in ,

Soto Tangkar Tanah Tinggi, Berdiri Setahun Setelah Indonesia Merdeka

Soto Tangkar Tanah Tinggi di Jakarta yang Nikmatnya Jawara

Via Instagram/katanya_diet
Via Instagram/katanya_diet

Soto tangkar merupakan kuliner Betawi yang masih lestari hingga masa kini. Cita rasanya yang khas, dengan perpaduan rempah-rempah, membuat kuliner hangat ini nikmat sampai ke dalam perut. Di Jakarta banyak tempat yang menyuguhkan menu ini, salah satu yang melegenda dan usianya hampir sama dengan kemerdekaan Indonesia adalah Soto Tangkar Tanah Tinggi. Penasaran dengan tempat makan populer dan banyak jadi jujukan ini? Yuk, baca terus.

Baca juga : Hidangan Daging Domba Nikmat di Garut, Enaknya Bikin Terkejut

Pelopor dan Pelestari Soto Tangkar di Tanah Betawi

Soto tangkar legendaris, via Instagram/kulinerjabodetabek
Soto tangkar legendaris, via Instagram/kulinerjabodetabek

Soto Tangkar Tanah Tinggi ini sudah ada setahun setelah Indonesia merdeka. Diresmikan pada tahun 1946 oleh Bapak Ikhsan yang menjadi perintis soto yang legendaris di Jakarta ini. Sekarang ini, Soto tangkar dikelola oleh Junaedi. Jika dilihat sekilas, masakan ini mirip dengan soto betawi, bedanya terdapat pada warna kuahnya. Soto betawi memiliki kuah sedikit pucat atau kuning, sementara soto tangkar memiliki warna kemerahan.

Junaedi sendiri merupakan generasi keempat. Tempat berjualan saat ini adalah lokasi ketiga setelah sempat pindah-pindah. Di tahun 1990-an, soto ini dijual dengan memanfaatkan pikulan dan tenda plus kursi panjang yang akan dirapikan setelah selesai. Lalu barulah di tahun 2000, lokasinya permanen. Dan pindah lagi di tahun 2007.

Resep Rahasia Soto Tangkar Tanah Tinggi

Racikan yang bikin nagih tak ketulungan, via Instagram/nina_epicure
Racikan yang bikin nagih tak ketulungan, via Instagram/nina_epicure

Rahasia dapur Soto Tanah Tinggi ini terletak pada bumbu utama yang digunakan. Terdiri atas bahan-bahan seperti halnya bawang putih, bawang merah, kunyit, udang kering, dan juga terasi. Bumbu-bumbu tersebut ditumbuk menjadi satu hingga lembut lalu tumis sampai aroma asli rempah-rempah harum dan matang.

Dikombinasikan dengan emping, via Instagram/vico.kuliner
Dikombinasikan dengan emping, via Instagram/vico.kuliner

Selanjutnya, masukkan tumisan bumbu tersebut ke dalam kuah santan yang telah dipanasi. Tambahkan bahan-bahan utamanya seperti paru, kikil, tulang dan lain-lain sampai empuk. Satu hal yang bikin rasanya makin nikmat, yakni pemasakannya masih menggunakan cara tradisional dengan memanfaatkan kayu bakar.

Alamat Soto Tangkar Tanah Tinggi

Daging yang melimpah, via Instagram/kulinerjktmurah
Daging yang melimpah, via Instagram/kulinerjktmurah

Mau mencoba soto nikmat ini? Teman Traveler bisa meluncur ke Jalan Tanah Tinggi III No. 54, Senen, Jakarta Pusat. Tempat makan ini buka setiap Senin-Minggu, mulai jam 11:00 sampai dengan pukul 19:00. Selain soto tangkar, ada juga soto daging sapi, sate ayam, sate sapi, dan lain-lain. Per porsi Soto Tangkar, siapkan Rp25 ribu, ya.

Jika kamu sedang berburu soto tangkar enak di Jakarta, jangan segan untuk berkunjung ke sini ya Teman Traveler. Cita rasa dari tangan-tangan yang sudah berpengalaman tidak akan pernah mengecewakan. Setuju, kan? Next

ramadan
Keindahan di pulau Panaitan.

Menyaksikan Keindahan Pulau Panaitan, Surga Dunia di Ujung Kulon yang Menawan

Deretan wisata kabupaten Cirebon

Wisata Kabupaten Cirebon, Eksplorasi Keelokan Alam yang Menyejukkan Mata