berkeliaran. Jenis-jenis hewan tersebut termasuk rusa, monyet, biawak, babi hutan, buaya air tawar, ular, burung, dan masih banyak lagi. Maka tak heran jika sedang bermain-main di sekitaran pantai dan menjelajah hutannya akan dengan mudah bertemu salah satunya.

Keindahan alam dan kegiatan asyik tersebut bisa Teman Traveler nikmati jika berkunjung ke Pulau Panaitan. Bagaimana, ingin merencanakan liburan ke sini? Next

ramadan
Masjid Unik Indonesia

Masjid Unik Indonesia Terbuat dari Kayu atau Bambu, Ada yang Sudah Berusia Ratusan Tahun

Via Instagram/katanya_diet

Soto Tangkar Tanah Tinggi, Berdiri Setahun Setelah Indonesia Merdeka