in , ,

Pulau Sosota Maluku Utara, Tawarkan Panorama Surgawi di Ujung Nusantara

Sajikan pemandangan alam dan lautan yang luar biasa cantik

Pulau Sosota merupakan salah satu pulau kecil yang berada di Kepulauan Nusa Kahatola, Kecamatan Loloda Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara. Pulau ini tak berpenghuni, hanya ada rerumputan hijau dan beberapa pohon besar yang tumbuh. Terus, apa yang bisa dilakukan di sini? Simak ulasannya!

Baca juga : Sate Kere, Kuliner Murah Khas Solo yang Menggugah Selera

Sajikan Pemandangan Paripurna

inshot_20190817_072219264_compress45_rWn.jpg
Pulau Sosota, Nusa Kahatola (c) Ai Doang/Travelingyuk

Pesona mengagumkan Pulau Sosota bisa dinikmati dengan berbagai cara. Salah satunya adalah trekking menyusuri hutan dan alam pulau. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk mendaki mencapai puncak. Dari atas sana, Teman Traveler bakal disuguhkan hijaunya padang sabana dikelilingi oleh birunya laut dan pulau-pulau cantik yang ada disekitarnya.

Cocok Jadi Snorkeling Spot Favorit 

inshot_20190817_153316275_compress91_Lp2.jpg
Underwater Pulau Sosota dari atas dermaga (c) Ai Doang/Travelingyuk

Selain menawarkan pemandangan alam yang luar biasa cantik, panorama bawah lautnya juga tak kalah indahnya. Hamparan soft maupun karst coral tumbuh sangat subur di perairan pulau ini.

Tak perlu berenang jauh-jauh untuk menikmati surga bawah lautnya karena pemandangan tersebut dapat dinikmati dari atas dermaga pulau ini. Bisa dibayangkan dari atas dermaga saja mata ini akan tertuju pada keindahan hamparan terumbu karang maupun berbagai jenis ikan hias tanpa harus turun ke dalam air. 

inshot_20190816_211701655_compress2_F48.jpg
Underwater Pulau Sosota (c) Ai Doang/Travelingyuk

Perairan di sekitar pulau sangatlah bening dan tenang, sehingga merupakan snorkeling maupun freedive spot terfavorit. Saat melakukan aktivitas bahari tersebut, Teman Traveler dapat melihat padatnya terumbu karang di perairan ini. Bagi pecinta ikan hias, beberapa jenis ikan Nemo dan ikan hias lainnya akan memanjakan mata kalian.

inshot_20190816_211843622_compress28_pQ7.jpg
Pemandangan bawah laut yang cantik (c) Ai Doang/Travelingyuk

Saat snorkeling maupun freedive, sebaiknya kalian memperhatikan pasang surutnya air laut, karena saat pasang besar atau surut besar, arusnya lumayan kencang. Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan bawah laut pulau ini adalah saat masa surut atau pasang rendah.

Tersedia Akomodasi Terbaik demi Liburan Berkualitas

inshot_20190817_170241298_compress46_hWl.jpg
Dermaga Pulau Sosota (c) Ai Doang/Travelingyuk

Di Pulau Sosota terdapat dua buah cottage dan toilet yang bisa digunakan  Teman Traveler ketika berkunjung ke pulau ini. Penginapan dibangun dengan desain terbuka sehingga siapa saja bisa menggunakannya.

Sayangnya, tidak ada sumber air tawar di pulau ini. Untuk itulah, kalian harus menuju ke Desa Kahatola yang berjarak sekitar 15 menit perjalanan dengan menggunakan boat.

Bagaimana Cara Pergi Nikmati Pulau Sosota?

inshot_20190817_153406227_compress40_N0n.jpg
Dermaga Pulau Sosota (c) Ai Doang/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang ingin menikmati keindahan alam di Pulau Sosota, pertama-tama harus menuju ke Kota Ternate dengan menggunakan pesawat terbang. Dari Bandara Sultan Babullah Ternate, kalian dapat menggunakan angkutan umum menuju Pelabuhan Dufa – dufa. Dari sini ada 2 cara untuk menuju ke pulau tersebut.

1. Menggunakan kapal reguler

Kalian bisa menggunakan kapal reguler yang melayani rute Ternate-Desa Dama. Jadwalnya hanya ada sekali dalam seminggu, yaitu pada hari Minggu malam. Dari Desa Dama, Teman Traveler bisa menyewa boat warga untuk menuju ke Pulau Sosota dengan jarak tempuh sekitar 30 menit perjalanan.

2. Jalur Jailolo

Cara ke dua ini bisa dikatakan agak ribet, karena Teman Traveler harus terlebih dahulu menuju Jailolo, ibukota Halmahera Barat dengan menggunakan speed boat reguler. Tenang, tiap jam selalu standby, kok!

Dari Jailolo, kalian bakal langsung menuju pelabuhan penyeberangan yang ada di Kecamatan Ibu dengan menggunakan angkutan umum. Dari sana, Teman Traveler harus menyewa boat warga dengan lama perjalanan sekitar 1 jam.

inshot_20190817_170402639_compress90_AKV.jpg
Pesona indah bukit yang cantik (c) Ai Doang/Travelingyuk

Selain Pulau Sosota, ada beberapa destinasi wisata di  Kepulauan Nusa Kahatola yang wajib Teman Traveler jelajahi, contohnya adalah Air Terjun Kahatola. Bagaimana? Tertarik mengunjungi surga di ujung Indonesia ini?

Next

ramadan
Air Terjun Takapala

Air Terjun Takapala, Pertunjukan Kemegahan Alam Malino

Melukis Bukit dengan Batuan Warna-Warni di Kalabba Madja NTT